Diabetes Itu Apa ? (Faktor Utama Penyebab)

Diabetes itu apa ? Menjadi suatu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh masyarakat. Berikut terdapat beberapa pengertian mengenai diabetes di antaranya yaitu diabetes adalah suatu penyakit karena tubuh tidak mampu mengendalikan jumlah gula, atau glukosa dalam aliran darah. Ini menyebabkan hiperglikemia, yaitu suatu keadaan gula darah yang tinggi dan dapat menyebabkan komplikasi. Diabetes adalah penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan hormon insulin. Diabetes adalah suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemi yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau kedua-duanya.



diabetes itu apa


Alat cek gula darah merek Nesco


Pengertian diatas belum sepenuhnya menjawab diabetes itu apa? Apakah terdapat pengertian lain lagi yang dapat menjawab diabates itu apa ?

Diabetes adalah penyakit metabolik yang ditandai dengan terjadinya hiperglikemi yang disebabkan oleh gangguan sekresi insulin dan atau kerja insulin sehingga terjadi abormalitas metabolisme karbohidrat, lemak dan protein.

Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa diabetes adalah penyakit yang ditimbulkan dari gangguan metabolik dan dapat menaikkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga menyebabkan gangguan sekresi insulin atau kinerja insulin terganggu, serta terjadi abormalitas metabolisme karbohidrat, lemak dan proteinsehingga dari kesimpulan ini dapat menjawab pertanyaan diabetes itu apa ?

Faktor Utama Diabetes Itu Apa ?

Faktor utama pada diabetes ialah insulin, suatu hormon yang dihasilkan oleh kelompok sel beta di pankreas. Insulin memberi sinyal kepada sel tubuh agar menyerap glukosa. Insulin bekerja dengan hormon pankreas lain yang disebut glukagon, juga mengendalikan jumlah glukosa dalam darah. Apabila tubuh menghasilkan terlampau sedikit insulin atau jika sel tubuh tidak menanggapi insulin dengan tepat maka terjadilah diabetes. Hal ini dapat menjawab pertanyaan faktor utama diabetes itu apa ?

Diabetes biasanya dapat dikendalikan dengan makanan yang rendah kadar gulanya, obat yang diminum, atau suntikan insulin secara teratur. Meskipun begitu, penyakit ini lama kelamaan akan menimbulkan hal negatif, terkadang menyebabkan komplikasi seperti kebutaan dan stroke.

Penyebab Diabetes itu Apa ?

Etiologi dari penyakit diabetes melitus belum secara jelas diketahui penyebabnya. Namun,   terdapat faktor yang berperan terhadap munculnya penyakit ini yaitu faktor keturunan dan faktor dari hormon insulin. Jenis diabetes tipe 1 yang bergantung pada adanya insulin, paling banyak di derita oleh orang dengan usia kurang dari 30 tahun. Penyakit diabetes tipe 1 ini juga disebut dengan juvenille diabetes melitus. Tanda gejala dari adanya penyakit ini ialah kadar gula darah yang meningkat atau yang disebut denga hiperglikemia. . Selain itu, terdapat faktor keturunan serta lingkungan yang memicu terjadinya penyakit ini.

Insulin normalnya di produksi oleh sel-sel beta pankreas. Namun,  pada penderita penyakit diabetes melitus, sel-sel beta pankreas tidak mampu diproduksi karena sel-sel tersebut rusak diserang virus atau mikroorganisme ataupun oleh reaksi autoimun. Reaksi autoimun merupakan suatau reaksi dimana antibody tubuh menyerang sel pankreas itu sendiri.  Selain itu, faktor keturunan juga sangat berperan besar terhadap timbulnya penyakit ini, sedangkan untuk penyakit diabetes melitus tipe 2 yang tidak bergantung pada insulin disebabkan karena faktor keturunan. Tidak ada faktor dari virus dan kuman leukosit antigen yang dapat memicu penyakit ini. Riset melaporkan bahwa obesitas adalah salah satu faktor determinan terjadinya NIDDM dimana sekitar 80% klien NIDDM adalah kegemukan. Kegemukan (overweight) membutuhkan banyak insulin untuk metabolisme. Terjadinya hiperglikemia yaitu pada saat pankreas tidak cukup menghasilkan insulin sesuai kebutuhan tubuh atau saat jumlah reseptor insulin menurun atau mengalami gangguan. Faktor resiko dapat dijumpai pada klien dengan riwayat keluarga yang menderita DM dan hal itu merupakan resiko yang paling besar. Hal ini dapat menjawab pertanyaan penyebab diabetes itu apa ?


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: meetdoctor.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :