Diabetes pada Kehamilan dan Perawatannya

Diabetes pada kehamilan terjadi dan berlangsung pada saat kehamilan saja. Biasanya diabetes pada kehamilan akan menghilang setelah persalinan. Seorang ibu yang sedang hamil normal tentunya membutuhkan perhatian yang khusus terlebih lagi seorang ibu hamil yang menderita diabetes harus mendapatkan perhatian yang benar-benar khusus. Ibu hamil yang memilki riwayat diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2 harus memilki jadwal pemeriksaan yang teratur untuk meminimalisir gangguan pada kesehatan Ibu dan janin selama kehamilan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan termasuk bagi yang memiliki riwayat diabetes.



diabetes pada kehamilan
Alat cek gula darah merek Easy Touch

Diabetes pada Kehamilan (Diabetes Gestasional) 

Bagi seorang ibu yang mengalami diabetes pada kehamilan, perawatan medis sangatlah diperlukan untuk mengontrol kadar gula darah. Selain itu, dengan perawatan tersebut dapat diketahui kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selama kehamilan sehingga kadar gula darah dalam tubuh akan terjaga dan tidak akan kekurangan nutrisi dengan menu seimbang setiap harinya. Bagi seorang ibu yang mengalami diabetes pada kehamilan ada baiknya untuk melakukan beberapa tindakan pola hidup sehat untuk meminimalisir gangguan kesehatan selama kehamilan seperti:

Melakukan aktivitas fisik dalam rutinitas harian 
Aktivitas fisik merupakan bagian penting dari rencana perawatan diabetes. Hal yang harus diingat bahwa aktivitas fisik memengaruhi kadar gula darah. Maka dari itu bagi ibu hamil lakukanlah aktivitas fisik yang ringan seperti berjalan kaki atau kegiatan lainnya. Periksalah kadar gula darah sebelum dan sesudah melakukan aktivitas fisik apapun, terutama jika si penderita menggunakan insulin.

Periksalah kadar gula darah secara teratur
Dengan mengetahui kadar gula darah secara teratur akan memudahkan dalam mengontrol kadar gula darah agar terhindar dari terlalu tingginya maupun terlalu rendahnya kadar gula darah dalam tubuh. Mengendalikan kadar gula darah merupakan cara terbaik untuk mendapatkan kehamilan yang sehat dan menjauhkan dari komplikasi penyakit diabetes yang diderita.

Konsumsi makanan yang sehat
Di dalam menu diet diabetes mungkin saja sudah mencakup buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Meskipun pasien bisa saja mengonsumsi makanan yang sama dengan wanita normal lainnya, dokter mungkin saja akan merencanakan beberapa perubahan menu makanan untuk menghindari masalah dengan gula darah rendah atau gula darah tinggi. Penting juga bagi pasien untuk mengonsumsi vitamin yang mengandung asam folat.

Mengelola Diabetes pada Kehamilan

Diabetes pada kehamilan dapat di derita oleh ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit diabetes melitus. Sangatlah penting bagi ibu hamil yang mengalami diabetes pada kehamilan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai perkembangan janinnya. Selain itu, bila diperlukan tindakan khusus maka dapat secara dini dilakukan. Dokter yang menangani diabetes pada kehamilan dapat memberikan penanganan khusus pada ibu hamil tersebut sesuai dengan kondisinya. Selain itu diperlukan pula konsultasi dengan dokter spesialis lainnya seperti spesialis mata untuk mendeteksi dini gangguan terhadap mata karena biasanya pada penderita diabetes pada kehamilan dapat mengalami gangguan pada mata sebagai akibat dari kerusakan pada pembuluh darah kecil pada bagian mata yang dapat terjadi selama kehamilan.

Pada penderita penyakit diabetes saat hamil harus dapat mengontrol kadar gula darahnya agar tetap berada pada nilai yang mendekati normal. Selain itu penderita diabetes pada kehamilan juga harus lebih sering memeriksa kadar gula darahnya untuk dapat mengurangi resiko dari kelahiran mati ataupun keguguran. Hal itu pula untuk mencegah agar tidak terjadi komplikasi pada bayinya.

Pengontrolan kadar gula darah dengan baik dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit lain seperti tekanan darah rendah, tekanan darah tinggi dan protein urine yang berlebihan. Biasanya resiko ini akan muncul pada usia kehamilan lebih dari 20 minggu. Begitu juga dengan resiko komplikasi penyakit lainnya dapat muncul pada usia kehamilan lebih dari 20 minggu.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber:bidanku.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :