Diabetes Gula dan Faktor Penyebabnya

Diabetes gula dalam istilah kedokteran dikenal sebagai Diabetes melitus. Saat ini, tidak hanya di Indonesia, tetapi di dunia pun banyak yang mengindap penyakit ini. Penyakit ini juga lebih dikenal sebagai penyakit gula, karena penderita yang mengalami penyakit ini di dalam urinenya terdapat gula sehingga urine, terasa manis. Sebenarnya, penyakit ini kurang pantas disebut sebagai penyakit gula darah karena yang menjadi faktor utama dalam penyakit ini adalah hormon insulin.



diabetes gula
Alat cek gula darah merek GlucoDr


Diabetes gula atau diabetes melitus terjadi karena kurangnya hormon insulin yang terdapat dalam tubuh. Hormon insulin dihasilkan oleh pankreas, hormon tersebut memiliki fungsi sebagai agen penyalur atau sebagai distributor dengan cara hormon tersebut menempel pada reseptor dinding sel untuk membuka sel tersebut agar dimasuki oleh glukosa dan kemudian glukosa tersebut dapat diproses menjadi sumber energi yang kita gunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Namun, karena kurangnya hormon insulin hal itu menyebabkan terhambatnya penyaluran glukosa ke sel-sel tubuh sehingga terdapat timbunan glukosa dalam tubuh yang menyebabkan tingginya kadar gula darah dalam tubuh.//   Seperti yang telah kita ketahui, pada umumnya terdapat 2 tipe diabetes gula atau diabetes melitus yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes gula atau diabetes melitus merupakan penyakit yang bisa dikatakan tidak dapat disembuhkan terutama diabetes tipe 1. Lalu apa saja faktor yang menyebabkan seseorang berisiko terkena penyakit diabetes?

Faktor Penyebab Diabetes Gula atau Diabetes melitus Tipe 1

Pada diabetes gula tipe 1 belum ditemukan secara pasti faktor penyebab seseorang terkena penyakit diabetes. Beberapa ahli kesehatan mengatakan kemungkinan faktor keturunan dapat mempengaruhi sehingga terkena penyakit diabetes tipe 1. Selain itu, faktor penyebab lain bisa saja karena adanya virus yang menyerang tubuh sehingga menyebabkan terjadinya penyakit tersebut.

Faktor Penyebab Diabetes Gula atau Diabetes melitus Tipe 2

Pada diabetes gula tipe 2 terdapat beberapa faktor penyebab penyakit diabetes antara lain:

Faktor keturunan
Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian mengatakan bahwa jika seseorang yang memiliki keluarga yang mengalami penyakit diabetes maka orang tersebut akan berisiko terkena penyakit diabetes juga.

Terdapat banyak lemak di dalam tubuh
Dengan semakin banyaknya lemak di dalam tubuh dapat menyebabkan semakin tinggi resistensinya terhadap insulin.

Kurangnya aktivitas fisik
Jika seseorang jarang melakukan aktivitas fisik hal tersebut dapat menyebabkan lemak dalam tubuh menjadi tidak terbakar. Semakin banyak glukosa yang digunakan untuk energi, dapat menyebabkan sensitifitas sel dalam tumbuh menjadi bertambah terhadap glukosa.

Faktor usia 
Dengan semakin bertambahnya usia seseorang, orang tersebut akan cenderung kurang melakukan aktivitas fisik.

Diabetes gestasional
Jika saat hamil seseorang mengalami diabetes gestasional, orang tersebut akan berisiko terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Kondisi lain yang terkait dengan diabetes yaitu hipertensi (tekanan darah tinggi) dan terdapat kolesterol yang tinggi di dalam tubuh. Maka dari itu,  sangat diperlukan adanya tindakan pencegahan terutama bagi orang yang berisiko tinggi terkena penyakit diabetes. Upaya pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat seperti :
  • Melakukan olahraga. Dengan olahraga yang teratur akan menyebabkan tubuh kita aktif untuk terus bergerak sehingga dapat menyebabkan berkurangnya risiko terkena penyakit diabetes;
  • Lebih selektif dalam memilih makanan yang akan kita makan. Pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan;
  • Mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi seperti nasi putih dan lebih baik menggantinya dengan beras merah yang kandungan karbohidratnya lebih sedikit;
  • Pemeriksaan gula darah secara teratur;
  • Jagalah berat badan tubuh agar selalu ideal, jangan sampai terjadi obesitas (kegemukan).
 

Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: doktergaul.net



Terima kasih untuk Like/comment FB :