Obat Tradisional Diabetes dari Bahan Alami

Obat tradisional diabetes dapat dibuat dari berbagai bahan dasar yang telah tersedia di alam. Pada umumnya obat tradisional diabetes ini terbuat dari tanaman herbal yang berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit diabetes ataupun menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus. Obat tradisional diabetes ini dapat kita buat sendiri. Ramuan atau cara membuat obat tradisional diabetes yang telah diwariskan secara turun-temurun dan terbukti ampuh dalam menurunkan kadar gula darah pada penderita penyakit diabetes, menjadikan obat tradisional diabetes menjadi salah satu pilihan para penderita penyakit diabetes dalam mengobati penyakitnya.



obat tradisional diabetes
Alat cek gula darah merek GlucoDr


Obat tradisional diabetes umumnya dibuat dari tanaman atau tumbuhan yang mengandung senyawa yang dapat menurunkan kadar gula darah. Penurunan kadar gula darah yang optimal dapat dicapai apabila melakukan pengobatan obat tradisional diabetes ini dengan teratur. Selain itu, obat tradisional diabetes dapat dikonsumsi bersamaan dengan obat dokter tentunya dengan mengkonsultasikan terlebih dahulu obat-obatan yang digunakan pada dokter yang menangani.

Macam-macam Obat Tradisional Diabetes

Obat tradisional diabetes dapat dibuat dari bermacam-macam tanaman yang berkhasiat dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional, di antaranya ialah tanaman daun insulin, buah mengkudu,dan tanaman kunyit. Tanaman daun insulin telah terkenal akan khasiatnya dalam mengobati penyakit diabetes mellitus. Namun, tanaman daun insulin ini jarang dibudidayakan sehingga tanaman daun insulin ini sulit untuk di dapat. Tanaman daun insulin dapat memproduksi insulin dan menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus.

Tanaman daun insulin dikenal juga sebagai tanaman Rondo Semoyo, kembang bulan, kayu paik, kipait, dan harsaga. Nama ilmiah dari tanaman daun insulin ialah Tithonia Diversifolia. Tanaman daun insulin ini berasal dari negara Meksiko. Tanaman daun insulin dapat dijadikan sebagai obat tradisional diabetes dengan cara direbus lalu diminum air rebusannya tersebut. Agar mendapatkan hasil yang optimal, maka air rebusan tersebut diminum setiap hari.

Tanaman selanjutnya yang dapat dijadikan sebagai obat diabetes ialah buah mengkudu. Buah mengkudu dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit diabetes. Buah mengkudu mengandung proxeroni yang dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Selain itu, zat ini dapat bekerja dengan membentuk suatu alkaloidd yang dapat membuka pori-pori sel sehingga mempermudah zat nutrisi terserap ke dalam tubuh. Obat herbal dari mengkudu ini dibuat dengan cara memblender satu buah mengkudu kemudian diambil sarinya dengan cara disaring, kemudian air saringan dari buah mengkudu tersebut diminum setiap hari agar mendapatkan hasil yang optimal.

Ada lagi tanaman kunyit yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk penyakit diabetes. Pada umumnya tanaman diabetes terkenal sebagai bumbu dapur. Namun, dibalik manfaatnya sebagai bumbu dapur, juga dapat digunakan sebagai obat tradisional diabetes. Sama halnya dengan obat tradisional lainnya, tanaman kunyit dapat dijadikan sebagai obat diabetes karena dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh penderita penyakit diabetes. Cara membuat ramuan tradisional diabetes dari tanaman kunyit ini ialah dengan cara memasukkan satu buah rimpang kunyit yang ditambahkan dengan satu sendok teh garam ke dalam air sebanyak 1 liter, kemudian rebus rimpang kunyit tersebut sampai airnya mendidih. Setelah mendidih matikan api dan biarkan air rebusan tersebut dingin. Barulah setelah dingin air rebusan kunyit tersebut diminum satu gelas saja. Maksimal air rebusan kunyit tersebut diminum dua kali dalam sehari. Agar mendapatkan hasil yang optimal maka lakukan hal ini secara teratur.



Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Nitips.com dan biofarmaka.ipb.ac.id



Terima kasih untuk Like/comment FB :