Cara Menyembuhkan Diabetes Melitus (DM)

Cara menyembuhkan diabetes dapat dilakukan dengan pelbagai cara. Cara menyembuhkan diabetes dapat dilakukan dengan mengubah pola hidup sehingga memiliki pola hidup sehat. Pola hidup sehat ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan cara mengatur pola makan dan memilih makanan jenis tertentu  sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan berolahraga. Cara menyembuhkan diabetes salah satunya dengan memilih jenis makanan tertentu,seperti memilih buah-buahan tertentu yang tidak dapat menyebabkan kadar gula darah menungkat.



cara menyembuhkan diabetes
Alat cek gula darah merek GlucoDr


Buah-buahan yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus umumnya merupakan buah-buahan yang memiliki indeks glikemik rendah. Buah-bauhan ini di antaranya ialah buah kiwi, buah pisang, buah apel, buah strawberry, buah blueberry, dan lain sebagainya. Sedangkan buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi ialah buah-buahan yang mengandung indeks glikemik yang tinggi di antaranya ialah buah durian, buah mangga, dan lain sebagainya.

Cara Menyembuhkan Diabetes Melitus

Cara menyembuhkan diabetes melitus dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi obat penurun kadar gula darah yang tinggi. Obat tersebut di antaranya ialah obat hipoglikemik oral dan obat insulin. Kedua obat ini, dapat dijadikan cara menyembuhkan diabates melitus karena terbukti ampuh dalam menurunkan kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh.

Kadar gula darah ini menyebabkan timbulnya pelbagai gejala yang mengarah pada penyakit diabetes melitus. Gejala tersebut di antaranya ialah adanya rasa haus, sering buang air kecil, penglihatan yang buram, dan lain sebagainya. Agar kadar gula darah di dalam tubuh tidak terus-menerus dalam keadaan tinggi maka harus diobati dengan cara mengonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah tinggi.

Umumnya,penderita penyakit diabetes melitus akan diberikan suatu terapi oleh dokter yang menangani. Dokter biasanya akan memberikan terlebih dahulu terapi berupa obat hipoglikemik oral. Contoh golongan obat sulfonilurea, biguanida, dan lain sebagainya. Namun, agar obat ini dapat bekerja secara optimal maka selain mengonsumsi obat hipoglikemik oral ini harus didukung juga dengan penerapan pola hidup sehat. Terutama asupan makanan yang mengandung gula atau kalori yang tinggi sebaiknya dibatasi.

Apabila dengan mengonsumsi obat hipoglikemik oral tidak dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan maka langkah selanjutnya dapat dilakukan dengan cara memberikan insulin. Insulin merupakan hormon buatan yang diberikan dari luar ke dalam tubuh melalui jaringan kulit dengan menggunakan spuit. Besarnya dosis dan jenis insulin yang digunakan disesuaikan dengan keadaan penderita penyakit tersebut.

Pemberian hormon insulin juga harus disertai dengan pola hidup sehat. Pola hidup yang sehat dapat membuat kondisi tubuh tetap stabil. Hal ini deap dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tidak menyebabkan penyakit diabetes melitus seperti permen, es krim, es campur, kue tart, dan makanan manis lainnya. Dengan tidak mengonsumsi makanan tersebut  sehingga kita dapat secara ampuh mencegah diabetes. Hal ini berkaitan dengan pembatasan untuk mengonsumsi gula. Karena pada umumnya, makanan yang mengandung kadar gula tinggi dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit diabetes melitus. Sebaiknya, gula tebu juga diganti dengan gula jagung yang memiliki kadar rendah kalori. Selain itu, nasi putih juga tidak baik apabila dikonsumsi terlalu banyak. Nasi putih mengandung zat gula yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit diabetes melitus.


Oleh: Bidan Esi
Editor: Adrie Noor
Sumber: Nitips.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :