Ciri-ciri Umum Penyakit Diabetes Melitus

Penyakit diabetes pada umumnya merupakan penyakit degeneratif yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia . Setiap tahun jumlah penderita penyakit diabetes semakin meningkat. Kebanyakan penyakit diabetes yang diderita adalah penyakit diabetes tipe dua. Penyakit diabetes tipe dua ini merupakan penyakit diabetes yang terkait dengan gaya hidup, seperti pola makan, olahraga, kegemukan, dan pola tidur. Penyakit diabetes tipe 2 ini sebenarnya merupakan penyakit yang sulit untuk disembuhkan karena penyakit diabetes mellitus tipe 2 ini perkembangan penyakitnya berjalan dengan lambat dibandingkan dengan penyakit kronik lainnya, sehingga penyakit ini dapat dikontrol. Gejala yang muncul dari penyakit ini bermunculan secara bertahap.



penyakit diabetes
 Alat cek gula darah merek GlucoDR


Namun, kita harus terus waspada akan adanya penyakit diabetes. Kewaspadaan ini kita lakukan dengan mengenali ciri-ciri diabetes yang ada. Selain dengan mengenali ciri-ciri diabetes yang ada, dapat juga melakukan pemeriksaan kadar gula darah secara rutin untuk mengetahui kadar guula darah yang dimiliki.

Alat cek gula darah untuk memeriksa penyakit diabetes

Penyakit diabetes ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Cara terbaik untuk mengetahui kadar gula dalam darah yaitu dengan memeriksanya,  baik di laboratorium maupun menggunakan alat unji cepat yang disebut dengan Glucometer. Kini seiring dengan makin canggihnya teknologi, hasil pemeriksaan menggunakan alat cek gula darah/glucometer semakin akurat, harganya juga semakin terjangkau. Jika Anda mengalami seperti ciri - ciri diabetes dibawah ini segera lakukan pemeriksaan kadar gula darah Anda.

Jika kita bicara penyakit diabetes maka kita akan bicara angka, bukan perasaaan segar atau perasaan lainnya karena berapa kadar gula dalam darah hanya dapat diukur menggunakan alat cek gula darah maupun di laboratorium.

Macam - macam alat cek gula darah

  Saat ini banyak merek alat cek gula darah yang dipasarkan di Indonesia baik yang single parameter (hanya dapat mengukur kadar gula darah saja) maupun multiparameter (dapat mengukur kadar zat lain dalam darah) seperti kolesterol dan asam urat. Baik yang single parameter maupun multiparameter memiliki tingkat akurasi pengukuran yang hampir sama. Berdasarkan pengalaman, penyebab pengukuran tidak tepat biasanya karena penggunaan dan penyimpanan alat maupun strip yang tidak tepat.

Alat cek gula darah Easy Touch

penyakit diabetes
Alat cek gula darah Easy Touch beserta strip dan lancing


Alat cek gula darah merupakan alat untuk memeriksa penyakit diabetes atau untuk mengukur kadar gula dalam darah serta dapat mengukur zat lain dalam darah. Alat seperti ini disebut alat cek multiparameter GCU (glucose, cholesterol, uric) dalam satu alat. Cara menggunakan untuk mengukur masing-masing parameter yakni dengan mengganti test strip yang sesuai.

Alat cek gula darah merek Easy Touch berasal dari negara Taiwan yang dipasarkan di Indonesia dengan jaminan garansi seumur hidup, artinya apabila alat ini mengalami kerusakan akan diperbaiki secara gratis, jika tidak bisa diperbaiki akan diganti dengan alat baru.

Cara menggunakan alat cek gula darah merek Easy Touch ini cukup mudah meskipun Anda awam dengan dunia medis. Cukup belajar beberapa kali Anda akan segera mahir menggunakannya untuk diri Anda sendiri atau memeriksa orang lain.

Ciri Penyakit Diabetes

Ciri-ciri penyakit dari diabetes secara umum meliputi adanya perasaan sering haus, sering lapar, sering buang air kecil, penurunan berat badan yang drastis, perasaan lelah, lemah yang tidak biasa, pandangan kabur, pemulihan luka yang lama atau sering mengalami infeksi, dan warna kulit yang gelap.

Pandangan yang kabur pada penderita diabetes terjadi karena gula darah yang terlalu tinggi mengambil cairan yang ada dalam tubuh. Terlebih lagi cairan yang ada pada mata. Sehingga apabila hal ini terjadi maka dapat menyebabkan kurangnya berkonsentrasi dan penglihatan yang kabur. Pemulihan luka yang lama sering mengalami infeksi, biasanya terjadi pada jenis diabetes mellitus tipe 2 dan dapat berpengaruh terhadap kemampuan tubuh dalam menyembuhkan luka atau melawan infeksi. Luka yang seharusnya sembuh dalam waktu berminggu-minggu akan berpotensi terkena infeksi dan membutuhkan pengobatan medis.

Apabila terdapat tanda-tanda ini, maka sebaiknya kita waspada barangkali terjangkit penyakit diabetes mellitus. Warna kulit yang gelap dikeluhkan oleh penderita penyakit dari diabetes tipe 2. Kulit gelap tersebut dapat berupa bercak kulit tembek dan lipatan di badannya. Hal ini disebut dnegan acanthosis nigricans. Biasanya bercak dan lipatan ini berada pada daerah ketiap dan sekitar leher. Gejala ini menandakan adanya gangguan dari insulin.

Walaupun nafsu makan meningkat. Namun, bagi penderita diabetes dapat mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis. Pada masa dewasa berat badan manusia biasanya akan cenderung stabil dari tahun ke tahun. Apabila perubahan yang terjadi lebih dari 5% berat badan, maka hal ini patut dicurigai mengarah pada penyakit diabetes mellitus.

Penurunan berat badan ini dapat terjadi karena metabolisme gula terganggu sehingga tubuh akan segala hal yang ada dalam tubuh untuk dijadikan sebagai energi, misalnya saja otot dan lemak sehingga bila dilihat dari luar, orang yang menderita penyakit diabetes mellitus akan terlihat kurus, sering lapar atau poliphagi. Hal ini merupakan suatu kondisi penderita penyakit dari diabetes mengalami rasa lapar yang berlebihan. Adanya ciri-ciri diabetes mudah lapar ini, menjadi gejala utama dari penyakit diabetes mellitus. Adanya rasa cepat lapar ini terjadi karena kurangnya insulin untuk memasukkan gula ke dalam sel sehingga membuat otot dan organ melemah dan tubuh merasa kehabisan energi. Adanya hal ini membuat otak akan mengira di dalam tubuh kekurangan energi dan berusaha untuk meningkatkan asupan makanan dengan mengirimkan sinyal lapar ke otak.





Terima kasih untuk Like/comment FB :