Diabetes melitus Tipe 1 dan 2 (Pencegahan)

Diabetes melitus tipe 1 yang dulu dikenal sebagai juvenile diabetes atau insulin-dependent diabetes adalah kondisi kronis pankreas yang memproduksi insulin dengan jumlah sedikit atau tidak sama sekali. Insulin yaitu suatu hormon yang diperlukan untuk memungkinkan gula (glukosa) memasuki sel sehingga menghasilkan energi. Diabetes tipe 2 lebih umum terjadi yaitu ketika tubuh menjadi resisten terhadap efek insulin atau tidak menghasilkan cukup insulin. Diabetes melitus tipe 1 ini hanya dapat diobati dengan menyuntikkan insulin yang berasal dari luar tubuh.



diabetes melitus tipe 1
Alat cek gula darah merek GlucoDr


Berbagai faktor dapat berkontribusi untuk terjadinya diabetes tipe 1, termasuk faktor genetika dan paparan virus tertentu. Meskipun diabetes tipe 1 biasanya muncul selama masa kanak-kanak atau remaja, dapat juga terjadi pada orang dewasa.

Diabetes tipe 1 tidak dapat disembuhkan, tetapi bisa dikelola. Dengan pengobatan yang tepat, orang yang memiliki diabetes tipe 1 memiliki harapan hidup lama dan sehat dibandingkan pada masa lalu.

Gejala Diabetes melitus Tipe 1

Tanda dan gejala diabetes tipe 1 dapat datang dengan cepat atau tiba-tiba dan kemungkinan termasuk:
  • Sering merasa rasa haus dan sering buang air kecil;
  • Merasa sangat lapar;
  • Berat badan turun tanpa alasan yang jelas;
  • Kelelahan;
  • Penglihatan kabur;
  • Kapan harus ke dokter;
  • Segera Konsultasikan dengan dokter jika Anda melihat tanda-tanda dan gejala seperti diatas.

Semua gejala tersebut berhubungan dengan peningkatan kadar gula darah yang tinggi. Peningkatan kadar gula darah yang tinggi ini dapat menimbulkan berbagai gejala yang berhubungan dengan penyakit diabetes melitus. Seperti penurunan berat badan yang tanpa jelas alasannya. Hal ini dapat terjadi pada penderita penyakit diabetes melitus tipe 1. Penurunan berat badan ini dapat terjadi sebagai akibat dari kadar gula darah yang tinggi yang tidak dapat diolah menjadi energi sehingga tubuh akan mengambil energi dari jaringan lemak dan otot. Akibatnya penderita penyakit diabetes melitus tersebut mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis.

Pencegahan Diabetes melitus Tipe 1 dan 2

Tidak ada cara yang dikenal untuk dapat mencegah diabetes melitus tipe 1. Namun, para peneliti berupaya pada cara mencegah penyakit dan kerusakan lebih lanjut pada sel-sel islet bagi orang yang baru didiagnosis. Namun, berbeda halnya dengan diabetes melitus tipe 2. Pada penyakit diabetes melitus tipe 2 ini masih dapat dilakukan dengan tindakan pencegahan.

Tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit diabetes melitus tipe 2 dapat dilakukan dengan cara melakukan pola hidup sehat. Pola hidup sehat tersebut dilakukan dengan mengatur makanan yang dimakan sehari-hari dan melakukan olahraga secara teratur. Makanan yang dapat kita makan dan mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus tipe 2 adalah makanan yang mengandung kadar kalori yang rendah dan makanan yang mengandung indeks glikemik yang rendah.

Selain dengan mengatur makanan yang kita makan sehari-hari, olahraga pun dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus tipe 2 ini. Olahraga yang dapat dilakukan di antaranya ialah jogging, senam diabetes dan lain sebagainya. Memang olahraga tidak ada hubungan secara langsung dalam mencegah penyakit diabetes melitus. Namun, dengan berolahraga dapat mempertahankan agar tubuh selalu sehat dan berat badan tidak meningkat secara drastis. Karena seperti yang kita ketahui bahwa salah satu faktor resiko dari penyakit diabetes melitus ialah kelebihan berat badan atau obesitas.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: mayoclinic.org



Terima kasih untuk Like/comment FB :