Ciri-ciri Diabetes Mellitus (DM) Secara Umum

Ciri-ciri diabetes mellitus dapat terjadi pada orang yang memiliki kadar gula darah yang tinggi. Ciri-ciri diabetes tersebut dapat terlihat dari luar, dari keluhan yang dirasakan oleh pasien, dan dari hasil pemeriksaan. Namun, umumnya ciri-ciri diabetes ini akan dirasakan oleh penderita penyakit diabetes pada tahap lanjut. Gejala awal yang muncul dari penyakit diabetes melitus mungkin akan dianggap suatu gejala yang biasa ataupun gejala yang mengarah pada penyakit ringan. Sebenarnya, untuk mengetahui ciri-ciri tersebut termasuk ke dalam ciri penyakit diabetes maka perlu dilakukan pemeriksaan terutama pemeriksaan laboratorium.



ciri-ciri diabetes mellitus
Alat cek gula darah merek Nesco

Ciri-ciri Diabetes Mellitus Secara Umum

Ciri-ciri diabetes mellitus secara umum dapat meliputi adanya perasaan sering haus, sering lapar, sering buang air kecil, penurunan berat badan yang drastis, perasaan lelah da lemah yang tidak biasa, pandangan kabur, pemulihan luka yang lama atau sering mengalami infeksi, dan warna kulit yang gelap. Ciri-ciri diabetes mellitus secara umum dapat dirangkum sebagai berikut:

Cepat haus
Cepat haus atau polidipsia merupakan gejala penyakit diabetes yang dirasakan dengan keluhan sering merasa haus walaupun tidak ada faktor lain yang menyebabkan adanya haus tersebut. Faktor lain yang dimaksud disini ialah seperti beraktivitas yang berat sehingga menyebabkan mudah haus, ataupun cuaca yang panas sehingga memudahkan kita untuk merasa haus. Adanya keluha cepat haus yang dirasakan oleh penderita penyakit diabetes terjadi karena kadar gula dalam darah yang berlebihan tersebut menyerap air secara terus menerus yang berasal dari jaringan sehingga jaringan mengalami dehidrasi. Untuk menanggulangi dehidrasi yang terjadi pada jaringan maka tubuh akan mengirim sinyal rasa haus pada otak.

Sering buang air kecil
Sering buang air kecil juga menjadi salah satu ciri-ciri diabetes mellitus. Sering buang air kecil atau poliuria, dapat terjadi pada penderita penyakit diabetes. Pada orang yang sudah dewasa, buang air kecil normalnya dilakukan satu sampai dua liter per harinya. Namun, pada penderita penyakit diabetes, buang air kecil dapat dilakukan lebih dari 2 liter per harinya. Apalagi pada penderita penyakit diabetes, sering buang air kecil pada malam hari. Seringnya buang air kecil pada penderita penyakit diabetes mellitus dapat berpengaruh terhadap kinerja dan fungsi organ ginjal.

Mudah lapar
Mudah lapar atau poliphagia merupakan suatu kondisi dimana penderita penyakit diabetes mengalami rasa lapar yang berlebihan. Adanya ciri-ciri diabetes mellitus mudah lapar ini menjadi gejala utama dari penyakit diabetes mellitus. Adanya rasa cepat lapar ini terjadi karena kurangnya insulin untuk memasukkan gula ke dalam sel sehingga membuat otot dan organ melemah dan tubuh merasa kehabisan energi. Adanya hal ini membuat otak akan mengira di dalam tubuh kekurangan energi dan berusaha untuk meningkatkan asupan makanan dengan mengirimkan sinyal lapar.

Penurunan berat badan
Walaupun nafsu makan meningkat, tetapi pada penderita diabetes dapat mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis. Pada masa dewasa berat badan manusia biasanya akan cenderung stabil dari tahun ke tahun. Apabila perubahan yang terjadi lebih dari 5% berat badan maka hal ini patut dicurigai untuk mengarah pada penyakit diabetes mellitus. Penurunan berat badan ini dapat terjadi karena metabolisme gula terganggu sehingga tubuh akan segala hal yang ada dalam tubuh untuk dijadikan sebagai energi, misalnya saja otot dan lemak sehingga bila dilihat dari luar, orang yang menderita penyakit diabetes mellitus akan terlihat kurus.

Rasa lelah dan lemah yang tidak biasa
Kekurangan kadar gula dapat menyebabkan kurangan energi. Kinerja dari tubuh akan melambat bahkan membakar otot atau lemak selama beraktivitas.



Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Kompas.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :