Cara Mencegah Penyakit Diabetes Melitus

Cara mencegah penyakit diabetes dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik yang rendah dan menjauhi makanan yang mengandung indeks glikemik yang tinggi. Pemilihan jenis makanan yang di konsumsi sehari-hari sangat penting terutama untuk menghindari penyakit diabetes melitus. Seperti yang kita ketahui bahwa makanan merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit diabetes melitus sehingga cara mencegah penyakit diabetes dengan memilih makanan yang mengandung indeks glikemik yang rendah menjadi solusi yang tepat untuk dilakukan.


Cara Mencegah Penyakit Diabetes
Aat cek gula darah merek Easy Touch

Cara mencegah penyakit diabetes yang dilakukan dengan mengatur pemilihan jenis makanan yang dimakan juga sebaiknya disertai dengan melakukan olahraga. Olahraga juga menjadi cara mencegah penyakit diabetes yang baik untuk dilakukan. Olahraga dapat menghindarkan dari risiko peningkatan berat badan secara berlebih atau obesitas. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu faktor risiko yang dapat memicu terjadinya penyakit diabetes melitus ialah obesitas atau kelebihan berat badan sehingga dengan berolahraga menjadi cara mencegah penyakit diabetes yang baik untuk dilakukan.

Cara Mencegah Penyakit Diabetes Melitus

Cara mencegah penyakit diabetes melitus yang dapat dilakukan di antaranya dengan mempertahankan berat badan agar tetap ideal, melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik yang rendah, dan lain sebagainya. Cara mencegah penyakit ini akan optimal bila hal tersebut dikerjakan secara berkesinambungan dan konsisten. Berat badan yang ideal dapat mencegah kita dari penyakit tersebut. Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya penyakit diabetes melitus. Agar tidak terjadi obesitas atau kelebihan berat badan maka kita dapat melakukan olahraga serta memilih makanan yang mengandung indeks glikemik rendah, dan kolesterol rendah agar berat badan stabil.

Cara mencegah penyakit diabetes melitus juga dapat dilakukan dengan melakukan aktifitas fisik sesuai dengan kemampuan tubuh. Aktifitas yang dilakukan seperti melakukan olahraga. Dengan melakukan aktifitas fisik kita dapat menjaga agar berat badan tidak meningkat.

Mengonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik rendah juga merupakan salah satu cara mencegah penyakit diabetes melitus. Makanan yang mengandung indeks glikemik rendah apabila dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus akan aman karena tidak dapat meningkatkan kadar gula darah. Bahkan, terdapat beberapa makanan yang justru dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi bagi penderita penyakit tersebut. Makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus di antaranya ialah nasi merah, ubi jalar, gandum, buah kiwi, buah pisang, buah blueberry, buah strawberry, dan lain sebagainya.

Untuk mencegah penyakit diabetes melitus sebaiknya kita mengganti makanan pokok seperti nasi putih dengan nasi merah. Nasi merah merupakan makanan yang baik untuk mencegah penyakit diabetes melitus. Namun, seringkali kita tidak dapat menerapkan hal ini dikarenakan sudah terbiasa untuk mengonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok sehari-hari. Selain itu, nasi merah memiliki harga yang mahal dibandingkan dengan nasi putih. Tetapi bila dilihat dari manfaatnya, nasi merah memiliki manfaat yang lebih banyak untuk kesehatan dibandingkan dengan nasi putih.

Selain dengan nasi merah, nasi putih juga dapat digantikan dengan kentang yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Kentang memiliki indeks glikemik yang rendah dan baik untuk kesehatan apabila diolah atau dimasak dengan cara yang benar seperti di rebus atau dikukus.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Mediskus.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :