Gula Darah Normal Pada Tubuh Manusia

Gula darah normal diharapkan dapat terjadi pada penderita penyakit diabetes melitus. Kadar gula darah normal yang diharapkan dapat dicapai oleh penderita penyakit diabetes melitus ialah berada di bawah 200 mg/dl. Diabetes mellitus (DM) atau lebih akrab dengan sebutan penyakit kencing manis merupakan penyakit yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Pada diabetes mellitus (DM) terdapat dua tipe yaitu diabetes tipe 1 yang terdapat pada anak-anak dan diabetes tipe 2 yang biasanya terdapat pada orang dewasa atau lansia.


gula darah normal
Alat cek gula darah multi fungsi merek Easy Touch


Dalam diabetes tipe 2 kita mengenal diabetes basah dan kering. Diabetes kering merupakan gejala diabetes tahap awal pada diabetes tipe 2, sedangkan diabetes basah merupakan tahap lanjutan pada diabetes tipe 2 dan merupakan diabetes yang memiliki gejala yang parah. Lalu, apa saja gejala diabetes tipe 2 tersebut?

Pada umumnya para penderita diabetes tipe 2 akan mengalami gejala sebagai berikut:
  • Bau napas, penglihatan menjadi kurang jelas;
  • Mudah merasa lapar dan mudah dehidrasi atau adanya peningkatan rasa lapar dan rasa haus;
  • Mulut kering dan otot terasa pegal akibat dehidrasi;
  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi;
  • Sakit kepala akibat dari hipertensi;
  • Sensitif terhadap berbagai hal;
  • Sering buang air kecil;
  • Penurunan berat badan yang drastis;
  • Sering merasa gatal-gatal.
Pada penderita diabetes basah terdapat gejala khusus yang dialami yaitu terdapatnya infeksi pada jaringan saraf, jaringan kulit dan pada jaringan otot. Infeksi tersebut terjadi karena adanya bakteri yang dikenal dengan nama bakteri Clostridium perfringens atau Bacillus fusiformis. Infeksi tersebut biasanya terjadi pada daerah kaki, tidak seperti infeksi pada umumnya yang terdapat pada daerah lembab seperti pada bagian serviks, vulva, paru-paru, usus, dan mulut.

Diabetes basah biasanya diderita oleh orang lansia (lanjut usia) dan pada diabetes tersebut kadar gula darah sangat tinggi melebihi kadar gula darah normal dan lebih tinggi daripada kadar gula darah pada saat diabetes kering. Kadar gula darah normal adalah 150 mg/dl, tetapi pada penderita diabetes kadar gula darahnya lebih tinggi dari 150 mg/dl.

Gejala infeksi yang terdapat pada diabetes basah diawali dengan adanya luka yang terdapat di daerah kaki dan luka tersebut susah untuk sembuh karena tingginya kadar gula darah pada tubuh sehingga menyebabkan terjadinya infeksi karena terdapatnya bakteri. Jika hal itu terus berlanjut bakteri yang menyebabkan infeksi tersebut akan menyebabkan pembusukan pada daerah sekitar luka dan harus dilakukan amputasi (dipotong).

Mempertahankan Kadar Gula Darah Normal

Jika terjadi kenaikan kadar gula darah melebihi kadar gula darah normal atau diabetes, penyakit tersebut akan susah untuk disembuhkan. Jika terdapat obat yang mengatakan bisa menyembuhkan penyakit diabetes biasanya obat tersebut berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah mendekati kadar gula darah normal dalam tubuh tidak untuk menstabilkan kadar gula darah. Maka dari itu, sebelum hal itu terjadi, perlu dilakukan berbagai tindakan pencegahan agar dapat mempertahankan kadar gula darah normal, di antaranya ialah:
  • Melakukan cek kadar gula darah secara rutin. Pengecekan cek gula darah secara rutin akan membantu kita dalam mengontrol gula darah dalam tubuh kita;
  • Mengatur pola makan dengan memilih makanan yang sehat bagi tubuh kita. Pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan ubi-ubian. Kurangi makanan yang mengandung pemanis buatan dan sirup fruktosa. Kurangi juga makanan yang mengandung tepung putih seperti sereal, roti, dan kue-kue. Selain itu, kurangi juga mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti nasi putih dan sebaiknya gantilah dengan mengonsumsi beras merah yang memiki karbohidrat jauh lebih rendah. Untuk sarapan, makanlah makanan yang mengandung protein tinggi seperti susu kedelai, tahu, dan tempe.;
  • Olahraga teratur. Selain untuk kebugaran tubuh kita, olah raga yang teratur dapat menurunkan resistansi insulin.


Oleh: Bidan Esi
Editor: Adrie Noor
Daftar Pustaka: artikeltentangkesehatan.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :