Diabetes Akut (Langkah Pencegahan Efektif)

Diabetes akut merupakan suatu keadaan kadar gula darah yang tinggi telah mengendap atau tertimbun di dalam pembuluh darah dalam pada waktu yang singkat. Diabetes akut dapat terjadi secara tiba-tiba, kadar gula darah dapat meningkat diatas normal. Diabetes akut dapat dimulai dengan terjadinya kenaikan kadar gula darah, kemudian terjadi tanda gejala yang mengarah pada penyakit diabetes melitus. Tanda gejala tersebut di antaranya sering buang air kecil terutama pada malam hari, sering merasa haus, sering merasa lapar, sering merasa lemas, dan lain sebagainya.



diabetes akut
Alat cek gula darah merek Easy Touch

Cara Mencegah Diabetes Akut

Cara mencegah diabetes akut umumnya dilakukan sama dengan cara mencegah penyakit diabetes melitus. Cara mencegah diabetes akut yang baik untuk dilakukan ialah dnegan mengatur pola diet. Pola diet yang terbaik untuk dilakukan agar dapat mencegah diabetes akut ialah diet rendah kalori. Bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi, sesekali Anda masih diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalori namun, dalam jumlah yang terbatas sehingga total kalori yang Anda dapatkan tidak melebihi jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh sehari-hari.

Selain mengatur jumlah kalori yang dimasukkan dalam tubuh melalui makanan, cara mencegah diabetes akut juga dapat Anda lakukan dengan cara melakukan olahraga yang teratur. Namun, ingat apabila Anda berolahraga mungkin akan membutuhkan asupan kalori yang lebih dari pada biasanya. Karena sebagian kalori akan terkuras habis melalui olahraga. Pada orang yang melakukan olahraga akan membutuhkan kalori tambahan kurang lebih sebanyak 300 kkal. Namun, jangan sampai Anda menambah kalori lebih daripada itu.

Anda dapat memperoleh kalori dari pelbagai sumber makanan. Namun kalori yang terbaik untuk mencegah penyakit diabetes di dapatkan dari makanan untuk penderita penyakit diabetes melitus itu sendiri. Makanan seperti beras merah, oats, sorghum, roti, dan sereal dapat dijadikan sebagai makanan pokok sehari-hari. Sebaiknya Anda ganti nasi putih dengan makanan tersebut karena makanan yang telah disebutkan diatas merupakan makanan yang mengandung kalori rendah atau indeks glikemik yang rendah sehingga dapat mengontrol kadar gula darah agar tetap berada pada kadar gula darah yang normal.

Karbohidrat yang memiliki banyak serat dapat memberikan lebih banyak tenaga dibandingkan dengan kita mengonsumsi nasi biasa. Selain itu, karbohidrat yang kaya serat sangat baik untuk sistem pencernaan. Hal ini dapat membuat Anda tidak mudah merasa lapar dan tidak mudah mengantuk. Karbohidrat kaya serat seperti beras merah juga dapat membuat Anda merasakan hal ini, selain itu beras merah juga tidak dapat menyebabkan kegemukan atau kelebihan berat badan karena kalori yang dihasilkan dari beras merah ini lebih rendah dibandingkan dengan mengonsumsi nasi biasa.

Selain mengonsumsi karbohidrat yang kaya akan serat, Anda juga dapat mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang segar. Buah-buahan yang dianjurkan ialah buah-buahan yang mengandung proxeronin dan magnesium. Buah-buahan yang mengandung proxeronin dan dapat merevitalisasi pankreas, sedangkan buah-buahan yang mengandung magnesium dapat menekan kadar gula dalam darah agar tidak meningkat.

Kandungan proxeroni terdapat dalam buah mengkudu. Sudah tidak aneh lagi bahwa buah mengkudu merupakan salah satu buah-buahan yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes mellitus sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Selain itu dengan mengonsumsi buah mengkudu juga kita dapat mencegah penyakit diabetes akut.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Deherba.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :