Diabetes Turunan dan Faktor Penyebabnya

Diabetes turunan, disebut demikian karena penyakit diabetes merupakan penyakit turunan. Diabetes, di Indonesia lebih dikenal dengan penyakit kencing manis. Di Indonesia sendiri penyakit tersebut banyak diderita oleh orang Indonesia. Berdasarkan data dari World Health Organization (WHO), setiap tahun penderita diabetes di Indonesia mengalami peningkatan, dan peningkatan setiap tahunnya pun sangat drastis. Namun, apakah arti dari Diabetes itu sendiri?



diabetes turunan
Alat cek gula darah merek Easy Touch


Dalam bahasa Yunani Diabetes atau Diabetes Mellitus (DM) memiliki arti tembus atau pancuran air dan dalam bahasa latin Diabetes berarti rasa manis. Kebanyakan para penderita penyakit memiliki air seni yang terasa manis karena terdapat banyak gula. Kondisi tersebut terjadi karena tingginya kadar gula yang berada di dalam tubuh dan kurang mampunya tubuh untuk memproduksi atau mengeluarkan Insulin yang cukup.

Proses Terjadinya Penyakit Diabetes Turunan

Ketika seseorang menyantap makanan, makanan tersebut kemudian akan diuraikan oleh tubuh kita yaitu di dalam lambung dan usus kita. Dalam hasil penguraian tersebut terdapat beberapa elemen dasar termasuk salah satu jenis gula yaitu glukosa. Penguraian tersebut bertujuan untuk mengubah makanan yang masuk ke dalam tubuh kita untuk dijadikan energi yang digunakan oleh kita untuk beraktivitas. Saat terdapat gula, pankreas akan menghasilkan Insulin yang akan membantu mengalirkan gula ke dalam sel-sel tubuh sehingga gula akan mudah diserap oleh tubuh kita dan kemudian dibakar untuk dijadikan energi.

Namun, yang terjadi pada penderita diabetes turunan adalah pankreas tidak mampu menghasilkan Insulin yang cukup sehingga gula tidak dapat diserap dan dialirkan ke sel-sel tubuh secara sempurna sehingga hal itu menyebabkan kadar gula di dalam tubuh menjadi tinggi karena terdapat timbunan gula yang tidak dapat diserap oleh tubuh. Bisa juga faktor penyebab lainnya yaitu dikarenakan Insulin yang cacat atau ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan Insulin dengan baik.

Berdasarkan penjelasan di atas yang menjadi aktor utama adalah adanya Insulin, namun apakah Insulin itu sendiri?  Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh pankreas yang memiliki tugas untuk melekat pada reseptor-reseptor yang ada pada dinding sel dan kemudian berfungsi untuk membuka reseptor tersebut agar dapat dimasuki oleh glukosa dan kemudian glukosa tersebut akan di ubah oleh sel-sel tubuh menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh kita.//   Dengan kata lain Insulin merupakan agen penyalur glukosa ke dalam sel-sel tubuh dan jika jumlah Insulin tersebut tidak mencukupi akan terjadi adanya penimbunan glukosa dalam darah yang dapat menyebabkan penyakit diabetes. Penyebab penyakit diabetes turunan berbeda-beda tergantung pada jenis penyakit diabetes yang dideritanya. Pada umunya terdapat 2 jenis penyakit diabetes yang banyak diderita oleh orang-orang, yaitu:

Diabetes tipe 1
Diabetes ini terjadi karena ketidakmampuan pankreas untuk menghasilkan Insulin karena terdapat kerusakan dan gangguan pada pankreas tersebut atau dapat pula disebut dengan diabetes turunan. Umumnya diabetes turunan pada tipe ini terjadi pada anak atau penderita di bawah umur 30 tahun sehingga sering disebut dengan diabetes anak-anak. Hal ini bisa terjadi karena faktor keturunan, autoimunitas dan karena adanya virus atau zat kimia yang merusak kelompok-kelompok sel yang terdapat di pankreas yang memproduksi Insulin.

Diabetes tipe 2 
Diabetes ini terjadi karena tidak mencukupinya Insulin yang dihasilkan oleh pankreas untuk mengalirkan glukosa ke dalam sel-sel tubuh. Tipe ini banyak diderita oleh orang-orang yang berumur lebih dari 30 tahun. Faktor penyebabnya karena faktor keturunan, gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang tidak baik, obesitas, kadar kolesterol yang tinggi dan jarang berolahraga.


Oleh: Bidan Esi
Editor: Adrie Noor
Daftar Pustaka: diabetesindo.weebly.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :