Cara Mencegah Diabetes Melitus yang Benar

Cara mencegah diabetes melitus umumnya dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dalam kehdupan sehari-hari. Pola hidup sehat sebenarnya dapat mencegah pelbagai penyakit, tidak hanya penyakit diabetes saja. Pola hidup sehat yang berkaitan dengan penyakit diabetes dan dapat digunakan sebagai cara mencegah diabetes ialah mengatur pola makan dan melakukan olahraga. Kedua hal ini merupakan unsur dari pola hidup sehat yang sangat penting untuk dilakukan agar terhindar dari pelbagai penyakit termasuk penyakit diabetes melitus.



cara mencegah diabetes melitus
Alat cek gula darah merek Easy Touch


Dalam hal menjaga makanan yang dimakan sehari-hari guna mencegah penyakit diabetes melitus lebih dititik beratkan pada pemilihan makanan yang mengandung rendah gula sehingga, kadar gula darah di dalam tubuh tidak akan terus meningkat. Selain itu, menjaga berat badan agar tetap ideal dengan berolahraga juga dapat dijadikan cara mencegah diabetes. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu faktor risiko dari penyakit diabetes melitus ialah kegemukan atau obesitas.

Cara Mencegah Diabetes Melitus Secara Sederhana

Cara mencegah diabetes melitus dengan melakukan pengontrolan terhadap makanan yang dimakan sehari-hari sangatlah efektif dalam mencegah penyakit diabetes, bila dilakukan dengan konsisten. Terkadang pelbagai kendala atau hambatan dapat menghalangi upaya kita dalam mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus. Maka dari itu, diperlukan komitmen yang kuat dalam menjalankannya agar terhindar dari penyakit tersebut.

Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit yang disebabkan karena pelbagai faktor dan membuat kadar gula darah di dalam tubuh meningkat. Keadaan inilah yang membuat seseorang yang mengalami peningkatan kadar gula darah akan merasakan gejala dari penyakit diabetes yang berupa sering merasa haus, sering merasa lapar, sering buang air kecil terutama pada malam hari, merasa lelah dan lain sebagainya. Semua gejala yang dirasakan tersebut berhubungan dengan adanya peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh.

Oleh karena itu, mencegah penyakit diabetes melitus sangatlah perlu untuk dilakukan mengingat penyakit diabetes melitus ini merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan dapat menimbulkan komplikasi penyakit lainnya. Salah satu cara mencegah diabetes melitus yang dapat dilakukan ialah dengan melakukan pola hidup sehat. Pola hidup sehat tersebut berisikan aturan dalam menjalani hidup sehat seperti, tidak merokok dan minum alkohol serta lain sebagainya.

Pola hidup sehat juga menganjurkan kepada kita untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat terutama makanan yang mengandung indeks glikemik rendah dan kalori rendah sebagai upaya dalam mencegah penyakit diabetes melitus. Selain itu melakukan olah raga seperti jalan santai, jogging, senam diabetes dan lain sebagainya dapat digunakan sebagai cara mencegah diabetes melitus.

Cara mencegah diabetes melitus terutama yang berhubungan dengan makanan lebih diutamakan, untuk mengganti makanan yang tinggi gula dengan makanan yang rendah gula. Seperti mengganti nasi dengan kentang, ubi jalar dan makanan pokok lainnya yang mengandung kadar gula yang rendah. Cara mencegah diabetes melitus juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

Sayuran dan buah-buahan menjadi makanan yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus. Namun, tidak semua sayuran dan buah-buahan dapat dikonsumsi karena terdapat sayuran dan buah-buahan yang mengandung gula yang tinggi. Makanan seperti buah-buahan yang dianjurkan untuk tidak dikonsumsi untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus di antaranya ialah durian, manga, dan lain sebagainya. Diharapkan dengan melakukan cara mencegah diabetes, kita dapat terlindung dari penyakit ini.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Deherba.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :