Diabetes Melitus Adalah Penyakit Degeneratif

Diabetes melitus adalah penyakit yang terjadi dengan tanda adanya rasa haus yang berlebihan, sering buang air kecil, selalu merasa lapar walaupun sudah makan yang banyak, berat badan yang menurun drastis, gangguan pada penglihatan, dan sebagainya. Diabetes melitus adalah penyakit yang berbahaya. Maka dari itu, sebelum kita terserang penyakit ini alangkah baiknya apabila kita melakukan tindakan pencegahan dari penyakit diabetes melitus. Dua kunci utama yang terbukti efektif dalam mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus ialah dengan melakukan pola hidup sehat seperti mengatur diet dan melakukan olahraga yang teratur.



diabetes melitus adalah penyakit
Alat cek gula darah merek GlucoDr


Diabetes melitus adalah penyakit yang dapat membuat kadar gula darah di dalam tubuh meningkat. Adanya peningkatan terhadap gula darah di dalam tubuh apabila dibiarkan tanpa pengobatan maka dapat menimbulkan komplikasi lainnya seperti gangguan ginjal dan kebutaan. Tentunya hal ini akan membuat tubuh menjadi tidak sehat. Bahkan beberapa organ tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Diabetes melitus adalah penyakit yang umumnya terjadi pada semua kalangan usia. Baik anak-anak maupun orang dewasa dapat terkena penyakit ini. Terdapat dua jenis dari penyakit diabetes melitus yang dapat menyerang baik pada anak-anak maupun orang dewasa, yaitu diabetes melitus tipe 1 dan diabetes melitus tipe 2. Keduanya sama-sama dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh. Namun, perbedaannya terletak pada insulin yang diproduksi.

Pada penyakit diabetes melitus tipe 1, insulin yang berfungsi dalam transport glukosa ke dalam sel tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Tidak adanya insulin di dalam tubuh membuat zat gula atau glukosa ini beredar secara bebas di dalam darah. Pada penyakit diabetes tipe 2, insulin masih dapat diproduksi oleh pankreas, tetapi jumlah dari insulin tersebut tidak mencukupi untuk digunakan dalam proses transport glukosa ke dalam sel. Akibatnya masih ada glukosa yang beredar di dalam darah.

Diabetes Melitus Adalah Penyakit Degeneratif

Penyakit diabetes melitus adalah termasuk ke dalam salah satu jenis penyakit degeneratif atau penyakit keturunan. Suatu keluarga yang menderita penyakit diabetes melitus, anggota keluarga lainnya berkemungkinan dapat menderita penyakit diabetes melitus juga. Apalagi bila di dukung dengan adanya faktor pencetus lain yang dapat menimbulkan penyakit diabetes melitus. Faktor risiko yang dapat menimbulkan adanya penyakit diabetes melitus pada seseorang di antaranya ialah obesitas.

Penyakit diabetes melitus adalah penyakit degeneratif yang cenderung akan diderita oleh kaum laki-laki pada anggota keluarga yang memiliki penyakit keturunan diabetes melitus ini. Belum ada kepastian mengenai hal ini, tetapi pada umumnya hal ini memang benar adanya karena beberapa penelitian yang dilakukan terhadap keluarga yang memiliki riwayat penyakit diabetes mellitus kebanyakan diderita oleh anggota keluarga laki-laki dibandingkan dengan anggota keluarga perempuan.

Diabetes melitus adalah penyakit degeneratif yang berbahaya apabila tidak diobati dengan adekuat. Pengobatan terhadap penyakit ini dapat dilakukan dengan memeriksakan terlebih dahulu kondisi tubuh apakah memang benar mengidap penyakit diabetes melitus atau bukan. Diagnosis akan ditetapkan oleh dokter berdasarkan hasil dari anamnesa, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan laboratorium.

Dari anamnesa terdapat keluhan yang mengarah pada penyakit diabetes melitus seperti rasa haus yang berlebihan, sering buang air kecil, dan  sebagainya. Dari pemeriksaan fisik tidak dapat begitu diketahui ciri pasti yang menandakan adanya penyakit diabetes melitus. Namun, bila penyakit tersebut bersifat kronik biasanya terdapat tanda adanya luka yang sukar untuk sembuh atau terkena infeksi. Setelah itu dilakukan pemeriksaan lab berupa pemeriksaan kadar gula darah. Barulah dari ketiga hal tersebut akan ditetapkan penyakit diabetes melitus.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Gejaladiabetes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :