Herbal untuk Diabetes Dari Tumbuhan

Herbal untuk diabetes ialah obat-obatan yang digunakan untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Herbal diabetes ini berasal dari bahan-bahan alami yang mudah didapatkan karena bahan-bahan tersebut berada di sekitar kita. Umumnya, obat yang berbahan dasar herbal efektif dalam menurunkan kadar gula darah yang tinggi pada penderita penyakit diabetes melitus. Selain itu, obat yang dibuat dari bahan dasar herbal tidak memiliki efek samping bila digunakan. Obat yang berbahan dasar herbal juga aman bila digunakan bersamaan dengan obat yang berbahan dasar dari bahan kimia.



herbal untuk diabetes
Alat cek gula darah merek Nesco

Obat Herbal untuk Diabetes

Obat herbal untuk diabetes yang pertama dapat dibuat dari buah mengkudu. Buah mengkudu sudah terkenal akan khasiat dalam mengobati pelbagai penyakit, khususnya penyakit diabetes melitus. Buah mengkudu dapat dijadikan obat herbal untuk diabetes karena buah ini mengandung senyawa yang dinamakan dengan proxeroni. Senyawa ini merupakan zat aktif yang dapat membentuk suatu alkaloid. Alkaloid tersebut memiliki fungsi untuk membuka pori-pori sel  sehingga semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat diserap oleh tubuh. Hal ini menyebabkan buah mengkudu dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Cara membuat obat diabetes dari buah mengkudu dengan cara di blender. Masukkan 1 buah mengkudu yang telah di cuci ke dalam blender. Kemudian blender buah mengkudu tersebut sampai halus. Setelah itu, saring lalu peras dan ambil sari pati dari buah mengkudu tersebut. Masukkan sari pati atau ekstrak mengkudu tersebut ke dalam gelas. Apabila tidak tahan dengan bau yang dihasilkan dari buah mengkudu, dapat ditambahkan dengan madu.

Obat herbal untuk diabetes yang kedua ialah obat yang dibuat dari kunyit. Kunyit memiliki banyak manfaat. Biasanya, kunyit dipakai sebagai bumbu masakan. Namun, dibalik khasiat sebagai bumbu masakan ternyata kunyit juga dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Cara membuatnya dengan cara merebus kunyit sebanyak 1 rimpang ke dalam air sebanyak 1 liter. Kemudian tambahkan setengah sendok garam ke dalam rebusan kunyit tersebut. Biarkan air rebusan tersebut mendidih. Setelah mendidih, biarkan air rebusan kunyit tersebut dingin. Minumlah air rebusan kunyit tersebut sebanyak setengah gelas saja. Minum air rebusan kunyit secara teratur sebanyak dua kali dalam satu minggu. Dengan meminum air rebusan kunyit, dapat membuat penderita penyakit diabetes terhindar dari komplikasi penyakit lain.

Obat herbal untuk diabetes yang ketiga ialah obat yang dibuat dari tanaman mahkota dewa. Tanaman ini memiliki manfaat dalam menyembuhkan pelbagaipenyakit. Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan dengan tanaman ini ialah penyakit diabetes melitus. Cara pembuatan obat dari tanaman mahkota dewa untuk mengobati penyakit diabetes melitus ini dengan merebus 3 sampai dengan 5 potong tangkai tanaman mahkota dewa kemudian ditambahkan dengan 3 lembar daun salam lalu rebus dengan 3 gelas air. Rebus hingga tersisa setengah gelas. Setelah itu, biarkan air menjadi dingin dan minum air tersebut setiap hari.

Obat herbal untuk diabetes yang telah dibahas merupakan beberapa tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Masih banyak tanaman herbal lainnya yang dapat mengobati diabetes melitus.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Nitips.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :