Diet Diabetes Melitus Dengan Buah-buahan

Diet diabetes melitus lebih berkaitan dengan pemilihan jenis makanan yang dikonsumsi oleh penderita. Diet ini tidak hanya terbatas pada makanan pokok yang di konsumsi sehari-hari melainkan berkaitan juga dengan makanan lainnya seperti sayuran dan buah-buahan. Diet ini umumnya ditujukan supaya kita dapat memilih pelbagai jenis makanan yang memiliki indeks glikemik yang rendah untuk di konsumsi. Karena tidak semua makanan memiliki indeks glikemik yang rendah.



diet diabetes melitus
Alat cek gula darah merek GlucoDr


Begitu pula dengan buah-buahan dan sayur-sayuran. Tidak semua jenis buah-buahan dan sayur-sayuran aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus. Terdapat beberpa buah-buhan dan sayuran yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita di antaranya ialah buah durian, mangga dan lain sebagainya.

Buah Diet Diabetes Melitus

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa tidak semua buah dapat dijadikan sebagai cara diet diabetes melitus. Bahan makanan seperti buah-buahan memang baik untuk digunakan dalam melakukan diet. Namun, sebaiknya kita memilih buah-buahan yang mengandung indeks glikemik yang rendah agar kadar gula darah di dalam tubuh penderita tidak terus meningkat. Buah yang dapat dijadikan sebagai bahan makanan untuk diet diabetes melitus diantarnya ialah buah kiwi, plum apel, pisang, aprikot dan lain-lain. Semua buah tersebut merupakan buah-buahan yang mengandung indeks glikemik yang rendah  sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus.

Buah diet diabetes melitus seperti kiwi sangatlah cocok untuk dikonsumsi karena buah kiwi mengandung pelbagai zat yang dapat mengontrol kadar gula darah agar tidak meningkat. Kandungan fruktosa dan serat yang terdapat pada buah kiwi membuat buah tersebut menjadi mudah dicerna selain itu buah kiwi juga termasuk ke dalam golongan buah yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Selain itu kandungan insitol yang terdapat dalam buah kiwi membuat fungsi insulin dalam menyerap gula dan mengurangi kadar gula darah dapat bekerja secara optimal. Selain itu vitamin A dan C dalam buah kiwi juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan pelbagai penyakit termasuk penyakit diabetes melitus.

Buah plum menjadi buah diet diabetes melitus. Buah plum ini dapat membantu terjadinya proses metabolisme glukosa menjadi energi  sehingga kadar gula darah yang tinggi dapat diturunkan dan distabilkan. Buah plum juga tergolong ke dalam buah yang memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga apabila terjadi penurunan kadar gula darah maka gejala yang timbul akibat penyakit ini dapat hilang dengan sendirinya.

Buah apel juga termasuk ke dalam buah-buahan yang dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Pektin yang terdapat di dalam buah apel dapat membantu tubuh untuk mengkontrol gula darah. Selain itu, terdapat antiinflamasi dalam apel yang dapat membantu dalam proses penyembuhan pelbagai penyakit termasuk penyakit diabetes melitus.

Aprikot merupakan salah satu buah yang memiliki kadar glikemik rendah sehingga buah ini aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus. Buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi  sehingga dapat membantu dalam mengontrol pelepasan gula di dalam aliran darah. Hal ini dapat meningkatkan respons insulin yang bertugas dalam pengontrolan gula darah. Selain itu vitamin E pada buah aprikot ini juga dapat digunakan sebagai antioksidan.


Oleh: Bidan Esi
Editor: Adrie Noor
Sumber: Halosehat.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :