Diabetes dan Obatnya (Kimiawi dan Herbal)

Diabetes dan obatnya menjadi suatu kesatuan yang tak terpisahkan. Apabila terdiagnosa penyakit DM maka dibutuhkan obat untuk mengobati penyakit ini. Diabetes dan obatnya ini menjadi kunci dalam keberhasilan terapi penyakit diabetes melitus. Diabetes dan obatnya dapat dikonsumsi baik secara oral maupun disuntikkan melalui jaringan kulit. Hal ini bergantung pada kondisi dari penderita penyakit diabetes melitus itu sendiri dan tipe dari penyakit diabetes melitus yang diderita.



diabetes dan obatnya
Alat cek gula darah merek Nesco


Pada umumnya diabetes dan obatnya yang digunakan untuk mengobati penyakit diabetes melitus, berbahan dasar dari bahan kimia. Namun, kini banyak juga obat diabetes melitus yang dibuat dari bahan herbal. Adanya obat diabetes yang berbahan herbal membuat banyak masyarakat menggunakan obat herbal ini dikarenakan obat herbal tidak memiliki efek samping dibandingkan dengan obat yang berbahan dasar dari bahan kimia.

Diabetes dan Obatnya yang Ampuh

Diabetes dan obatnya yang ampuh bergantung pada kondisi penderita penyakit diabetes melitus dan kondisi dari penyakitnya tersebut. Pada penderita penyakit diabetes melitus selain diberikan obat untuk mengontrol kadar gula darah, juga diwajibkan untuk melakukan pola hidup sehat agar kadar gula darah tidak meningkat kembali. Kadar gula darah dapat turun apabila diberikan obat penurun kadar gula darah. Namun, hal ini akan bersifat sementara apabila tidak di dukung dengan pola hidup sehat terutama yang berkaitan dengan asupan makanan.

Asupan makanan menjadi faktor yang penting dalam melakukan pengobatan penyakit diabetes melitus. Pada penderita penyakit diabetes melitus dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung rendah kalori dan indeks glikemik yang rendah agar kadar gula darah tidak meningkat. Contoh makanan yang dimaksud ialah nasi merah, umbi-umbian, buah pisang, dan lain sebagainya.

Selain mengonsumsi obat-obatan penurun kadar gula darah dan mengatur asupan makanan, olahraga juga perlu dilakukan oleh penderita penyakit diabetes melitus. Olahraga yang cocok untuk dilakukan oleh penderita penyakit diabetes melitus di antaranya ialah senam diabetes. Sebenarnya tidak hanya senam olahraga lain pun seperti jogging, jalan santai dan lain-lain dapat dilakukan oleh penderita penyakit diabetes melitus untuk mengontrol kadar gula darahnya.

Diabetes dan obatnya yang ampuh tidak hanya terpatok pada satu jenis obat saja. Diperlukan beberapa kombinasi obat-obatan yang disesuaikan dengan kondisi pasien dan kondisi penyakit diabetes itu sendiri. Namun, pada umumnya untuk penderita penyakit diabetes melitus tipe 2 akan diberikan terapi berupa obat-obatan hipoglikemik oral yang disertai dengan penerapan pola hidup sehat, sedangkan untuk penderita penyakit diabetes melitus tipe 1 biasanya akan diberikan terapi berupa suntikkan insulin yang disertai dengan penerapan pola hidup sehat. Pada penderita penyakit diabetes melitus tipe 1 tidak akan efektif bila diberikan obat hipoglikemik oral. Hal itu karena pada penderita penyakit diabetes melitus tipe 1 terjadi kerusakan pada organ pankreas sehingga tidak mampu memproduksi insulin itu sendiri dari dalam tubuhnya sehingga diperlukan insulin dari luar tubuhnya.

Diabetes dan obatnya yang ampuh juga dapat dikombinasikan dengan obat-obatan herbal. Obat-obatan herbal ini biasanya dibuat dari tanaman yang berkhasiat untuk dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Beberpa tanaman tersebut di antaranya ialah buah mengkudu, kunyit, daun insulin, mahkota dewa, dan lain sebagainya. Tanaman tersebut mengandung senyawa yang dapat menurunkan kadar gula darahnya. Apabila digunakan bersamaan obat dari dokter pun akan tetap aman karena tidak menimbulkan efek samping.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: gejaladiabetes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :