Penyebab Diabetes (DM) Tipe 1 dan Tipe 2

Penyebab diabetes dapat disebabkan karena berbagai faktor. Biasanya faktor yang menjadi penyebab diabetes tidak berdiri sendiri. Mungkin terdapat dua atau lebih faktor yang dapat menjadi penyebab diabetes sehingga akhirnya orang tersebut mengidap penyakit diabetes. Penyebab diabetes dapat berasal dari faktor dalam maupun faktor luar. Faktor dalam yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit diabetes ialah adanya kelainan dari organ pankreas dalam memproduksi hormon insulin sedangkan faktor luar yang dapat menyebabkan penyakit diabetes ialah gaya hidup yang tidak sehat. Penyebab diabetes dari dalam karena kelainan organ pankreas dalam memproduksi hormon insulin sering terjadi pada penyakit diabetes tipe 1 sedangkan penyebab diabetes dari faktor luar seperti gaya hidup yang tidak sehat umumnya sering terjadi pada penderita penyakit diabetes tipe 2. Pada penyakit diabetes tipe 1 yang disebabkan karena kelainan organ pankreas tidak dapat disembuhkan secara total sedangkan untuk penyakit diabetes tipe 2 masih dapat disembuhkan.



penyebab diabetes
Alat cek gula darah merek GlucoDr


Pada penyakit diabetes tipe 1, pengobatan yang dilakukan ialah dengan menyuntikkan hormon insulin. Dikarenakan di dalam tubuh penderita penyakit diabetes tipe 1 tidak mampu memproduksi hormon insulin karena pankreasnya rusak maka hormon insulin harus diberikan dari luar tubuh. Sedangkan pada penyakit diabetes tipe 2 hormon insulin masih dapat diproduksi oleh pankreas, tetapi jumlahnya yang masih kurang untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh. Pengobatan yang dilakukan pada penyakit diabetes tipe 2 dapat dilakukan sengan pengaturan pola hidup seperti diet dan olahraga. Namun apabila dengan pengaturan pola hidup seperti diet dan olahraga kadar gula darahnya tetap tinggi maka dapat diberikan obat penurun gula darah seperti obat hipoglikemik oral atau suntikan insulin.

Penyebab Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Penyebab diabetes tipe 1 dan tipe 2 yang telah diuraikan di atas pada umumnya berbeda, di sini akan dibahas secara mendalam mengenai penyebab diabetes berdasarkan tipenya. Pada penyakit diabetes tipe 1 yang menjadi penyebab terjadinya penyakit ini ialah adanya ketidakmampuan dari pankreas untuk menghasilkan hormon insulin. Sel-sel pankreas pada penderita penyakit diabetes tipe 1 telah dihancurkan oleh proses autoimun sehingga apabila terdapat glukosa yang berasal dari makanan tidak dapat disimpan dalam hati, dan pada akhirnya glukosa tersebut beredar dalam darah dan menyebabkan terjadinya hiperglikemia post prandial (kenaikan kadar gula darah setelah makan). Pada penderita penyakit diabetes, kadar gula darahnya cukup tinggi sehingga ginjal tidak dapat menyerap kembali semua glukosa yang tersaring keluar sehingga glukosa tersebut diekskresikan dalam urin. Ekskresi glukosa bersama urin juga disertai dengan ekskresi elektrolit dan cairan yang berlebihan keadaan ini dinamakan diuresis osmotik. Pasien mengalami peningkatan dalam berkemih (poliuria) dan rasa haus (polidipsi).

Penyebab diabetes tipe 2 terjadi sebagai akibat dari resistensi insulin sehingga kadar gula dalam darah tidak dapat diturunkan. Di samping itu akibat dari terjadinya resistensi insulin menyebabkan pankreas harus mensekresi insulin lebih banyak untuk mengatasu kadar gula darah yang tinggi ini. Pada diabetes tipe 2, penderita penyakit tersebut pada awalnya akan mengalami gangguan toleransi glukosa yang hanya memiliki status sebagai hiperglikemi belum mencapai status pada penyakit diabetes melitus. Sementara itu, apabila kondisi ini dibiarkan berlarut dan berlanjut maka pankreas kemungkinan tidak mampu lagi untuk memproduksi insulin yang berlebihan untuk mengontrol kadar gula darah. Peningkatan produksi glukosa hati, penurunan pemakaian glukosa oleh otot dan lemak berperan atas terjadinya hiperglikemia kronik saat puasa dan setelah makan. Akhirnya sekresi insulin oleh beta sel pankreas akan menurun dan kenaikan kadar gula darah semakin bertambah berat.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Webmd.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :