Diabetes Apa ? (Penjelasan Kedokteran)

Diabetes apa ? Menjadi suatu pertanyaan yang sering dilontarkan oleh masyarakat. Sosialisasi tentang diabetes apa ? Oleh pihak pemerintah terutama mereka yang bergelut dalam dunia kesehatan dirasakan masih kurang. Namun, di era yang serba modern ini semua informasi termasuk untuk mengetahui diabetes apa dapat diakses dengan mudah. Namun hal ini akan menjadi sulit bila dilakukan oleh masyarakat yang kurang mengerti tentang penggunaan internet sehingga diperlukan bantuan dari petugas kesehatan untuk menyebarluaskan informasi kesehatan, khususnya tentang diabetes apa.



diabetes apa ?
Alat cek gula darah merek Nesco


Hal-hal yang perlu diketahui tentang diabetes apa ? Di antaranya ialah mengenai pengertian diabetes, penyebab dari diabetes, epidemiologi dari diabetes, cara mencegah diabetes, cara mengobati diabetes, dan lain sebagainya. Begitu luasnya pengetahuan tentang diabetes apa, pengetahuan ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus.

Dengan mengetahui pencegahan diabetes apa ? Kita dapat melakukan pencegahan terhadap diabetes sebelum terkena penyakit tersebut. Pencegahan lebih baik dari pada pengobatan, pepetah ini juga berlaku untuk penyakit diabetes. Mencegah penyakit diabetes lebih baik dari pada mengobati penyakit tersebut sehingga, kita dapat memelihara kesehatan kita agar sehat selalu dan terhindar dari pelbagaipenyakit termasuk penyakit diabetes melitus.

Penyebab Diabetes Apa ?

Pelbagai penyabab yang dapat menyebabkan penyakit diabetes. Namun, pada umumnya penyakit diabetes disebabkan oleh faktor keturunan dan pola hidup yang tidak sehat. Penyebab diabetes apa ? Sampai saat ini belum diketahui apa yang menjadi penyebab pasti dari penyakit diabetes melitus. Namun, biasanya terdapat faktor yang dapat menyebabkan penyakit diabetes ini.

Salah satu faktor yang dapat mencetuskan penyakit diabetes melitus ialah mengonsumsi makanan yang tinggi kalori atau dengan indeks glikemik yang tinggi, dan kelebihan berat badan atau obesitas. Keduanya dapat menjadi faktor pencetus utama dalam menimbulkan penyakit diabetes melitus.

Namun, terdapat juga penyebab diabetes apa yang berkaitan dengan jenis atau tipe dari penyakit diabetes melitus. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit diabetes melitus terdiri dari dua tipe, yaitu penyakit diabetes melitus tipe 1 dan penyakit diabetes melitus tipe 2. Penyakit diabetes melitus tipe 1 disebabkan karena kerusakan dari sel-sel beta pankreas sehingga pankreas tidak mampu untuk memproduksi insulin. Insulin itu sendiri di dalam tubuh berfungsi untuk transportasiasi glukosa dari darah menuju sel-sel tubuh untuk diolah menjadi energi. Dikarenakan tidak ada insulin di dalam tubuh, mengakibatkan glukosa tertimbun di dalam darah sehingga menyebabkan kadar gula darah akan meningkat.

Pada penderita penyakit diabetes melitus tipe 1, memerlukan pengobatan berupa penyuntikkan insulin yang berasal dari luar tubuh. Tentunya hal ini harus dilakukan secara rutin bahkan ada yang harus dilakukan setiap hari bila dosis insulin yang diberikan ialah dosis yang rendah. Hal ini akan membutuhkan biaya yang besar.

Untuk penyakit diabetes melitus tipe 2 disebabkan karena pasokan dari insulin di dalam tubuh tidak mencukupi untuk proses transportasiasi glukosa. Tetapi, pada penderita penyakit diabetes melitus tipe 2 tidak bergantung pada pasokan insulin untuk pengobatan. Sebagian besar kasus penyakit diabetes melitus ini merupakan diabetes melitus tipe 2. Penyakit diabetes melitus tipe 2 tidak memberiksn gejala yang spesifik sehingga kebanyakan penderita menyadari bahwa dirinya telah menderita penyakit diabetes melitus tipe 2. Diabetes melitus tipe 2 ini tidak hanya menyerang remaja dan dewasa, bahkan anak-anak juga dapat terkena penyakit tersebut.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Dokita.co



Terima kasih untuk Like/comment FB :