Diabetes Sembuh Total pada Ibu Masa Hamil

Diabetes sembuh total masih dapat dicapai oleh penderita penyakit diabetes tipe 2 dan penderita diabetes dalam masa kehamilan. Diabetes sembuh total pada penderita penyakit diabetes dalam kehamilan karena penyakit ini biasanya hanya terjadi pada saat kehamilan dan akan menghilang setelah persalinan. Hal ini terjadi karena ibu mengalami hiperglikemia (kadar gula darah berlebihan) yang menyebabkan bayi menjadi hiperinsulinemia (kadar hormon insulin dalam tubuh janin berlebihan). Komplikasi yang didapatkan pada ibu dengan diabetes gestasional berkaitan dengan hipertensi, pre-eklampsia dan peningkatan risiko operasi caesar.



diabetes sembuh total
Alat cek gula darah merek GlucoDr


Masalah yang ditemukan pada bayi yang ibunya menderita diabetes dalam kehamilan adalah kelainan bawaan, makrosomia (bayi besar > 4 kg), hipoglikemia (kadar gula darah rendah), hipokalsemia (kadar kalsium dalam tubuh rendah), hiperbilirubinemia (bilirubun berlebihan dalam tubuh), sindrom gawat napas, dan kematian janin. Faktor maternal (pada ibu) yang berkaitan dengan peningkatan angka kejadian makrosomia adalah obesitas, hiperglikemia, usia tua dan multiparitas (jumlah kehamilan > 4). Makrosomia memiliki risiko kematian janin saat dilahirkan karena ketika melahirkan, bahu janin dapat tersangkut dan hal itu menyebabkan pula peningkatan pada jumlah operasi caesar. Hipoglikemia pada bayi dapat terjadi beberapa jam setelah bayi dilahirkan.

Diabetes pada saat hamil dapat disembuhkan. Penyembuhan penyakit diabetes saat hamil sebaiknya dilakukan secara dini untuk menghindari kemungkinan berbagai komplikasi yang dapat timbul akibat penyakit diabetes melitus saat hamil. Mengatur pola hidup menjadi pola hidup sehat menjadi andalan dalam mengontrol kadar gula darah oleh ibu hamil dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan penurun kadar gula darah agar diabetes sembuh total.

Diabetes Sembuh Total pada Ibu Hamil

Ibu hamil dapat mengalami berbagai komplikasi selama kehamilannya termasuk penyakit diabetes melitus. Penyakit diabetes melitus ini biasanya muncul pada usia kehamilan lebih dari 20 minggu. Namun setelah persalinan, diabetes sembuh total. Faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit diabetes melitus pada saat hamil ialah adanya kehamilan. Oleh karena itu, pada ibu yang tidak hamil, tidak diperlukan terapi yang lebih banyak daripada penderita penyakit diabetes yang hamil.

Pembatasan terapi atau pemberian obat-obatan pada penderita penyakit diabetes saat hamil perlu dilakukan mengingat adanya janin yang dikandung oleh ibu hamil.  Namun sebenarnya tanpa pengobatan yang berat pun penyakit diabetes saat hamil diabetes sembuh total dengan sendirinya setelah persalinan.

Diabetes sembuh total pada ibu hamil setelah persalinan, namun selama kehamilan ibu hamil perlu menjaga agar kadar gula darahnya tidak terus meningkat bahkan kalau bisa kadar gula darahnya diturunkan mendekati kadar gula darah yang normal. Pengontrolan kadar gula darah agar tetap stabil pada ibu hamil tersebut dapat dilakukan dengan cara membatasi konsumsi makanan yang berkalori tinggi dan mengandung gula tinggi. Selain diabetes dapat sembuh total pada ibu hamil dengan cara mengontrol pola makan, juga dapat dilakukan dengan cara lain seperti melakukan aktivitas atau olahraga seperti senam hamil.

Kedua cara ini akan lebih baik dibandingkan dengan penggunaan obat-obatan untuk mengontrol kadar gula darah. Kedua cara ini cukup aman untuk dilakukan karena tidak akan menimbulkan efek samping seperti penggunaan obat-obatan untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Selain itu bila harus menggunakan obat-obatan maka dosisnya perlu diperhatikan agar tidak dapat memberikan pengaruh terhdap perkembangan dan pertumbuhan janin sehingga apabila hal ini dilakukan maka diabetes sembuh total pada ibu hamil.


Oleh: Bidan Esi
Editor: Adrie Noor
Daftar Pustaka: bidanku.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :