Gejala Diabetes Pada Penderita Diabetes

Gejala diabetes dapat terjadi pada awal tahap penyakit diabetes tersebut menyerang. Gejala diabetes ini selain dapat dirasakan oleh penderita pada saat awal penyakit tersebut menyerang, juga dapat dirasakan setelah sekian lama penyakit tersebut diderita. Umumnya gejala yang dirasakan pada tahap awal tidak mengarah langsung kepada penyakit diabetes. Gejala yang dirasakan dapat mengarah pada penyakit lainnya selain penyakit diabetes sehingga kebanyakan orang yang merasakan gejala diabetes pada tahap awal, menganggap gejala tersebut sebagai hal yang biasa terjadi. Gejala diabetes pada umumnya meliputi sering buang air kecil, merasa sering haus, merasa sering lapar, merasa mudah lelah, penurunan berat badan yang drastic, dan sebagainya. Sedangkan gejala yang paling serius mengarah terhadap adanya penyakit diabetes melitus ialah adanya luka yang sulit sembuh.



gejala diabetes
Alat cek gula darah merek Nesco


Gejala Diabetes Tahap Awal

Pada tahap awal, gejala penyakit diabetes dapat dideteksi dari pemeriksaan kadar gula darah dalam tubuh. Tingginya kadar gula darah dalam tubuh saat melakukan pemeriksaan laboratorium, merupakan salat satu tanda dari adanya penyakit diabetes melitus. Apalagi bila ditambah dengan sering buang air kecil, sering merasa lapar, sering merasa haus, penurunan berat badan yang drastis, menjadi tanda dan gejala dari adanya penyakit diabetes mellitus.

Merasakan sering cepat haus menjadi salah satu gejala diabetes pada tahap awal. Cepat haus atau yang disebut dengan polidipsia merupakan gejala dimana seseorang merasakan haus yang berlebihan. Pertama-tama yang dirasakan adalah merasa kering pada daerah mulut dan bibir. Namun, gejala ini sebenarnya tidak selalu mengarah pada penyakit diabetes. Gejala ini juga dapat dialami ketika seseorang melakukan aktivitas yang berat dan saat cuaca panas yang dapat membuat seseorang sering merasakan haus. Namun, perlu diwaspadai bila merasa haus ketika diluat kondisi tersebut. Kemungkinan hal ini dapat mengarah pada gejala penyakit diabetes. Mudah haus pada penyakit diabetes dikarenakan kadar gula darah yang menyerap air secara terus menerus dari jaringan sehingga membuat jaringan mengalami dehidrasi.

Sering buang air kecil atau yang disebut dengan poliuria dapat menjadi gejala penyakit diabetes apabila dialami terutama pada malam hari. Dehidrasi parah akibat sering buang air kecil dapat berpengaruh terhadap organ ginjal.

Merasa cepat lapar juga dapat dirasakan oleh penderita penyakit diabetes. Kurangnya insulin untuk memasukkan gula ke dalam sel membuat otot dan organ melemah dan tubuh mengalami kekurangan energi. Di sana organ otak akan memprediksi bahwa hal ini terjadi sebagai akibat dari kurang makan sehingga tubuh akan merusaha meningkatkan asupan makanan dengan mengirim sinyal lapar.

Adanya tanda gejala awal tersebut merupakan cerminan dari penurunan kadar insulin di dalam tubuh sehingga dapat menganggu proses metabolisme dari gula di dalam tubuh. Pada tahap gejala awal ini, penyakit masih dapat disembuhkan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit diabetes ini ialah dengan mengatur pola diet dan melakukan olahraga rutin. Apabila dengan cara mengatur pola diet dan melakukan olahraga rutin kadar gula darah masih tergolong tinggi maka dapat menempuh jalan mengonsumsi obat-obatan penurun kadar gula dalam darah.

Gejala Diabetes Tahap Akhir

Gejala dari penyakit diabetes pada tahap akhir merupakan gejala yang di tambah dengan komplikasi penyakit lainnya. Namun, gejala pada tahap akhir yang mengarah pada penyakit diabetes ialah adanya luka yang sulit untuk sembuh. Selain itu, pada tahap akhir juga dapat terjadi gangguan pada penglihatan. Kadar gula darah yang terlalu tinggi akan mengambil cairan dari tubuh, bahkan cairan dalam lensa mata sehingga keadaan dehidrasi ini dapat memengaruhi pada kemampuan berkonsentrasi dan berakhir pada kebutaan apabila tidak ditangani segera.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Kompas.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :