Diabetes Basah adalah Penyakit Gula Darah Tinggi

Diabetes basah ialah suatu keadaan  penderita penyakit diabetes yang memiliki luka infeksi dan tidak sembuh. Luka infeksi tersebut tidak dapat kering karena kadar gula darah yang tinggi dapat membuat luka tersebut sulit untuk sembuh bahkan cenderung mudah sekali untuk terkena infeksi. Penyakit diabetes basah merupakan sebutan oleh masyarakat bagi orang yang memiliki penyakit diabetes dengan luka yang tak kunjung sembuh. Diabetes basah adalah penyakit yang masih tergolong ke dalam penyakit diabetes melitus. Penyakit diabetes basah ini dapat timbul diawali dengan adanya luka kemudian luka tersebut mengalami infeksi  sehingga sulit untuk disembuhkan.



diabetes basah adalah penyakit
Alat cek gula darah merek GlucoDr


Diabetes Basah adalah Penyakit Gula Darah Tinggi

Diabetes basah adalah penyakit gula darah tinggi. Penyakit ini disebabkan karena beberapa hal seperti kerusakan organ pankreas ataupun karena terjadinya resistensi insulin. Resistensi insulin ialah suatu keadaan  insulin diproduksi dalam jumlah yang normal namun tidak mampu mengangkut glukosa atau zat gula dari darah menuju ke sel-sel untuk diubah menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Diabetes basah sangat sulit untuk diobati. Namun, penyembuhan luka dari penyakit diabetes basah dapat tercapai bila kondisi dari kadar gula darah menurun. Kadar gula darah ini dapat diturunkan dengan cara mengatur pola makan, berolahraga, dan mengonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Dengan demikian, kadar gula darah yang tinggi dari penderita penyakit diabetes basah dapat diturunkan dan luka yang ada pada penderita penyakit diabetes basah secara perlahan-lahan dapat disembuhkan.

Penyakit diabetes dapat dikontrol dengan mengatur makanan yang kita makan sehari-hari. Makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes umumnya makanan yang mengandung indeks glikemik rendah dan kalori yang rendah. Makanan yang mengandung kalori dan indeks glikemik yang rendah di antaranya ialah nasi merah, ubi jalar, kentang, dan lain sebagainya. Makanan tersebut dapat di makan untuk menggantikan makanan pokok sehari-hari, seperti nasi putih. Apabila dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah mengandung karbohidrat komplek serta kaya akan serat sehingga bila dikonsumsi tidak dapat meningkatkan kadar gula darah dibandingkan dengan nasi putih yang sangat mudah sekali meningkatkan kadar gula darah.

Olahraga juga dapat mengontrol penyakit diabetes melitus. Sekarang ini terdapat senam diabetes yang dapat dilakukan oleh penderita penyakit diabetes melitus. Olahraga sebaiknya dilakukan karena dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Selain itu, dengan melakukan senam diabetes dapat merangsang tubuh agar memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup untuk mentransfer glukosa ke dalam sel-sel tubuh sehingga kadar gula darah yang tinggi dapat turun dan penyakit diabetes melitus dapat di kontrol.

Penyakit diabetes basah memiliki tanda gejala yang sama dengan penyakit diabetes melitus pada umumnya. Karena penyakit diabetes basah ini bermula dari peningkatan kadar gula darah kemudian menjadi penyakit diabetes. Apabila timbul luka yang sulit sembuh maka dapat menjadi penyakit diabetes melitus basah. Dari asal usul terjadinya penyakit diabetes melitus basah, tindakan pencegahan dan pengobatannya sama dengan penyakit diabetes melitus basah.

Pengobatan dari penyakit diabetes melitus basah dilakukan dengan pola hidup sehat, megkonsumsi obat hipoglikemik oral bahkan sampai pada pemberian terapi insulin. Hal ini bergantung pada kondisi pasien penyakit diabetes melitus. Apabila terapi tersebut dijalankan dengan baik maka penyakit tersebut dapat dikontrol.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Dokita.co



Terima kasih untuk Like/comment FB :