Cara Mengobati Diabetes dengan Obat Alami

Cara mengobati diabetes dapat dilakukan dengan beberapa cara, baik dengan cara yang tradisional maupun dengan cara yang modern. Cara mengobati diabetes dengan cara yang modern, merupakan serangkaian tindakan yang dilakukan untuk mengobati penyakit diabetes melitus dengan menggunakan alat-alat yang modern dalam mendiagnosa penyakit tersebut, dan memberikan terapi berupa obat-obatan yang berbahan dasar dari bahan kimia. Sedangkan cara mengobati diabetes yang bersifat tradisional biasanya dilakukan dengan cara menggunakan bahan-bahan alami atau tanaman herbal yang telah terbukti khasiatnya dalam mengobati penyakit diabetes melitus.



cara mengobati diabetes
Alat cek gula darah merek GlucoDr

Cara Mengobati Diabetes dengan Obat Alami

Obat diabetes alami merupakan obat-obatan yang berasal dari tanaman yang berkhasiat dalam mengobati penyakit diabetes melitus. Obat diabetes alami ini sangat mudah untuk dibuat sendiri. Umumnya obat ini dibuat dengan cara direbus untuk diambil air rebusannya. Adapula yang dibuat dengan cara diblender, kemudian disaring dan diperas untuk diambil sari patinya, kemudian air rebusan ataupun sari pati dari tanaman herbal untuk diabetes tersebut diminum setiap hari agar mendapatkan hasil yang optimal.

Obat diabetes alami juga terdapat dalam bentuk ekstrak yang dimasukkan ke dalam kapsul atau dibuat menjadi tablet obat sehingga kita tidak perlu repot untuk membuat obat tersebut sendiri. Apalagi bila kemasannya sudah dalam bentuk kapsul atau tablet maka takaran atau dosis yang digunakan pun sudah sesuai dengan anjuran dalam melakukan pengobatan penyakit diabetes melitus. Berbeda halnya bila kita membuat obat tersebut sendiri.

Cara mengobati diabetes dengan obat alami tentunya akan sangat efektif dalam menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus apabila dilakukan secara teratur. Cara mengobati diabetes dengan obat alami yang dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan obat diabetes, di antaranya ialah tanaman buah mengkudu. Tanaman buah mengkudu dapat dijadikan sebagai obat penyakit diabetes melitus karena pada tanaman buah mengkudu ini mengandung senyawa yang bernama proxeroni yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Zat proxeroni ini bekerja dengan cara membuat alkaloid yang dapat dijadikan sebagai kunci dalam membuka pori-pori sel sehingga zat glukosa dapat masuk ke dalam sel dan terserap oleh tubuh. Cara mengobati diabetes dengan menggunakan tanaman buah mengkudu ini dilakukan dengan cara memblender satu buah mengkudu, kemudian disaring, lalu diminum air mengkudu tersebut sebanyak satu gelas.

Cara mengobati diabetes dengan obat alami lainnya dapat diambil dari tanaman kunyit. Tanaman kunyit selain dapat digunakan untuk bumbu dapur saat memasak, juga dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat obat penyakit diabetes melitus. Di dalam kunyit ini mengandung senyawa yang dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh sehingga penyakit ini dapat diobati. Cara membuat obat dari bahan kunyit ialah dengan merebusnya, lalu air rebusan tersebut diminum sebanyak satu gelas.

Cara mengobati diabetes lainnya yang dapat dilakukan ialah dengan membuat obat alami yang berbahan dasar dari daun insulin. Tanaman daun insulin mungkin menjadi tanaman yang langka untuk didapatkan karena tidak banyak orang yang membudidayakan tanaman ini karena belum mengetahui manfaatnya. Namun, seiring perkembangan zaman terungkaplah bahwa tanaman daun insulin ini bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus. Tanaman daun insulin ini dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi dengan cara merangsang tubuh terutama pankreas untuk memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup. Tanaman daun insulin di setiap daerah memiliki nama yang berbeda, di antaranya tanaman daun dinsulin disebut juga dengan rondo semoyo, kayu paik, kipait, harsaga, dan kembang bulan. Cara membuat obat dari bahan ini ialah dengan cara direbus, kemudian air rebusannya diminum sebanyak satu gelas.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Nitips.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :