Bahaya Diabetes yang Harus Diwaspadai

Bahaya diabetes dapat terjadi dan mengancam siapa saja, bahaya diabetes ini dapat dihindari dengan cara mengontrol kadar gula darah agar tidak terus meningkat. Bahkan, diusahakan agar kadar gula darah yang tinggi dapat menurun. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengontrol kadar gula darah agar tidak terus meningkat ialah dengan cara mengonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah tersebut. Apabila kadar tersebut menurun ataupun mendekati nilai normal, maka bahaya diabetes pun dapat dihindari.



bahaya diabetes
Alat cek gula darah merek GlucoDr


Bahaya diabetes dapat terjadi dalam bermacam-macam bentuk. Bahkan, bahaya diabetes dapat terjadi dan mengancam jiwa penderita penyakit diabetes melitus itu sendiri sehingga, penderita penyakit ini perlu memberikan perhatian khusus terhadap dirinya, untuk mencegah pelbagai komplikasi yang timbul akibat penyakit diabetes ini.

Bahaya Diabetes Melitus

Bahaya diabetes melitus berhubungan dengan kadar gula darah yang tinggi. Selain itu, komplikasi dari penyakit ini dapat berhubungan dengan kinerja dari organ-organ dalam tubuh. Organ-organ tersebut di antaranya ialah jantung, mata, ginjal, dan lain sebagainya.

Pada organ jantung, penyakit ini dapat memicu terjadinya penyakit jantung. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada pembuluh darah di jantung sehingga, penyakit ini dapat berpotensi menjadi masalah berupa penyempitan pembuluh darah, serangan jantung, stroke, penyakit arteri, dan lain-lain. Namun, bahaya yang paling sering terjadi pada penderita penyakit ini ialah stroke dan serangan jantung.

Pada sistem saraf penyakit ini menyebabkan terjadinya gangguan akibat kadar gula darah yang terlalu tinggi. Hal ini menyebabkan terjadinya kerusakan terutama pada bagian dinding pembuluh darah sehingga, dinding pembuluh darah tidak dapat menyehatkan saraf terutama saraf yang berada pada bagian kaki. Apabila kerusakan pada saraf telah terjadi maka akan menimbulkan suatu gejala berupa rasa kesemutan, rasa terbakar, mati rasa, dan sakit di bagian ujung kaki. Gangguan dan kerusakan yang terjadi pada sistem saraf ditandai sengan adanya muntah, diare, sembelit, mual, dan gangguan disfungsi ereksi pada pria.

Dengan adanya penyakit diabetes juga dapat menimbulkan gangguan atau kerusakan pada mata. Kerusakan mata yang paling berbahaya ialah kebutaan. Kadar gula darah yang tinggi dapat mengganggu sistem saraf pusat pada lensa mata dan kornea mata. Kerusakan mata yang paling sering terjadi ialah glaukoma dan katarak.

Kerusakan ginjal pun akan terjadi bila kadar gula darah dalam tubuh tergolong sangat tinggi. Ginjal di dalam tubuh berfungsi untuk menyaring darah agar dapat dipergunakan untuk kepentingan tubuh. Bila kadar gula darah sangat tinggimaka  dapat membuat terjadinya kerusakan pada sel-sel penyaring di bagian organ ginjal, bila hal ini terjadi maka keadaan tersebut menyebabkan terjadinya gagal ginjal. Apabila hal ini terjadi maka diperlukan biaya yang tidak cukup murah untuk mengobatinya, dikarenakan penderita penyakit gagal ginjal harus melakukan cuci darah secara berkala bahkan sampai pada transplantasi ginjal.

Infeksi kulit juga dapat menjadi bahaya bagi penderita penyakit diabetes melitus. Hal ini menjadi sesuatu yang sering terjadi pada penderita penyakit diabetes melitus. Infeksi kulit diawali dengan adanya luka yang sulit sumbuh. Kemudian luka tersebut menjadi luka infeksi karena terdapat jamur, parasite, atau virus yang hidup pada luka.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Halosehat.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :