Diabetes dan Gejala Umum yang Sering Terjadi

Diabetes dan gejalanya perlu kita ketahui agar kita dapat mendeteksi secara dini penyakit diabetes melitus ini. Diabetes dan gejalanya akan muncul apabila kadar gula darah dalam tubuh penderitanya meningkat. Penyakit diabetes terdapat pada sekitar 1% wanita usia reproduksi dan 1–2% di antaranya akan menderita diabetes gestasional. Diabetes melitus (DM) merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia (meningkatanya kadar gula darah) yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau keduanya.



diabetes dan gejalanya
Alat cek gula darah merek Nesco

Diabetes dan Gejalanya yang Umum Terjadi

Diabetes dan gejalanya yang umum terjadi sering tidak kita sadari. Namun, demikian ada beberapa diabetes gejalanya yang harus diwaspadai sebagai isyarat kemungkinan diabetes. Gejala tipikal yang sering dirasakan penderita diabetes antara lain poliuria (sering buang air kecil), polidipsia (sering haus), dan polifagia (banyak makan/mudah lapar). Selain itu, sering pula muncul keluhan penglihatan kabur, koordinasi gerak anggota tubuh terganggu, kesemutan pada tangan atau kaki, timbul gatal-gatal yang seringkali sangat mengganggu (pruritus), dan berat badan menurun tanpa sebab yang jelas. Terkadang gejala diabetes dapat disertai dengan disfungsi ereksi pada pria, dan pruritus vulvae serta keputihan pada wanita.

Diabetes dan gejalanya tersebut dapat terjadi dengan penjelasan sebagai berikut:

Berat badan yang menurun
Diabetes dan gejalanya yang pertama ialah terjadinya penurunan berat badan. Apabila pada seseorang atau diri Anda sendiri terjadi penurunan berat badan yang drastis dalam waktu singkat, Anda harus curiga terhadap adanya penyakit diabetes melitus. Terjadinya penurunan berat badan yang drastis ini dapat disebabkan karena kadar glukosa di dalam darah tidak mampu untuk menembus sel-sel sehingga sel-sel dalam tubuh mengalami kekurangan bahan bakar untuk tenaganya sehingga untuk mendapatkan energi maka tubuh mengambil sumber tenaga yang berasal dari lemak dan otot. Maka yang terjadi ialah orang tersebut tampak terlihat kurus karena kehilangan jaringan lemak.

Sering buang air kecil
Diabetes dan gejalanya yang kedua ialah sering buang air kecil. Adanya perasaan ingin berkemih menyebabkan Anda sering buang air kecil terutama pada malam hari  hal itu patut dicurigai sebagai gejala dari penyakit diabetes. Seringnya buang air kecil ini diakibatkan karena kadar gula darah yang tinggi.

Sering minum
Diabetes dan gejalanya yang ketiga ialah adanya rasa haus yang membuat Anda sering minum. Rasa haus ini terjadi sebagai akibat dari banyaknya cairan yang keluar melalui air urine. Namun, banyak yang mengira bahwa rasa haus yang terjadi akibat dari beban kerja atau aktivitas yang dilakukan ataupun dari udara panas yang dirasakan, yang membuat Anda sering minum.

Sering merasa lapar
Diabetes dan gejalanya yang keempat ialah sering merasa lapar sehingga membuat Anda banyak makan. Makanan yang dimakan tersebut tidak seluruhnya diolah menjadi energi akibat dari kadar gula darah yang tinggi, akibatnya Anda akan selalu merasa lapar.

Gangguan saraf tepi atau kesemutan
Diabetes dan gejalanya yang kelima ialah gangguan saraf tepi atau kesemutan. Biasanya orang yang mengalami peningkatan kadar gula darah akan mengeluh kesemutan atau merasa sakit pada bagian kaki terutama pada malam hari. Selain itu, gangguan saraf tepi juga dapat berupa gangguan penglihatan. Gangguan penglihatan yang terjadi dapat berupa penglihatan yang tidak jelas sehingga Anda diharuskan menggunakan kacamata atau mengganti kacamata berulang kali agar penglihatan tetap jelas.

Gatal atau bisul
Diabetes dan gejalanya yang keenam ialah gatal atau bisul. Kelainan kulit berupa gatal, biasanya terjadi di daerah kemaluan atau daerah lipatan kulit seperti ketiak dan di bawah payudara. Sering pula dikeluhkan timbulnya bisul dan luka yang lama sembuhnya. Luka ini dapat timbul akibat hal yang sepele seperti luka lecet karena sepatu atau tertusuk peniti.

Gangguan Ereksi
Diabetes dan gejalanya yang ketujuh ialah gangguan ereksi. Gangguan ereksi ini menjadi masalah tersembunyi karena sering tidak secara terus terang dikemukakan penderitanya. Hal ini terkait dengan budaya masyarakat yang masih merasa tabu membicarakan masalah seks, apalagi menyangkut kemampuan atau kejantanan seseorang.

Keputihan
Diabetes dan gejalanya yang kedelapan ialah keputihan. Pada wanita, keputihan dan gatal merupakan keluhan yang sering ditemukan dan kadang-kadang merupakan satu-satunya gejala yang dirasakan.

Namun, menurut tipe diabetes yang terjadi, gejalanya dibedakan menjadi:
  • Pada DM Tipe I gejala klasik yang umum dikeluhkan adalah poliuria, polidipsia, polifagia, penurunan berat badan, cepat merasa lelah (fatigue), iritabilitas, dan pruritus (gatal-gatal pada kulit);
  • Pada DM Tipe 2 gejala yang dikeluhkan umumnya hampir tidak ada. DM Tipe 2 seringkali muncul tanpa diketahui dan penanganan baru dimulai beberapa tahun kemudian ketika penyakit sudah berkembang dan komplikasi sudah terjadi. Penderita DM Tipe 2 umumnya lebih mudah terkena infeksi, sukar sembuh dari luka, daya penglihatan makin buruk dan umumnya menderita hipertensi, hiperlipidemia, obesitas serta komplikasi pada pembuluh darah dan syaraf.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: gejaladiabetes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :