Diabetes Orang Kurus dan Faktor Penyebab

Diabetes orang kurus membuat penderitanya mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis. Berat badan yang tidak ideal pada umumnya merupakan hal yang tidak diinginkan oleh setiap orang terutama pada kaum perempuan. Kebanyakan dari mereka melakukan segala cara termasuk dengan melakukan diet ekstrim agar berat badannya kembali ideal dengan cepat. Bagi kebanyakan orang gemuk apabila mereka mengalami penurunan berat badan tentunya akan merasa senang. Namun, hal tersebut perlu diwaspadai karena jika seseorang yang gemuk secara tiba-tiba mengalami penurunan badan yang drastis bisa saja orang tersebut menderita penyakit diabetes mellitus.



diabetes orang kurus
Alat cek gula darah merek Easy Touch


Diabetes mellitus merupakan suatu penyakit  adanya gangguan dalam metabolisme tubuh sehingga menyebabkan terdapatnya kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh. Penyakit ini bisa disebabkan oleh sekresi hormon insulin atau defisiensi distribusi gula dalam tubuh ataupun keduanya. Seseorang bisa menderita diabetes mellitus biasanya karena faktor lingkungan, gaya hidup dan faktor keturunan. Faktor keturunan atau genetik biasanya dapat menyebabkan seseorang memiliki risiko yang tinggi terkena diabetes mellitus tipe 1 dan faktor lingkungan dan gaya hidup yang tidak sehat akan menyebabkan seseorang memiliki risiko yang tinggi menderita diabetes mellitus tipe 2.

Jika seseorang yang gemuk mengalami penurunan badan yang drastis maupun orang yang merasa sering buang air kecil dan banyak sekali meminum air karena mudah merasa haus, bisa saja hal tersebut merupakan indikasi awal atau gejala awal seseorang terkena diabetes mellitus dan menjadikannya diabetes orang kurus. Gejala awal ini biasanya tidak diketahui oleh sebagian besar masyarakatsehingga  terjadi keterlambatan diagnosis yang biasanya tertunda selama 5-10 tahun. Pada akhirnya penderita diabetes orang kurus yang tidak menyadari gejala awal penyakit tersebut, terlambat mendapatkan pengobatan dan perawatan yang baik dan benar sehingga pada akhirnya penyakit ini akan berujung pada kematian. Biasanya seseorang yang melakukan pengobatan ke dokter telah dalam kondisi komplikasi sehingga sulit untuk disembuhkan.

Diabetes Orang Kurus sebagai Penderita Diabetes Melitus

Pada penderita diabetes orang kurus yang pulanya ada memiliki tubuh yang gemuk akan mengalami penurunan badan yang drastis. Hal ini disebabkan hormon insulin yang terdapat dalam tubuh tidak cukup mengalirkan glukosa ke sel-sel tubuh dan menghasilkan timbunan glukosa karena terganggunya proses pengaliran glukosa ke setiap sel-sel tubuh, proses untuk mengubah glukosa menjadi energi akan terganggu karena tubuh sangat membutuhkan energi untuk beraktivitas, maka secara otomatis tubuh akan mencari sumber energi alternatif dengan cara memecah lemak dan protein lalu diproses untuk dijadikan energi yang berguna bagi tubuh. Oleh sebab itu, penderita diabetes mellitus akan mengalami penurunan berat badan karena lemak yang terus diambil yang diproses untuk dijadikan sumber energi alternatif.


Berdasarkan penjelasan di atas, maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui gejala awal terkena penyakit diabetes yang menyebabkan diabetes orang kurus. Terlebih lagi jika seseorang memiliki faktor pemicu risiko terkena penyakit tersebut seperti keturunan, lingkungan, gaya hidup yang tidak sehat, kegemukan, seorang ibu yang pernah melahirkan bayi yang beratnya 4 kilogram ke atas dan seseorang yang memiliki hipertensi (tekanan darah tinggi).

Jika Anda memiliki risiko yang tinggi untuk mengalami diabetes mellitus maupun jika Anda menderita gejala awal yang telah dijelaskan di atas, penting bagi Anda untuk memulai dari sekarang juga untuk mengubah gaya hidup yang tidak baik menjadi pola hidup yang sehat. Hal tersebut seperti dengan melakukan olahraga teratur 30-45 menit setiap hari, mengatur pola makan dan yang terpenting lakukanlah pemeriksaan kadar gula darah secara rutin kadar gula darah terkontrol sehingga terhindar dari penyakit diabetes orang kurus.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: kompas.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :