Diabetes Tipe 1 (Standarisasi Pengobatan)

Diabetes tipe 1 adalah penyakit yang terjadi karena kerusakan organ pankreas  sehingga sel-sel yang ada dalam pankreas tidak mampu memproduksi insulin. Hail ini menyebabkan kadar gula atau glukosa banyak yang tertimbuh di dalam darah. Diabetes tipe 1 erat kaitannya dengan ketidakmampuan tubuh dalam menghasilkan hormon insulin. Hormon ini memiliki fungsi dalam hal transportasiasi dari glukosa. Secara normal, glukosa di dalam tubuh dipindahkan dari dalam darah pada sel-sel yang akan mengubahnya menjadi energi. Dalam hal transportasiasi, glukosa membutuhkan bantuan berupa hormon insulin.



diabetes tipe 1
Alat cek gula darah merek Easy Touch

Pada keadaan normal organ pankreas akan memproduksi hormon insulin untuk transportasiasi glukosa dari darah menuju sel-sel. Namun, pada diabetes tipe 1 tidak terjadi hal demikian. Pada keadaan ini yang terjadi ialah organ pankreas dalam tubuh tidak mampu memproduksi hormon insulin yang dibutuhkan dalam transportasiasi glukosa. Tanpa adanya insulin, sel-sel tubuh tidak dapat mengolah lemak dan otot menjadi energi  sehingga dapat menyebabkan berat badan menjadi menurun. Bahkan, keadaan ini dapat terjadi secara drastis. Hal ini juga berpotensi dalam menyebabkan keadaan ketoasidosis diabetik. Ketoasidosis diabetik merupakan suatu keadaan  darah menjadi terlalu asam dan disertai dengan adanya dehidrasi yang dapat membahayakan kesehatan.

Diabetes tipe 1 juga disebut sebagai penyakit autoimun. Karena terjadinya kerusakan pada sel-sel pankreas dikarenakan adanya reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel-sel dalam pankreas akibat dari sistem kekbalan tubuh yang membahayakan. Akibatnya sel-sel pankreas rusak dan tidak mampu memproduksi hormon insulin.

Pengobatan untuk penyakit diabetes tipe 1 paling banyak dilakukan dengan menyuntikkan hormon insulin sebagai hormon tambahan dalam membatu proses tranportasi glukosa sehingga, dengan adanya tambahan hormon insulin ini dapat membuat kadar gula darah tidak terlalu meningkat. Bahkan kadar gula darah dapat menurun secara perlahan.

Langkah Pengobatan Diabetes Tipe 1

Penyakit diabetes tipe1 tidak dapat disembuhkan. Namun kadar gula darah yang ada dalam tubuh penderita dapat dikontrol. Sebelum dilakukan pengobatan, terlebih dahulu kita pastikan bahwa yang terjadi merupakan penyakit diabetes tipe 1. Pendeteksian dini terhadap penyakit tersebut dilakukan lebih awal. Dengan melakukan pendeteksian dini diharapkan kadar gula darah semakin mudah untuk dikontrol.

Pengobatan penyakit diabetes tipe 1 bertujuan untuk menjaga agar kadar gula darah tetap berada dalam keadaan yang seimbang. Selain itu tujuan dari pengobatan ini juga mempunyai tujuan agar gejala yang ditimbulkan berkurang dan mencegah terjadinya komplikasi.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa penyakit diabetes tipe 1 pada tubuh penderita menyebabkan ketidak mampuan untuk memproduksi hormon insulin lagi  sehingga mereka harus mendapatkan insulin tambahan di luar tubuh. Pemberian hormon insulin tambahan harus diberikan secara rutin. Selain itu, pada penderita penyakit diabetes tipe 1 penderita di tuntut untuk dapat mengontrol makanan dan aktifitas yang dilakukan guna mengontrol kadar gula darah. Di samping itu penyesuaian suplai insulin yang diberikan harus disesuaikan dengan pola hidup yang dijalankan.

Beberapa insulin yang dapat digunakan dalam pengobatan penyakit ini di antaranya insulin yang bekerja panjang dan dapat bertahan hingga 1 hari, insulin yang bekerja singkat dan dapat bertahan maksimal selama 8 jam, dan insulin yang bekerja secara cepat dan tidak dapat bertahan lama namun dapat bereaksi dengan cepat. Pada umumnya, pengobatan penyakit ini menggunakan kombinasi dari pelbagai jenis insulin yang telah disebutkan.



Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Alodokter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :