Definisi Diabetes Melitus dan Penyebabnya

Definisi diabetes melitus ialah suatu penyakit yang terjadi akibat kenaikan kadar gula darah yang tinggi. Definisi diabetes melitus juga berkaitan dengan penyebab dari penyakit tersebut. Diabetes melitus terjadi karena tubuh tidak mampu mengontrol glukosa dalam aliran darah, hal ini menyebabkan terjadinya hiperglikemi yaitu suatu keadaan  kadar gula darah berada dalam level yang tinggi. Selain itu, penyakit ini dapat terjadi karena hormon insulin yang dihasilkan tidak mampu mengolah glukosa menjadi energi.



definisi diabetes melitus
Alat cek gula darah merek GlucoDr

Definisi Diabetes Melitus dan Penyebabnya

Definisi diabetes melitus ialah suatu penyakit yang dapat terjadi akibat dari pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup ini berkaitan dengan makanan dan aktifitas yang dilakukan, sehingga dapat menyebabkan terjadinya penyakit diabetes melitus. Definisi diabetes melitus lain mengemukaakan bahwa penyakit ini merupakan suatu penyakit yang terjadi akibat adanya kadar gula darah yang tinggi. Kadar gula darah ini disebabkan oleh gangguan tubuh dalam memproduksi hormon insulin.

Hormon insulin di dalam tubuh berfungsi dalam metabolisme glukosa. Bila hormon insulin yang diproduksi tidak cukup maka gula akan tertimbun di dalam aliran darah. Hal ini menyebabkan konsentrasi kadar gula darah di dalam tubuh tergolong tinggi. Untuk mengendalikan kadar gula darah yang meningkat maka dapat dilakukan dengan mengontrol makanan. Makanan yang dikonsumsi harus dipilih dengan sebaik mungkin. Makanan rendah gula menjadi yang terbaik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit tersebut. Selain itu, kadar gula darah yang tinggi dapat dikontrol dengan mengonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Definisi diabetes melitus juga berkaitan dengan kemampuan dari organ pankreas dalam memproduksi hormon insulin.Hormon insulin ini sangat besar peranannya dalam metabolisme glukosa. Selain definisi diabetes melitus, terdapat penyebab dari penyakit tersebut. Penyebab penyakit ini masih belum dapat diketahui secara pasti. Namun, penyebab utama dari penyakit ini ialah hormon insulin yang kurang diproduksi dalam tubuh. Selain itu, faktor keturunan juga menjadi penyebab terjadinya penyakit diabetes melitus.

Namun, bila dilihat dari tipe penyakit yang terjadi, diabetes melitus memiliki penyebab yang berbeda. Pada penyakit diabetes melitus tipe 1 disebabkan karena faktor genetik. Biasanya, pada penyakit ini terjadi kerusakan pada organ pankreas  sehingga sel-sel pankreas tidak mampu untuk memproduksi hormon insulin. Akibatnya, kadar gula darah dalam tubuh menjadi meningkat. Pada penyakit diabetes melitus tipe 2, penyabab terjadinya penyakit ini diakibatkan karena pola hidup yang tidak sehat. Biasanya orang yang menderita penyakit diabetes melitus tipe 2 disebabkan oleh makanan yang banyak mengandung gula. Hal tersebut menyebabkan kadar gula darah dalam tubuhnya menjadi meningkat.

Dapat disimpulkan bahwa definisi penyakit diabetes melitus ialah penyakit yang terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat dan penderita memiliki faktor keturunan atau genetik untuk mengidap penyakit tersebut. Namun, orang yang tidak memilikiketurunan terhadap penyakit ini juga dapat terkena penyakit diabetes melitus bila pola hidup yang dijalankan tidak sehat.

Penyebab diabetes melitus sebaiknya mampu dihindari, dengan melakukan olahraga dan memakan makanan yang mengandung gula yang rendah. Hal ini  dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus. Dengan demikian kita dapat menghindari penyakit diabetes mellitus.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: E-jurnal.uajy.ac.id



Terima kasih untuk Like/comment FB :