Obat Diabetes Dari Bahan Alami dan Kimia

Obat diabetes digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Obat diabetes ini digunakan dengan tujuan agar kadar gula darah yang dimiliki oleh penderita penyakit diabetes dalam batas normal atau mendekati normal. Kadar gula darah yang benar-benar menunjukkan pada angka yang normal sangat sulit untuk di dapatkan. Terlebih lagi apabila penderita penyakit diabetes ini telah menderita penyakit tersebut dalam jangka waktu yang lama dan memiliki nilai kadar gula darah yang sangat tinggi sehingga pengobatan yang dilakukan, diusahakan minimal dapat mendekati nilai normal dari kadar gula darah.



obat diabetes
 Alat cek gula darah merek Nesco


Penyakit diabetes ini apabila tidak diobati dengan menggunakan obat diabetes yang adekuat maka dapat menimbulkan berbagai komplikasi dan gangguan terhadap organ tubuh lainnya. Maka dari itu, sebaiknya apabila diketahui mengidap penyakit diabetes maka lakukanlah pengobatan dengan obat diabetes secara adekuat dan teratur. Apabila hal ini dapat dilakukan dengan seksama maka dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh secara optimal.

Macam-macam Obat Diabetes

Obat diabetes terdiri dari beberapa macam, di antaranya terdapat obat diabetes yang tergolong sediaan oral dan obat diabetes yag tergolong sediaan suntikan. Namun, sebenarnya apabila penyakit diabetes yang diderita masih termasuk ke dalam tahap yang ringan atau awal maka penurunan kadar gula darah dapat dilakukan tanpa meminum obat diabetes, yaitu dengan cara melakukan pola hidup sehat yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Pola hidup sehat yang dapat dilakukan, di antaranya meliputi pengendalian berat badan, olah raga, dan diet. Seseorang yang obesitas dan menderita diabetes tipe 2 tidak akan memerlukan pengobatan jika mereka menurunkan berat badannya dan berolahraga secara teratur. Namun, sebagian besar penderita merasa kesulitan menurunkan berat badan melakukan olahraga yang teratur karena itu biasanya diberikan obat hipoglikemik (penurun kadar gula darah) per oral atau terapi insulin. Diabetes tipe 1 hanya bisa diobati dengan insulin tetapi tipe 2 dapat diobati dengan obat oral. Jika pengendalian berat badan dan berolahraga tidak berhasil maka dokter kemudian memberikan obat yang dapat diminum (oral=mulut) atau menggunakan insulin.

Obat diabetes oral yang sering diberikan pada penderita penyakit diabetes diantaranya ialah obat golongan sulfonilurea, metformin, dan sebagainya. Obat golongan sulfonilurea ini paling efektif dalam menurunkan kadar gula darah bila diberikan pada pasien dengan penyakit diabetes tipe 2. Namun, obat diabetes ini tidak akan efektif apabila diberikan pada pasien dengan penyakit diabetes tipe 1. Contoh obat yang termasuk ke dalam golongan obat sulfonilurea adalah glibenklamid,gliklasid, dan glipzid. Cara kerja dari obat ini ialah dengan melakukan ransangan pada pankreas agar pankreas tersebut dapat melepaskan insulin serta meningkatkan efektifitasnya.

Golongan obat diabetes lainnya yang paling sering digunakan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh ialah obat metformin. Metformin bekerja menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cara meningkatkan respons tubuh terhadap insulinnya sendiri. Metformin ini tidak merangsang pembentukan hormon insulin dalam tubuh seperti obat golongan sulfonilurea. Obat metformin justru memanfaatkan insulin yang ada dalam tubuh agar dapat bekerja secara optimal dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain obat-obat tersebut, terdapat obat diabetes lainnya yang dapat menurunkan kadar gula darah. Obat tersebut ialah akarbose. Obat akarbose ini dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cara menunda penyerapan glukosa didalam usus. Obat hipoglikemik oral ini diberikan pada penderita penyakit diabetes tipe 2 yang gagal menurunkan kadar gula darahnya dengan cara diet dan olahraga.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: I-careclinic.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :