Herbal Diabetes Bagi Penderita Diabetes

Herbal diabetes menjadi salah satu cara dalam mengobati penyakit diabetes melitus. Herbal diabetes ini telah terbukti ampuh karena dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus. Herbal diabetes biasanya dibuat dari tanaman yang telah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah tinggi di dalam tubuh penderita penyakit diabetes mellitus sehingga tanaman tersebut dapat kita buat sendiri ataupun dapat kita beli di apotek dalam bentuk ekstrak, tentunya bila sudah dalam bentuk ekstrak, dosisnya pun sudah disesuaikan dengan kebutuhan untuk pengobatan penyakit diabetes melitus.



herbal diabetes
Alat cek gula darah merek Easy Touch

Obat Herbal Diabetes

Obat herbal diabetes kini banyak dijual di warung obat maupun apotek. Pada umumnya, obat herbal diabetes tersebut dibuat dengan tujuan agar kadar gula darah tinggi di dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus dapat menurun. Selain  obat herbal diabetes dapat dibeli di warung obat atau apotek, obat herbal diabetes juga dapat dibuat sendiri. Berikut terdapat beberapa obat herbal diabetes yang dapat dibuat dari tanaman yang mempunyai khasiat dalam mengobati penyakit diabetes melitus.

Obat herbal diabetes yang pertama ialah berasal dari tanaman daun insulin. Sesuai dengan namanya, tanaman daun insulin dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi pada tubuh penderita penyakit diabetes melitus dengan cara merangsang tubuh untuk memproduksi hormon insulin. Hormon insulin ini berfungsi dalam proses metabolisme dari zat gula atau glukosa sehingga zat gula atau glukosa yang pada awalnya tertimbun di dalam darah dapat berkurang karena diubah menjadi energi akibat bantuan dari hormon insulin tersebut. Tanaman daun insulin dikenal juga sebagai tanaman kipait, harsaga, kembang bulan, dan rondo semoyo. Nama latin dari tanaman daun insulin ini ialah Tithonia Diversifolia. Tanaman daun insulin itu sendiri berasal dari luar negeri, yaitu negeri Meksiko. Cara membuat obat untuk penyakit diabetes dari tanaman daun insulin ini dibuat dengan cara direbus, kemudian air rebusan dari tanaman daun insulin ini diminum secara teratur.

Obat untuk penyakit diabetes melitus yang selanjutnya berasal dari buah mengkudu. Buah mengkudu sudah terkenal akan khasiatnya dalam mengobati berbagai penyakit terutama penyakit diabetes melitus. Kandungan proxeroni yang terdapat di dalam buah mengkudu ini mampu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus. Cara membuat obat untuk penyakit diabetes melitus dari buah mengkudu ini ialah dengan cara diblender, kemudian diambil saripatinya dengan cara disaring dan diminum setiap hari.

Obat untuk penyakit diabetes selanjutnya ialah tanaman kunyit. Tanaman kunyit selain dapat berfungsi sebagai bumbu dapur juga dapat berfungsi menurunkan kadar gula darah dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus. Cara membuat obat untuk mengobati penyakit diabetes melitus yang berasal dari tanaman kunyit ialah dengan cara direbus. Rebus satu rimpang tanaman kunyit dan ditambahkan dengan satu sendok teh garam ke dalam air sebanyak 1 liter. Biarkan sampai mendidih, setelah mendidih biarkan air tersebut dingin, kemudian diminum. Air rebusan tanaman kunyit ini hanya perlu diminum satu gelas saja untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Obat herbal diabetes ini dapat diminum bersamaan dengan obat diabetes melitus yang berbahan dasar dari kimia, tentunya dengan dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang menangani untuk mengetahui ada tidaknya efek samping yang mungkin timbul akibat dari penggunaan obat ini. Namun, pada umumnya obat herbal diabetes tidak memiliki efek samping yang serius.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Nitips.com, Biofarmaka.ipb.ac.id



Terima kasih untuk Like/comment FB :