Ciri Diabetes yang Sebaiknya Diwaspadai

Ciri diabetes menjadi ciri khas yang mengarah pada penyakit diabetes. Penyakit diabetes merupakan sebuah penyakit yang berbahaya bagi manusia. Penyakit diabetes merupakan penyakit yang sudah tidak asing lagi didengar. Penyakit tersebut diakibatkan karena tingginya kadar gula darah dalam tubuh manusia sehingga hal tersebut menyebabkan gangguan dalam tubuh manusia. Penyakit tersebut terjadi karena terdapat kelainan dalam metabolisme tubuh. Penyakit diabetes timbul karena terdapat kadar glukosa yang tinggi di dalam tubuh sehingga menyebabkan penggunaan insulin tidak berjalan dengan baik.



ciri diabetes
Alat cek gula darah merek GlucoDr
 

Berdasarkan beberapa penjelasan dalam dunia medis, diabetes tersebut merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan karena sampai saat ini belum terdapat obat yang tepat untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengenali gejala-gejala awal atau ciri-ciri terkena penyakit tersebut.

Ciri Diabetes Awal

Mudah lelah
Ciri diabetes yang pertama, yaitu mudah lelah. Ciri diabetes ini pada umumnya sering diabaikan oleh masyarakat. Maka dari itu, jika sering merasa mudah lelah hal tersebut perlu diwaspadai akan terdapatnya permasalahan pada salah satu organ tubuh manusia.

Penurunan berat badan
Ciri diabetes yang kedua, yaitu terjadinya penurunan berat badan. Penurunan berat badan tersebut tidak diketahui penyebab pastinya.

Dehidrasi 
Ciri diabetes yang selanjutnya, yaitu dehidrasi atau kehausan. Rasa haus tersebut sering terjadi tanpa ada sebab yang jelas. Diperkirakan dehidrasi tersebut terjadi diakibatkan karena tubuh kehilangan banyak cairan karena seringnya buang air kecil.

Polifagia
Polifagia merupakan salah satu ciri diabetes. Polifagia merupakan sebuah gejala dimana sering kelaparan atau mudah merasa lapar. Penyebab dari mudahnya merasa lapar tersebut mungkin saja karena pengaruh kadar insulin di dalam tubuh.

Penurunan fungsi syaraf
Ciri diabetes yang biasanya terjadi pada penderita diabetes, yaitu fungsi saraf yang mengalami penurunan. Kita harus mewaspadai jika fungsi saraf menurun.  Penurunan fungsi saraf tersebut dapat menyebabkan rasa sakit pada tungkai kaki dan juga sering merasa kesemutan merupakan salah satu akibatnya. Terlebih lagi jika kita tidak merasakan sakit ketika kaki ditusuk jarum gejala tersebut harus benar-benar diwaspadai.

Penurunan daya lihat
Ciri diabetes selanjutnya, yaitu melemahnya penglihatan. Hal tersebut diakibatkan karena terjadinya peningkatan glukosa dalam darah. Peningkatan kadar glukosa tersebut menyebar ke daerah lensa sehingga menyebabkan mata menjadi kurang fokus dan penglihatan sering kabur.

Luka yang susah sembuh
Ciri diabetes yang berikutnya, yaitu apabila terdapat luka pada tubuh, luka tersebut lama sembuh atau lama kering. Hal itu terjadi karena terdapat kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh sehingga darah menjadi mengental dan sulit mengalir ke seluruh tubuh melalui pembuluh yang kecil, dan jika darah tersebut memiliki komponen penting untuk menyembuhkan luka maka penyembuhan luka akan terhambat. Jika luka tersebut tidak segera diatasi akan menimbulkan infeksi yang parah, terlebih lagi jika sampai terdapat bakteri yang terdapat pada infeksi tersebut.

Perubahan warna kulit
Ciri diabetes berikutnya, yaitu terjadinya perubahan warna kulit. Orang yang memiliki diabetes warna kulitnya menjadi gelap terutama di bagian sekitar leher. Hal tersebut diakibatkan karena insulin yang direspons oleh tubuh banyak menghasilkan pigmen.

Setelah mengetahui ciri diabetes  di atas, apabila ciri-ciri tersebut terdapat dalam tubuh Anda, segeralah lakukan pemerikasaan dan pengobatan. Selain itu, kita juga harus melakukan pola hidup sehat sebagai pencegahan agar terhindar dari penyakit tersebut. Contohnya dengan mengatur pola makan, olaraga yang teratur, lakukan pemeriksaan tekanan darah dan gula darah secara rutin untuk mengkontrol gula darah dalam tubuh kita dan juga konsumsilah makanan yang mengandung serat yang tinggi dan hindari makanan atau minuman yang manis dan yang mengandung karbohidrat tinggi.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Hariansehat.com, Arjoena.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :