Diabetes Obat untuk Penyembuhan DM

Diabetes obat yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit diabetes melitus bermacam-macam. Diabetes obat yang umumnya dipakai ialah obat hipoglikemik oral dan insulin. Diabetes mellitus (DM) merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian di dunia. Penyakit tersebut terjadi karena tingginya kadar gula darah dalam tubuh yang menyebabkan hormon insulin tidak dapat berjalan dengan baik untuk mengalirkan glukosa ke dalam sel-sel tubuhsehingga  terdapat timbunan glukosa di dalam tubuh yang tidak tersalurkan. Lalu, bagaimana cara untuk mengobati penyakit tersebut? Selama ini kita ketahui pada umumnya terdapat 2 tipe diabetes yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.



diabetes obat
Alat cek gula darah merek GlucoDr

Penyembuhan Diabetes dengan Diabetes Obat

Diabetes tipe 1 merupakan diabetes yang sulit disembuhkan dengan diabetes obat dan bisa dikatakan tidak bisa disembuhkan karena pada penderita diabetes tipe 1 ini, penderita diabetes dimulai pada usia anak-anak, mereka menggantungkan hidup mereka terhadap suntikan insulin yang secara rutin harus disuntikkan ke dalam tubuhnya. Sedangkan diabetes tipe 2 merupakan diabetes yang masih dapat disembuhkan dengan diabetes obat. Diabetes tipe 2 sering dialami oleh orang dewasa terutama lansia (lanjut usia). Namun pada penderita tipe ini, jika telah terjadi komplikasi penyakit tersebut tidak dapat disembuhkan. Diabetes tersebut terjadi biasanya disebabkan karena obesitas (kegemukan), kurang olah raga dan pola hidup yang tidak sehat.

Berdasarkan beberapa penjelasan dalam dunia medis, banyak yang berpendapat bahwa penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan karena sampai saat ini belum ditemukan diabetes obat yang tepat, yang mampu menyembuhkan diabetes secara total. Kebanyakan obat yang tersedia sekarang hanya mampu untuk menurunkan kadar gula darah bukan untuk menstabilkan gula darah.//   Namun tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai metode untuk menormalkan kembali kadar gula darah dalam tubuh baik dengan cara herbal maupun non-herbal. Adapun tata cara yang biasanya dilakukan untuk mengobati diabetes mellitus antara lain:

Pengaturan gaya hidup sehat
Dengan melakukan pola hidup sehat dan diet yang seimbang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Salah satu cara pola hidup sehat yaitu dengan melakukan olah raga secara rutin seperti berenang dan berjalan kaki. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Publlic Health, menemukan bahwa melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki setiap hari dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2 sebanyak 30%. Selain itu kita harus selektif dalam memilih makanan yang kita makan. Makanlah makanan yang mengandung serat tinggi, hindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan minuman yang manis seperti yang mengandung sirup fruktosa dan pemanis buatan.

Pemberian obat hipoglemik oral (OHO)
Pemberian obat tersebut akan dilakukan dalam jangka 2 minggu jika diet dan olahraga tidak mampu menurunkan kadar gula darah.

Pemberian Insulin
Jika kedua hal di atas tidak dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, biasanya ahli medis akan menyuntikan insulin untuk menurunkan kadar gula darah tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sampai saat ini belum ditemukan diabetes obat yang tepat untuk menyembuhkan diabetes, baik obat herbal maupun obat non-herbal (kimia). Menggunakan diabetes obat herbal bisa saja dilakukan, namun diabetes obat tersebut dipengaruhi faktor individu masing-masing artinya setiap obat herbal yang dikonsumsi akan memberikan efek dan hasil yang berbeda kepada setiap orang yang mengonsumsinya.Kebanyakan obat non-herbal (kimia) hanya mampu menurunkan kadar gula darah dan tidak untuk menstabilkan kadar gula darah. Maka dari itu lebih baik mencegah dari pada mengobati. Lakukanlah pencegahan seperti menerapkan pola hidup sehat dan kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber:langkahsehat.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :