Diabetes Sembuh Dengan Diet Kesehatan

Diabetes sembuh adalah harapan bagi penderita penyakit diabetes melitus. Penyakit Diabetes melitus (DM) merupakan penyakit metabolik, yang ditandai dengan meningkatnya kadar glukosa darah akibat berkurangnya kualitas insulin, sekresi insulin atau keduanya. Penderita diabetes (diabetisi) semakin meningkat prevalensinya dari tahun ke tahun. Penyakit diabetes melitus termasuk kedalam kategori penyakit kronik yang terjadi akibat kadar gula darah melebihi batas normal. Namun pada penderita penyakit ini mengharapkan bahwa diabetes sembuh walaupun penyakitnya tersebut tergolong penyakit kronik.



diabetes sembuh
Alat cek gula darah merek GlucoDr

Hambatan Diabetes Sembuh

Setiap penderita penyakit diabetes pasti menginginkan penyakit diabetes sembuh. Namun untuk mencapai agar diabetes sembuh, terkadang terdapat hambatan bahkan kepastian bahwa penyakitnya tidak dapat disembuhkan. Seperti yang terjadi pada penderita penyakit diabetes melitus tipe 1.

Diabetes Mellitus (DM)  tipe 1 merupakan salah satu penyakit kronis yang sampai saat ini belum dapat disembuhkan. Walaupun demikian berkat kemajuan teknologi kedokteran kualitas hidup penderita DM  tipe 1 tetap dapat sepadan dengan anak-anak normal lainnya jika mendapat tata laksana yang adekuat. Sebagian besar penderita DM pada anak termasuk dalam DM  tipe 1, tetapi akhir-akhir ini prevelensi DM  tipe 2 pada anak juga meningkat. DM tidak hanya terjadi pada anak-anak bahkan dapat menyerang pada remaja dan dewasa.

Secara ekonomi, diabetes menjadi penyakit yang mahal karena prevalensi serta progresivitasnya yang terus meningkat secara tajam dari waktu ke waktu. Tercatat, biaya tahunan secara nasional di Amerika Serikat mencapai $116 milyar (± Rp 100 trilyun) untuk biaya langsung dan $ 58 (± Rp 50 trilyun) untuk biaya tidak langsung penanggulangan diabetes.

Prediabetes merupakan faktor risiko yang kuat terhadap diabetes melitus, yang pada gilirannya akan menampilkan komplikasi yang kompleks dan multipel. Pada dasarnya seluruh komplikasi ini berawal dari kerusakan baik mikro maupun makrovaskular, sedangkan penyebab kematian tersering adalah penyakit kardiovaskular (makrovaskular).

Kadar Glukosa Normal Agar Diabetes Sembuh

Kadar glukos normal harus dicapai oleh penderita penyakit diabetes agar diabetes sembuh. Menurut WHO kadar glukosa normal darah kapiler pada waktu puasa tidak melebihi 120 mg/dl dan 2 jam sesudah makan kurang dari 200 mg/dl. Sedangkan pada penderita diabetes kadar gula darah puasa mencapai ≥ 126 mg/dL dan 2 jam setelah makan ≥ 200 mg/dL. Kemudian untuk prediabetes terletak diantara kedua keadaan tersebut yakni puasa 100–125 mg/dL (IFG) dan 2 jam setelah beban 140–199 mg/dL. Berdasarkan penelitian, risiko IGT untuk menjadi diabetes lebih besar dibanding IFG.

Peningkatan kadar gula (glukosa) di dalam darah menyebabkan adanya faktor yang menghambat kerja insulin atau menurunnya jumlah insulin. Insulin adalah suatu zat yang dihasilkan oleh pankreas, sebuah organ yang terletak dibelakang lambung. Insulin diperlukan agar gula (glukosa) dapat memasuki sel tubuh dan kemudian gula tersebut dipergunakan sebagai sumber energi. Untuk memudahkan, insulin dianggap sebagai anak kunci yang membuka pintu sel untuk masuknya gula (glukosa). Jika insulin tidak ada atau jumlahnya tidak memadai maka glukosa tidak dapat memasuki sel dan tetap berada di darah dalam jumlah besar.

Diet Agar Diabetes Sembuh

Telah diketahui diabetes melitus akan berhubungan dengan berbagai komplikasi baik mikroangiopati maupun makroangiopati. Terjadinya komplikasi ini sangat erat berhubungan dengan kontrol glukosa darah. Sampai saat ini meskipun telah ditemukan insulin dan obat hipoglikemik oral, tetapi untuk mengontrol kadar glukosa darah, diet masih merupakan lini pertama sebagai upaya yang dapat dilakukan secara berkepanjangan untuk mencapai target kadar glukosa darah yang diharapkan sehingga  progresifitas penyakit bisa terkendali.

Diet pada penderita diabetes melitus (diabetesi) agar diabetes sembuh meliputi pengaturan kalori dan pemberian makanan yang mengandung karbohidrat, lemak dan protein yang terdapat dalam tujuh kelompok golongan makanan. Karbohidrat merupakan sumber energi yang paling dahulu digunakan sebelum protein dan lemak. Komposisi karbohidrat yang dianjurkan di Indonesia untuk para diabetesi yaitu terdiri dari 60-70% karbohidrat. Melihat komposisi diet agar diabetes sembuh yang dianjurkan selama ini tampak bahwa persentase yang dianjurkan makin tinggi dan makin mendekati menu rata-rata bangsa Indonesia yang terdari 81% karbohidrat.


Oleh: Bidan Esi
Editor: Adrie Noor
Daftar Pustaka: tanyadoktor.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :