Cara Mengatasi Diabetes Melitus (DM) Efektif

Cara mengatasi diabetes dapat dilakukan dengan beberapa cara. Di antaranya ialah dengan cara melakukan pola hidup sehat dan meminum obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi seperti obat hipoglikemik oral dan insulin yang disuntikan ke dalam jaringan kulit. Cara mengatasi diabetes juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan tradisional yang terbuat dari bahan herbal alami yang terbukti ampuh dalam menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Pada umumnya membuat obat tradisional ini dilakukan dengan cara mengambil sari pati dari tanaman tersebut, kemudian sari pati tersebut diminum secara teratur.



cara mengatasi diabetes
Alat cek gula darah merek Nesco

Cara Mengatasi Diabetes Melitus

Cara mengatasi diabetes melitus yang pertama dapat dilakukan dengan mengatur pola hidup menjadi pola hidup yang sehat. Mengatur pola hidup yang berkaitan dengan penyakit diabetes melitus ini biasanya ialah mengatur pola diet dan berolahraga. Penyakit diabetes melitus sangat berkaitan sekali dengan makanan. Makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah sebaiknya dihindari oleh penderita penyakit diabetes. Makanan yang dimaksud di antaranya ialah sirup, kue tart, nasi putih, dan sebagainya. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu penyebab dari penyakit diabetes melitus ini ialah makanan. Maka dari itu, mengatur makanan yang dimakan menjadi cara mengatasi diabetes melitus yang ampuh.

Selain mengatur makanan yang kita konsumsi, melakukan olahraga juga menjadi kunci penting dalam mengatasi diabetes ini. Berolahraga sesuai kemampuan, tetapi bila dilakukan dengan teratur dapat mengontrol berat badan agar tidak menjadi obesitas karena apabila berat badan menjadi obesitas maka dapat memperparah keadaan penyakit diabetes melitus ini.

Apabila dengan mengatur makanan yang dimakan serta berolahraga masih belum dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh maka langkah selanjutnya yang dapat dilakukan sebagai cara mengatasi diabetes melitus ialah dengan mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah ini umumnya dapat bersifat modern maupun bersifat tradisional. Obat-obatan diabetes yang bersifat modern diperoleh berdasarkan resep dokter karena terbuat dari bahan kimia yang memiliki efek samping. Sedangkan obat-obatan diabetes yang bersifat tradisional dapat kita buat sendiri atau diperoleh dari warung obat tanpa resep dokter karena terbuat dari bahan herbal yang tidak memiliki efek samping sehingga sangat aman untuk digunakan.

Obat-obatan yang bersifat modern ini terbagi lagi menjadi obat hipoglikemik oral dan insulin. Obat hipoglikemik oral merupakan obat yang dikonsumsi dengan cara diminum melalui mulut, sedangkan obat yang berupa insulin diberikan dengan cara disuntikkan ke dalam jaringan kulit. Obat diabetes yang bersifat tradisional umumnya dikonsumsi dengan cara diminum sari patinya.

Contoh obat hipoglikemik oral di antaranya ialah obat golongan sulfonilurea, glinida, dan sebagainya. Obat yang termasuk golongan sulfonilurea ialah glibenclamid, glipizid, gliburid, glikuidon, glimipirid, dan lain-lain. Obat golongan sulfonilurea ini bekerja dengan cara melepaskan insulin dari sel beta, mengurangi kadar glukoagon di dalam serum, dan menghasilkan efek ekstrapankreas untuk memperkuat kinerja insulin pada jaringan yang ditargetkan.

Efek samping yang ditimbulkan dari obat golongan sulfonilurea ini tergolong ringan. Efek samping yang dapat ditimbulkan diantaranya ialah gangguan pada saluran pencernaan dan gangguan saraf pusat. Gangguan saluran pencernaan dapat berupa diare, mual, sakit perut, hipersekresi asam lambung serta sakit kepala. Sedangkan efek samping gangguan susunan saraf pusat dapat berupa, bingung, vertigo, ataksia, dan sebagainya.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Nh2pharma.blogspot.co.id



Terima kasih untuk Like/comment FB :