Apa Itu Diabetes Menurut Ilmu Kedokteran?

Apa itu diabetes ? Diabetes ialah penyakit yang diakibatkan karena pelbagai faktor yang membuat kadar gula darah di dalam tubuh penderita meningkat. Apa itu diabetes ? Diabetes sering disebut juga dengan penyakit gula atau kencing manis. Penderita penyakit diabetes sering disebut dengan diabetesi. Penyakit diabetes sering disebut juga dengan penyakit gula atau kencing manis karena di dalam urine penderita penyakit diabetes terasa manis yang disebabkan urine mengandung gula atau glukosa.



apa itu diabetes
Alat cek gula darah merek Easy Touch


Apa itu diabetes ? Diabetes ialah penyakit karena faktor keturunan. Pada penyakit ini, faktor keturunan menjadi pemegang peranan yang sangat penting untuk menimbulkan penyakit diabetes melitus. Yang dimaksud dengan faktor keturunan ketika terdapat seseorang dari anggota keluarga yang menderita penyakit diabetes melitus maka potensi atau peluang untuk timbulnya penyakit ini juga akan semakin besar.

Apa Itu Diabetes Melitus ?

Yang dimaksud dengan diabetes melitus ialah merupakan bagian dari kelompok penyakit metabolik dengan ciri khas yaitu berupa kenaikan kadar gula darah. Apa itu diabetes melitus ? Diabetes melitus ialah penyakit yang dapat menaikan kadar glukosa dalam tubuh. Kenaikan ini dapat disebabkan karena kelainan produksi ataupun kerja insulin, bisa juga disebabkan oleh keduanya. Diabetes melitus dapat terjadi pada siapa saja yang memiliki faktor risiko terhadap penyakit ini. Faktor risiko tersebut ialah kelebihan berat badan atau obesitas, usia, keturunan, dan lain sebgainya.

Apa itu diabetes melitus ? Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit yang terjadi sebagai akibat dari meningkatnya kadar gula darah yang tinggi. Kadar gula darah yang tinggi dapat terjadi dikarenakan di dalam tubuh kekurangan hormon insulin yang dapat membantu dalam proses metabolisme dari glukosa. Penyakit ini terdiri dari dua tipe yaitu penyakit diabetes melitus tipe 1 dan penyakit diabetes melitus tipe 2.

Penyakit diabetes melitus tipe 1 merupakan penyakit yang terjadi akibat dari kerusakan pankreas  sehingga sel-sel di dalam pankreas tidak mampu untuk memproduksi hormon insulin. Akibatnya, kadar gula darah meningkat. Apabila hal ini dibiarkan secara berlaru-larut maka dapat menimbulkan pelbagai komplikasi penyakit lainnya  sehingga dapat mengganggu fungsi kerja dari pelbagai organ yang ada di dalam tubuh seperti organ jantung, dan ginjal, sedangkan penyakit diabetes melitus tipe 2 terjadi sebagai akibat dari pola hidup yang tidak sehat. Asupan makanan dengan kadar gula yang tinggi atau makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi membuat kadar gula darah di dalam tubuh meningkat sehingga, hormon insulin yang diproduksi secara normal dalam tubuh tidak mencukupi untuk mengolah glukosa menjadi energi. Akibatnya, gula atau glukosa tertimbun di dalam aliran darah dan membuat kadar gula darah meningkat.

Apa itu diabetes melitus ? Diabetes melitus merupakan penyakit yang dapat disembuhkan dengan mengonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah. Namun, pengobatan akan semakin sulit untuk dilakukan apabila penyakit tersebut sudah disertai dengan pelbagai komplikasi. Penyakit ini selain dapat disembuhkan dengan obat penurun kadar gula darah tinggi yang dibuat dari bahan kimia juga dapat disembuhkan dengan obat-obatan herbal. Obat-obatan herbal mempunyai fungsi yang sama dengan obat dari bahan kimia, yaitu dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi sehingga, perpaduan penggunaan obat yang berbahan kimia dan berbahan herbal sering dipadukan dan digunakan secara bersamaan untuk mendapatkan hasil yang optimal.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Mediskus.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :