Akibat Diabetes Melitus Berakibat Fatal

Akibat diabetes dapat sangat berbahaya bagi tubuh kita. Penyakit diabetes bila dibiarkan akan merusak tubuh, bahkan berakibat pada kematian. Akibatnya diabetes tidak dapat dipandang remeh. Diabetes merupakan sebuah penyakit yang tidak dapat diremehkan tanpa adanya penanganan. Sampai saat ini penyakit diabetes sangat sulit untuk disembuhkan. Namun, penyakit tersebut dapat dikontrol. Apabila penyakit itu dibiarkan maka diabetes akan semakin parah dan dapat menimbulkan penyakit komplikasi lainnya.


akibat diabetes
Alat cek gula darah merek Nesco

Akibat Diabetes melitus

Salah satu penyakit turunan akibat diabetes yang cukup fatal adalah peripheral arterial disease (PAD) atau penyakit pembuluh darah tepi. Penyakit ini diawali dengan sumbatan pada pembuluh darah, biasanya terdapat di kaki. Pasien diabetes yang kakinya mengalami PAD ini seringkali disebut dengan kaki diabetik. Pasien yang mengalami PAD pembuluh darahnya tersumbat, aliran darah menurun, kadar oksigen dalam darah pun mengalami pengurangansehingga organ tubuh (kaki) tidak dapat berfungsi dengan baik.

Pada mulanya organ tersebut (kaki) akan mati rasa. Kemudian apabila organ tersebut terluka, luka tersebut akan sangat sulit untuk disembuhkan, bahkan lukanya bisa semakin meluas, parah dan menjadi busuk. Hal tersebut diakibatkan oleh aliran darah yang tidak lancar sehingga sangat menghambat proses penyembuhan luka.

Tiga jenis komplikasi makrovaskular yang umum berkembang pada penderita diabetes adalah penyakit jantung koroner (coronary heart disease = CAD), penyakit pembuluh darah otak, dan penyakit pembuluh darah perifer (peripheral vascular disease = PVD). Walaupun komplikasi makrovaskular dapat juga terjadi pada DM tipe 1. Namun, yang lebih sering merasakan komplikasi makrovaskular ini adalah penderita DM tipe 2 yang umumnya menderita hipertensi, dislipidemia dan atau kegemukan.

Kombinasi dari penyakit-penyakit komplikasi makrovaskular dikenal dengan berbagai nama, antara lain Syndrome X, Cardiac Dysmetabolic Syndrome, Hyperinsulinemic Syndrome, atau Insulin Resistance Syndrome. Karena penyakit-penyakit jantung sangat besar risikonya pada penderita diabetes, maka pencegahan komplikasi terhadap jantung sangat penting dilakukan, termasuk pengendalian tekanan darah, kadar kolesterol dan lipid darah. Penderita diabetes sebaiknya selalu menjaga tekanan darahnya tidak lebih dari 130/80 mm Hg. Untuk itu penderita harus dengan sadar mengatur gaya hidupnya, termasuk mengupayakan berat badan ideal, diet dengan gizi seimbang, berolahraga secara teratur, tidak merokok, mengurangi stress dan lain sebagainya.

Akibat diabetes sangatlah merugikan bagi tubuh manusia. Maka dari itu,  sebelum terlambat, jangan sampai kita terkena penyakit diabetes. Lakukanlah pola hidup sehat termasuk menjaga asupan makanan dan lakukan pengontrolan kadar gula darah dalam tubuh secara rutin. Penyakit diabetes dapat mengakibatkan kematian. Selain itu, hingga saat ini diabetes termasuk dalam salah satu penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Hal yang dapat kita lakukan hanyalah melakukan pengontrolan agar penyakit diabetes tersebut tidak lebih parah.

Mulailah dari sekarang untuk mencoba mengurangi makanan atau minuman yang memiliki kandungan gula yang tinggi. Aturlah kadar gula dalam tubuh Anda agar terhindar dari penyakit kencing manis atau diabetes melitus. Dengan melakukan pencegahan sedini mungkin, resiko terjadinya penyakit diabetes melitus akan berkurang dan penyakit diabetes dapat dihindari.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: health.detik.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :