Buah untuk Diabetes (Menu Makanan Sehat)

Buah untuk diabetes diyakini mampu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus. Penyakit diabetes merupakan sebuah penyakit yang sudah tidak asing lagi kita dengar. Penyakit diabetes termasuk ke dalam jenis penyakit yang berbahaya. Seperti yang telah kita ketahui penyakit diabetes terjadi akibat tingginya kadar gula darah dalam tubuh manusia. Namun, untuk mengurangi gejala yang diakibatkan oleh diabetes dapat dengan cara mengkonsumsi buah untuk diabetes. Buah untuk diabetes dapat bermanfaat untuk mengurangi penyakit tersebut.



buah untuk diabetes
Alat cek gula darah merek Easy Touch

Buah untuk Diabetes yang Dapat Dikonsumsi

Pisang
Buah untuk diabetes yang pertama, yaitu pisang. Buah pisang memiliki kandungan mineral yang dapat membantu dalam mengkontrol tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, kandungan karbohidrat yang terdapat dalam pisang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat bagi penderita diabetes dan dengan kandungan indeks glikemik yang rendah yang dimiliki oleh pisang dapat membantu penderita diabetes dalam menurunkan kadar gula darah.

Apel
Apel merupakan salah satu buah untuk diabetes yang dapat dikonsumsi. Sama hal dengan pisang, apel memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah sehingga sangat baik bagi penderita diabetes. Selain itu, kandungan pektin yang terdapat di dalam buah apel dapat digunakan untuk membantu mengendalikan gula darah dan fungsi usus. Anti inflamasi yang terdapat dalam buah apel juga dapat bermanfaat untuk mempercepat pemulihan kesehatan penderita diabetes.

Belimbing
Buah untuk diabetes yang selanjutnya, yaitu belimbing. Belimbing memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah, kemudian belimbing merupakan buah yang kaya akan serat yang dapat menyerap glukosa, menunda penyebaran glukosa, serta dapat menunda pelepasan glukosa dari pati sehingga buah belimbing dapat membantu dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Mangga
Buah mangga juga merupakan buah untuk diabetes. Mangga memiliki kandungan polifenol yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Buah mangga juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu dalam meningkatkan sistem metabokisme tubuh bagi penderita diabetes. Selain itu, buah mangga juga memiliki kandunga vitamin A, C, serta B6, dan serat yang sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Jeruk
Jeruk merupakan buah untuk diabetes yang memiliki kandungan zat aktif yang disebut naringenin. Zat tersebut semacam antioksidan yang dapat membantu dalam mempertahankan berat ideal serta dapat meningkatkan sensitivitas insulin,. Selain itu, naringenin dipercaya dapat membantu dalam proses pembakaran lemak di hati serta dapat menurunkan rosiglitazone dan fenofibrate pada terapi diabetes. Zat tersebut pada umumnya terdapat pada kulit jeruk sehingga kulit jeruk tersebut berasa pahit. Selain naringenin, jeruk juga memiliki kandungan karbohidrat, serta zat gula seperti glukosa, sukrosa dan fruktosa.

Pir
Buah untuk diabetes yang selanjutnya, yaitu buah pir. Pir memiliki kandungan antosianin dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi resistensi insulin pada penderita diabetes. Selain itu, buah pir juga kaya akan serat yang dapat membantu dalam menurunkan koletserol dalam tubuh dan membantu kelancaran sistem metabolisme dalam tubuh.

Pepaya
Kandungan glukosa yang rendah dalam buah pepaya dapat menjadikan buah pepaya sebagai buah untuk diabetes. Pepaya juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencegah terjadinya kerusakan sel-sel dalam tubuh. Selain itu, pepaya juga memiliki kandungan serat sehingga dapat dijadikan acuan diet sehat bagi penderita diabetes.

Tomat
Buah untuk diabetes yang selanjutnya, yaitu tomat. Tomat memiliki kandungan karbohidrat yang dapat membantu dalam mengkontrol kadar gula dalam darah serta dapat membantu asupan kalori sehingga dapat menurunkan berat badan penderita diabetes. Kandungan licopene dalam buah tomat dapat membantu dalam mengurangi proses kerusakan membran sel dalam darah serta membantu dalam mencegah kerusakan sistem imun. Vitamin C dan E yang terdapat dalam tomat dapat membantu meminimalkan kerusakan sel tubuh akibat oksidasi. Selain itu, kandungan kromium dan mangan dalam buah ini dapat membantu keseimbangan gula darah.

Buah untuk diabetes diatas dapat anda coba konsumsi untuk mengurangi gejala penyakit diabetes. Asupan makanan merupakan sebuah hal yang harus diperhatikan bagi penderita diabetes.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Halosehat.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :