Ciri Penyakit Diabetes Berdasarkan Medis

Ciri penyakit diabetes umumnya ditandai dengan adanya beberapa keluhan yang dikeluhkan oleh pasien penderita penyakit diabetes. Ciri penyakit diabetes yang paling menonjol dikeluhkan oleh pasien dengan penyakit diabetes melitus, di antaranya ialah sering merasa haus, sering buang air kecil, sering merasa lapar, berat badan yang menurun, pandangan menjadi kabur atau penglihatan yang tidak jelas, sering merasa lelah, dan sebagainya. Semua ciri penyakit diabetes ini, mengarah pada adanya peningkatan kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh sehingga apabila mengalami gejala tersebut maka perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk menetapkan diagnosa.



ciri penyakit diabetes
Alat cek gula darah merek Easy Touch

Ciri Penyakit Diabetes Melitus

Ciri penyakit diabetes seperti kesemutan dapat dirasakan. Namun, gejala ini belum pasti mengarah pada penyakit diabetes melitus. Kesemutan pada penderita penyakit diabetes melitus dapat dirasakan pada tahap awal penyakit tersebut terjadi. Biasanya pasien atau penderita penyakit diabetes melitus akan mengalami kesemutan pada bagian jari-jari tangan dan jari-jari kaki. Adanya kesemutan yang sering dirasakan oleh penderita penyakit diabetes melitus menandakan bahwa adanya kerusakan pada sistem saraf secara perlahan-lahan. Kesemutan sampai dengan mati rasa dapat dirasakan pada bagian tubuh tertentu dari penderita penyakit diabetes melitus.

Ciri penyakit diabetes melitus selanjutnya ialah sering merasa haus dan sering buang air kecil. Orang yang menderita penyakit diabetes melitus akan mengalami rasa haus yang berlebihan seperti orang yang mengalami dehidrasi. Hal ini akan membuat penderita melakukan buang air kecil secara terus-menerus. Bahkan lebih parahnya lagi terdapat penderita yang tidak dapat menahan buang air kecil akibat seringnya buang air kecil.

Penglihatan yang menjadi tidak jelas juga menjadi ciri penyakit diabetes melitus. Penglihatan menjadi tidak jelas dapat terjadi pada penderita penyakit diabetes melitus karena akibat terjadinya kadar gula darah yang tinggi dapat membuat kerusakan pada pembuluh darah, terutama pembuluh darah yang memperdarahi bagian mata atau retina sehingga hal ini dapat membuat terjadinya gangguan penglihatan. Gangguan penglihatan yang dikeluhkan dapat berupa penglihatan yang tidak jelas atau kabur bahkan sampai kepada kebutaan. Namun, bila penglihatan hanya bersifat tidak jelas saja belum sampai kepada kebutaan. Apabila kadar gula darahnya menurun maka keluhan ini akan menghilang atau normal kembali.

Ciri penyakit diabetes melitus yang lainnya, yaitu sering merasa mudah lelah dan mudah emosi. Adanya perasaan mudah lelah dan mudah emosi pada penderita penyakit diabetes melitus terjadi karena adanya pengambilan energi dari metabolisme lemak. Selain itu pada penderita penyakit diabetes akan mengalami kesulitan untuk tidur karena seringnya buang air kecil sehingga menganggu waktu untuk beristirahat. Hal ini dapat menyebabkan penderita penyakit diabetes melitus akan merasa lelah dan mudah emosi.

Ciri penyakit diabetes tersebut merupakan ciri yang paling umum terjadi. Adapun ciri lainnya tetapi jarang terjadi ialah adanya infeksi jamur. Infeksi jamur yang dapat terjadi terutama pada wanita dapat menyerang pada bagian intim wanita. Wanita dengan penyakit diabetes melitus dapat mengalami infeksi jamur pada bagian kemaluannya dan membuat rasa tidak nyaman seperti gatal-gatal pada kemaluannya tersebut.

Sebaiknya kita harus waspada terhadap ciri penyakit diabetes melitus yang terjadi. Apabila terdapat salah satu atau beberapa tanda gejala dari penyakit diabetes melitus maka kita perlu melakukan pemeriksaan yang lebih lanjut untuk memastikan apakah gejala tersebut termasuk ke dalam penyakit diabetes melitus atau bukan.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Gejaladiabetes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :