Cara Mencegah Diabetes Secara Sederhana

Cara mencegah diabetes pada umumnya sangat mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Hanya saja dalam melakukan hal ini diperlukan komitmen dalam melakukan cara pencegahan secara konsisten. Cara mencegah diabetes serta penyakit lainnya umumnya dapat dilakukan dengan melakukan pola hidup sehat. Pola hidup sehat yang dapat dilakukan, di antaranya ialah mengatur pola diet dan melakukan olahraga yang teratur. Kedua cara mencegah diabetes ini sudah terbukti ampuh dalam mencegah diabetes melitus.



cara mencegah diabetes
Alat cek gula darah merek GlucoDr


Cara mencegah diabetes akan efektif dilakukan bila dilakukan secara teratur. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara mencegah diabetes dapat dilakukan dengan mengatur pola diet dan berolahraga. Mengatur pola diet sangatlah penting dalam mencegah penyakit diabetes melitus karena penyakit diabetes melitus sangat berhubungan sekali dengan asupan makanan yang dimakan sehari-hari. Salah satu makanan yang dapat mencetuskan penyakit diabetes melitus ialah makanan yang memiliki kalori yang tinggi. Selain itu, makanan yang mengandung pemanis buatan seperti sirup juga dapat mencetuskan penyakit diabetes melitus.

Perjalanan dimana makanan yang mengandung kalori yang tinggi sangat berhubungan dengan peningkatan kadar gula di dalam darah. Peningkatan kadar gula di dalam darah dapat menyebabkan terjadinya hiperglikemi. Apabila keadaan ini menetap maka dapat menimbulkan penyakit diabetes melitus.

Selain mengatur pola diet, juga dapat dilakukan dengan berolahraga. Sempatkan untuk berolahraga minimal satu minggu sekali agar kondisi tubuh tetap sehat dan berat badan terkontrol. Dengan terkontrolnya berat badan maka akan menjauhkan kita dari risiko terkena berbagai penyakit seperti penyakit diabetes melitus. Jenis olahraga yang dilakukan bergantung pada kemampuan masing-masing. Namun, umumnya banyak orang yang melakukan olahraga jalan santai atau jogging untuk memelihara kesehatannya dan mengontrol berat badannya.

Cara Mencegah Diabetes dengan Mengkonsumsi Makanan Sehat

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa cara mencegah diabetes dapat dilakukan dengan mengatur pola diet. Selain menghindari makanan yang menjadi pantangan diabetes melitus, juga dapat mengkonsumsi makanan yang sehat sehingga dapat mengkontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Makanan yang sehat umumnya ialah makanan yang mengandung rendah kalori sehingga tidak dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Makanan sehat tersebut diantaranya ialah minyak zaitun, bayam, yoghurt, buah acai berry, dan sebagainya. Sayuran seperti bayam memang sangat baik untuk dikonsumsi dan dijadikan sebagai cara mencegah diabetes karena di dalam sayur bayam tersebut mengandung lutein yang dapat menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh. Selain itu, sayur bayam juga termasuk ke dalam makanan 4 sehat 5 sempurna sehingga sayur bayam ini dapat dijadikan sebagai makanan sehat yang dapat dikonsumsi. Selain itu, lutein yang terkandung di dalam sayur bayam juga dapat mencegah terjadinya gangguan pada mata atau penglihatan di samping dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus.

Minyak zaitun juga dapat dikonsumsi untuk mencegah penyakit diabetes melitus. Di dalam minyak zaitun terkandung lemak yang tak jenuh dengan kadar yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya kegemukan atau obesitas yang merupakan salah satu faktor risiko dari terjadinya penyakit diabetes melitus. Lemak tak jenuh yang terkandung di dalam minyak zaitun juga dapat menurunkan kadar LDL yang merupakan lemak jahat di dalam tubuh.

Buah acai berry juga dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus. Di dalam buah acai berry terdapat antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah acai berry juga mengandung asam lemak omega-3 dan 6 yang berfungsi dalam perbaikan dari sel-sel yang rusak.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Halosehat.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :