Pencegahan Diabet Secara Medis dan Alami

Diabet merupakan sebutan nama lain untuk penyakit diabetes atau diabetes melitus atau penyakit kencing manis. Disebut juga dengan penyakit kencing manis karena pada urin penderita penyakit diabet mengandung gula atau glukosa. Diabet itu sendiri terjadi sebagai akibat dari meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh. Diabet menjadi salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat kita. Kebanyakan penyakit diabetes yang timbul pada masa sekarang ini bersumber dari pola hidup yang tidak sehat seperti banyak makan-makanan yang tidak sehat dan kurang beraktivitas.



diabet
Alat cek gula darah merek GlucoDr

Pencegahan Diabet

Pencegahan diabet terletak pada beberapa kunci utama untuk mencegah penyakit diabetes, di antaranya ialah pola hidup sehat, mengurangi konsumsi gula, menjaga berat badan agar tetap ideal, mengkonsumsi makanan yang alami dan, memperbanyak minum air putih.

Pencegahan diabet dengan cara mengatur pola hidup menjadi pola hidup sehat dilakukan dengan senantiasa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Mengatur makanan yang kita makan sehari-hari dan berolahraga menjadi bagian dari pola hidup yang sehat. Berolahraga minimal selama 30 menit setiap hari dapat mempertahankan agar kondisi kadar gula darah di dalam tubuh tidak meningkat. Selain itu, mengatur makanan yang kita makan sehari-hari dan menghindari makanan yang mengandung indeks glikemik yang tinggi juga dapat menghindarkan kita dari penyakit diabet. Makanan yang wajib kita hindari diantarnya ialah permen, siru, es campur, dan makanan manis lainnya.

Mengurangi konsumsi gula juga dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit diabet. Makanan yang mengandung gula umumnya mengandung tinggi kalori. Anda dapat mengganti gula yang tinggi kalori tersebut dengan gula yang rendah kalori seperti gula jagung. Nasi putih juga mengandung gula yang memiliki nilai kalori yang tinggi. Maka dari itu, gantilah nasi putih dengan nasi merah ataupun nasi jagung yang memiliki kalori yang rendah.

Menjaga berat badan agar tetap ideal menjadi cara yang ampuh dalam mencegah penyakit diabetes karena pada berat badan yang berlebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko untuk terkena penyakit diabetes melitus. Apabila anda terlanjur memiliki berat badan yang berlebih maka lakukanlah penurunan berat badan dengan melakukan olahraga. Jangan mengambil cara instan untuk menurunkan berat badan seperti mengkonsumsi obat-obatan pelangsing karena dikhawatirkan obat pelangsing tersebut memberikan efek samping yang negatif terhadap orang yang mengkonsumsinya.

Memperbanyak makan-makanan yang alami seperti sayuran dan buah-buahan juga dapat menjadi cara dalam mencegah penyakit diabet. Sayuran yang cocok dikonsumsi diantaranya ialah sayur bayam, wortel, dan sebagainya. Sedangkan buah-buahan yang aman untuk dikonsumsi ialah buah aprikot, buah kiwi, buah berry, buah pisang, buah nanas, dan sebagainya. Umumnya makanan yang berasal dari sayuran dan buah-buahan memiliki indek glikemik yang rendah sehingga apabila dikonsumsi tidak dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Memperbanyak minum air putih minimal sebanyak delapan gelas sehari dapat menghindarkan kita dari penyakit diabetes melitus. Minum air putih juga sebenarnya tidak hanya dapat mencegah kita dari penyakit diabetes melitus melainkan dapat mencegah kita dari penyakit degeneratif lainnya seperti jantung, ginjal, dan sebagainya. Air putih sebenarnya merupakan minuman yang terbaik dibandingkan berbagai jenis air minum lainnya. Air putih yang diminum tentunya merupakan air putih yang baik. Air putih yang baik memiliki ciri tidak berasa, tidak berwarna, dan tidak berbau. Hal inilah yang menjadikan dasar dalam memilih air putih.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Nitips.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :