Gejala Awal Diabetes yang Umum Diketahui

Gejala awal diabetes dapat bermacam-macam. Ada yang merasakan gejala tersebut ada juga yang tidak  sehingga penyakit ini baru terdiagnosa ketika berada dalam tahap lanjut. Gejala awal yang muncul dapat berupa adanya perasaan haus secara berlebihan, perasaan lapar secara berlebihan, sering buang air kecil terutama pada malam hari, dan lain sebagainya. Semua gejala awal diabetes dapat muncul sebagai akibat dari tingginya kadar gula darah di dalam tubuh penderita penyakit tersebut.



gejala awal diabetes
Alat cek gula darah merek GlucoDr


Gejala awal diabetes tidak akan muncul apabila dilakukan tindakan pencegahan terhadap penyakit diabetes melitus. Tindakan pencegahan yang dapat dilakukan ialah dengan mengatur pola makan dan memilih makanan jenis tertentu. Makanan yang umumnya aman untuk dikonsumsi agar tidak menimbulkan penyakit diabetes ialah makanan yang memiliki indeks glikemik rendah. Selain itu, makanan yang dimakan tidak harus dalam bentuk makanan pokok tetapi, dapat berupa makanan seperti sayuran dan buah-buahan. Dengan melakukan tindakan pencegahan penyakit ini dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes melitus yang ditandai dengan gejala awal diabetes.

Gejala Awal Diabetes Melitus

Gejala awal diabetes melitus seperti adanya rasa haus, rasa lapar, sering buang air kecil dan lain-lain dapat muncul ketika kadar gula darah tinggi. Adanya rasa haus sebagai gejala awal diabetes melitus terjadi karena kadar gula darah tinggi dan menyebabkan tubuh mengambil cairan dari dalam sel  sehingga tubuh sering merasakan haus yang berlebihan seperti dehidrasi. Gejala awal diabetes mellitus dapat ditanggulangi dengan mengonsumsi air putih yang banyak. Namun, hal ini dapat membuat terjadinya peningkatan terhadap frekuensi berkemih.

Frekuensi berkemih yang meningkat tidak hanya dikarenakan efek dari meminum air yang banyak. Selain itu, frekuensi berkemih yang meningkat juga diakibatkan dari kadar gula darah yang tinggi. Buang air kecil yang sering terjadi pada penderita penyakit diabetes melitus umumnya terjadi pada malam hari. Karena pada malam hari biasanya terjadi proses metabolisme dari pelbagai zat atau nutrisi dari makanan yang digunakan sebagai energi.

Gejala awal diabetes yang lain ialah adanya perasaan lapar yang berlebihan. Hal ini berkaitan dengan proses metabolisme dari glukosa yang terhambat sehingga, terdapat rasa lapar yang berlebihan karena tubuh tidak dapat membentuk energi yang berasal dari glukosa. Selain itu, hal ini juga yang menyebabkan adanya perasaan lelah dan mudah emosi yang dirasakan oleh penderita penyakit diabetes melitus.

Selain dari gejala awal diabetes, terdapat gejala lain yang biasanya mengarah pada penyakit diabetes melitus yaitu adanya rasa kesemutan. Hal ini belum mengarah secara pasti menjadi tanda diabetes. Namun, pada tahap awal terjadinya penyakit ini terdapat tanda gejala seperti rasa kesemutan yang sering dirasakan. Bagian anggota tubuh yang paling sering merasakan adanya kesemutan ialah pada bagian ujung-ujung jari seperti ujung jari tangan dan ujung jari kaki. Kesemutan yang terjadi pada penderita penyakit diabetes melitus dapat terjadi karena terjadinya kerusakan saraf secara perlahan. Apabila hal ini dibiarkan, maka dapat menyebabkan terjadinya mati rasa pada bagian tubuh tertentu seperti kaki. Adanya mati rasa yang terjadi pada penderita penyakit ini menyebabkan penderita dapat mengalami luka tanpa disadari.



Oleh: Bidan Esi
Editor: Adrie Noor
Sumber: Gejaladiabetes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :