Diabetes Artinya dan Cara Mengobatinya

Diabetes artinya penyakit yang disebabkan karena pelbagai faktor yang mengakibatkan kadar gula darah menjadi meningkat atau tinggi. Diabetes artinya sebagai penyakit yang terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat. Selain itu, terdapat faktor genetik atau keturunan yang mendukung untuk timbulnya penyakit diabetes melitus ini. Penyakit diabetes melitus ini juga disebut dengan kencing manis atau penyakit gula. Penyakit kencing manis atau gula karena pada urine penderita penyakit diabetes melitus ini mengandung gula atau glukosa. Hal ini merupakan tanda gejala dari penyakit diabetes melitus.



diabetes artinya
Alat cek gula darah merek GlucoDr


Diabetes artinya pancuran air yang merupakan arti dari diabetes menurut bahasa latin. Selain itu, diabetes berarti penyakit yang terjadi dari gangguan metabolik di dalam tubuh. Hal ini juga di dukung dengan adanya faktor pencetus yang menyebabkan terjadinya penyakit diabetes melitus. Faktor yang dapat mencetuskan penyakit diabetes melitus ini di antaranya ialah mengonsumsi makanan yang mengandung kalori dan glukosa yang tinggi serta berat badan berlebihan atau obesitas.

Diabetes Artinya dan Penyebabnya

Diabetes artinya pancuran air. Selain itu diabetes disebut juga dengan kencing manis. Sebutan-sebutan diabetes tersebut, semua artinya mengarah pada kadar glukosa yang tinggi. Kadar glukosa yang tinggi dapat disebabkan oleh beberapa sebab. Sampai saat ini, belum ada yang mengetahui penyebab pasti dari timbulnya penyakit diabetes melitus ini. Umumnya, yang menjadi penyebab penyakit diabetes melitus ialah karenapelbagai faktor atau multifaktorial yang tidak dapat berdiri sendiri.  Diabetes artinya penyakit yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah diatas normal. Kadar gula darah dapat meningkat hingga diatas normal oleh karena beberapa sebab. Apabila dilihat dari tipenya, penyakit diabetes melitus disebabkan karena dua sebab, yaitu kerusakan sel beta pankreas atau resistensi insulin.

Penyebab penyakit diabetes melitus yang disebabkan karena kerusakan sel-sel beta pankreas ialah penyakit diabetes melitus tipe 1. Sedangkan penyakit diabetes melitus yang disebabkan karena resistensi insulin ialah penyakit diabetes melitus tipe 2. Kedua keadaan ini dapat menyebabkan terjadinya kenaikan kadar gula darah yang tinggi.

Diabetes Artinya dan Cara Mengobatinya

Diabetes artinya pancuran air. Cara mengobati penyakit diabetes melitus ialah dnegan mengonsumsi obat hipoglikemik oral atau dengan menguntikkan insulin. Dalam melakukan terpai penyakit diabetes melitus, penderita penyakit diabetes melitus juga dituntut untuk selalu menerapkan pola hidup sehat terutama yang berhubungan dengan pengaturan pola makan dan olahgara. Karena dengan melakukan olahraga teratur dan menjaga asupan makanannya dapat membuat kadar gula darah dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus menjadi lebih terkontrol.

Obat hipoglikemik oral atau OHO merupakan obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. obat hipoglikemik oral ini terdiri dari beberapa golongan di antaranya sulfonilurea, biguanida, dan lain sebagainya. Obat-obatan ini biasanya dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus tipe 2. Sedangkan penyakit diabetes melitus tipe 1 banyak melakukan pengobatan dengan cara melakukan penyuntikkan hormon insulin.

Hormon insulin yang diberikan merupakan hormon insulin buatan yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam kurun waktu tertentu. Ada pelbagai jenis insulin di antaranya ada insulin yang bekerja cepat, insulin yang berkeja sedang, dan insulin yang bekerja lambat. Semua jenis insulin ini dapat digunakan dalam jangka waktu tertentu sehingga penyuntikkan insulin ini harus dilakukan secara berkelanjutan. Apabila harus dilakukan secara terus menerus maka diperlukan biaya yang cukup besar untuk melakukan pengobatan penyakit tersebut.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Dokita.co



Terima kasih untuk Like/comment FB :