Diabetes Adalah Penyakit yang Berbahaya

Diabetes adalah penyakit yang diakibatkan dari meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh. Diabetes adalah penyakit yang menyerang tubuh dengan memengaruhi tingkat gula darah. Secara normal pankreas akan memproduksi hormon insulin yang berpengaruh terhadap transportasi gula atau glukosa melalui darah ke otot-otot dan jaringan lainnya untuk memasok energi. Diabetes adalah gangguan metabolisme dari penyebaran glukosa dari dalam tubuh. Pada orang yang terkena penyakit diabetes, pankreasnya ada yang masih dapat memproduksi hormon insulin adapula yang tidak mampu memproduksi insulin sehingga hormon insulin yang ada di dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus tidak dapat digunakan secara efektif untuk distribusi gula.



diabetes adalah penyakit
Alat cek gula darah merek GlucoDr


Akibat keadaan ini maka dapat terjadi kelebihan kadar gula di dalam darah. Apabila keadaan ini dibiarkan secara berlarut-larut maka dapat menimbulkan tubuh mengalami gangguan kesehatan. Kadar gula darah dalam tubuh yang meningkat secara kronis dapat menjadi racun bagi tubuh itu sendiri. Gula darah yang berlebihan tersebut akan melimpah ke dalam sistem urin untuk dibuang bersamaan melalui urin sehingga pada penderita penyakit diabetes air urinnya mengandung glukosa atau gula. Hal ini pula yang menyebabkan penyakit diabetes disebut juga dengan penyakit kencing manis.

Komplikasi Diabetes Adalah Penyakit yang Tidak Diharapkan

Komplikasi dari penyakit diabetes sebaiknya dihindari karena apabila sudah terjadi komplikasi diabetes maka penyakit diabetes yang diderita menjadi sangat sulit untuk disembuhkan. Komplikasi dari diabetes adalah adanya kerusakan saraf, kerusakan pada organ otak, penyakit jantung, gangguan pada mata, gangguan pencernaan, impotensi, mudah terinfeksi, komplikasi pada bagian mulut, kelainan kulit seperti gatal-gatal di daerah kemaluan, dan luka yang mudah membusuk karena mengalami infeksi.

Kita perlu mengetahui tanda gejala dari penyakit diabetes sebelum menjadi komplikasi diabetes. Tanda atau gejala dari diabetes yang dapat terjadi diantaranya ialah sering merasa haus, sering merasa lapar, sering buang air kecil terutama di malam hari, mudah mengalami penurunan berat badan dengan cepat, sering mengalami infeksi, sering mengalami keputihan, terdapat luka atau luka memar yang sulit untuk sembuh, kulit menjadi kering atau gatal-gatal, atau bisul. Hal-hal tersebut adalah komplikasi diabetes yang bersifat fatal apabila terjadi pada penderita penyakit diabetes.

Penyakit diabetes adalah penyakit yang sebagian besar menyerang baik orang dewasa maupun lansia. Bahkan terdapat penyakit diabetes yang menyerang pada anak-anak. Biasanya penyakit diabetes yang menyerang pada anak-anak ialah diabetes tipe 1. Diabetes tipe 1 yang teradi pada anak-anak biasanya dikarenakan oleh pankreasnya yang telah rusak, dan biasanya juga peyakit diabetes menyerang pada anak-anak yang orangtuanya memiliki penyakit diabetes mellitus sehingga penyakit tersebut diturunkan kepada anaknya. Maka dari itu, penyakit diabetes melitus sering disebut juga sebagai penyakit degeneratif atau penyakit keturunan.

Apabila terjadi penyakit diabetes tipe 1 baik pada anak-anak maupun orang dewasa, biasanya diberikan terapi dengan pemberian obat-obatan penurun gula darah seperti suntikan insulin. Suntikan insulin ini menjadi pengganti fungsi pankreas dalam memproduksi hormon insulin. Dengan adanya hormon insulin dapat membantu dalam proses metabolisme glukosa yang ada dalam tubuh penderita penyakit diabetes. Apabila terapi yang dilakukan pada penderita penyakit diabetes tipe 1 tersebut tidak dilakukan secara adekuat maka dapat terjadi komplikasi dari penyakit diabetes. Komplikasi diabetes yang dapat terjadi bergantung pada keparahan penyakit diabetes melitus yang terjadi.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Gejaladiabetes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :