Diabetes Apakah Bisa Menular Pada Anak-anak ?

Diabetes apakah bisa menular ? Hal ini sering ditanyakan oleh sebagian masyarakat yang belum mengetahui lebih dalam tentang penyakit diabetes melitus. Sebenarnya, penyakit diabetes melitus ini tidak menular namun penyakit diabetes melitus ini dapat diturunkan secara genetik. Dan penyakit tersebut akan muncul apabila terdapat faktor pencetus dari penyakit diabetes melitus. Diabetes apakah bisa menular ? Tentu penyakit ini tidak dapat menular. Penyakit diabetes melitus timbul sebagai adanya faktor yang menyebabkan penyakit diabetes pada tubuh orang tersebut. Faktor yang sering menyebabkan orang terkena penyakit diabetes melitus di antaranya ialah makanan yang mengandung gula tinggi dan kelebihan berat badan atau obesitas.


diabetes apakah bisa menular
Alat cek gula darah merek Nesco


Diabetes Apakah Bisa Menular Pada Anak-anak ?

Diabetes apakah bisa menular pada anak-anak ? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa penyakit diabetes melitus bukan merupakan penyakit menular. Namun, penyakit diabetes melitus ini dapat terjadi pada anak-anak. Umumnya, penyakit diabetes melitus yang terjadi pada anak-anak diakibatkan karena pada anak-anak tersebut terdapat riwayat penyakit diabetes melitus dalam keluarganya. Penyakit diabetes melitus yang terjadi pada anak-anak ialah penyakit diabetes melitus tipe 1 atau juvenile.

Penyakit diabetes melitus yang terjadi pada anak-anak ditandai dengan adanya 3 P yaitu polidipsi, polifagi, dan poliuri. Polidipsi meruapakan gejala  anak-anak merasakan haus dan ia minum seperti orang yang mengalami dehidrasi. Polifagi merupakan gejala  anak-anak yang menderita penyakit diabetes melitus merasa lapar yang berlebihan  sehingga anak tersebut makan banyak. Walaupun makan dalam jumlah yang banyak namun anak-anak tersebut memiliki tubuh yang kecil bahkan ia sering mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis. Poliuri merupakan suatu gejala  anak-anak yang menderita penyakit diabetes melitus melakukan buang air kecil dengan frekuensi yang tinggi bahkan mereka sering buang air kecil pada malam hari. Itulah ketiga ciri dari penyakit diabetes melitus yang terjadi pada anak-anak.

Diabetes Apakah Bisa Menular Pada Remaja ?

Diabetes apakah bisa menular pada remaja ? Tentu saja tidak. Penyakit diabetes tidak menular pada remaja. Namun, remaja pun dapat berisiko terkena penyakit diabetes melitus apabila terdapat faktor pencetus dari penyakit tersebut. Makan- makanan yang mengandung kalori tinggi atau gula yang tinggi dapat membuat kadar gula darah dalam tubuh menjadi meningkat. Apabila hal ini dilakukan dalam jangka waktu yang panjang maka dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin. Resistensi insulin  insulin dalam jumlah yang normal tidak mampu mengangkut glukosa ke dalam sel-sel untuk diubah menjadi energi sehingga kadar gula darah dalam tubuh remaja tersebut tetap tergolong tinggi.

Diabetes Apakah Bisa Menular Pada Orang Dewasa ?

Diabetes apakah menular pada orang dewasa ? Tentu saja tidak. Diabetes tidak akan menular pada orang dewasa namun penyakit diabetes ini dapat di derita oleh orang dewasa. Faktor kelebihan berat badan menjadi salah satu faktor yang memicu terjadinya penyakit diabetes melitus pada orang dewasa. Penyakit ini dapat timbul juga sebagai akibat dari mengonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik yang tinggi seperti kue tart, sirup, dan lain sebagainya.

Setelah kita perhatikan semua kalangan usia dapat berisiko terkena penyakit diabetes melitus. Untuk itu, sangatlah penting bagi kita untuk melakukan tindakan pencegahan penyakit diabetes melitus dengan cara menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Dokita.co



Terima kasih untuk Like/comment FB :