Makanan Diabetes yang Aman Dikonsumsi

Makanan diabetes merupakan makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus karena tidak dapat menaikkan kadar gula darah di dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus. Makanan diabetes ini pada umumnya aman untuk dikonsumsi. Bahkan terdapat makanan diabetes yang dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Memang sangatlah penting bagi penderita penyakit diabetes melitus untuk memilih dan memilah jenis makanannya karena pada umumnya penyakit diabetes melitus ini sangat berkaitan erat dengan makanan. Jika terjadi kesalahan dalam memilih makanan maka dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus.



makanan diabetes
Alat cek gula darah merek Easy Touch

Makanan Diabetes yang Aman Dikonsumsi

Berbagai jenis makanan tersedia. Namun, untuk penderita penyakit diabetes melitus tidak semua makanan aman untuk dikonsumsi. Penderita penyakit diabetes melitus perlu meninjau ulang makanannya demi untuk menjaga kadar gula darah di dalam tubuhnya tidak meningkat. Berikut terdapat beberapa makanan diabetes yang aman untuk dikonsumsi, di antaranya ialah:

Makanan cokelat hitam
Cokelat hitam mengandung flavonoid yang dapat merangsang tubuh untuk meningkatkan produksihormon insulin, mengurangi resistensi insulin, mempercepat pengolahan gula darah, serta mengurangi keinginan untuk makan secara berlebih. Kandungan flavonoid di dalam cokelat hitam ini sangatlah penting dalam menurunkan kadar gula darah sehingga hal ini membuat makanan cokelat hitam aman dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus.

Sayuran brokoli
Sayuran brokoli juga menjadi salah satu jenis dari sayuran yang aman dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus. Sayuran brokoli menjadi makanan diabetes yang aman dikonsumsi karena di dalam sayuran brokoli terkandung senyawa sulforaphane yang dapat bekerja untuk memperbaiki dan melindungi dinding pembuluh darah dari keruskan kardiovaskuler akibat adanya penyakit diabetes melitus. Senyawa yang terkandung di dalam sayuran brokoli juga mempunyai fungsi sebagai antiinflamasi, mengontrol kadar glukosa darah, dan meningkatkan mekanisme detoksifikasi alami di dalam tubuh, serta meningkatkan produksi enzim yang mengendalikan senyawa kimia berbahaya penyebab kanker. Selain itu, di dalam tanaman brokoli juga memiliki kandungan kromium yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

Buah dari keluarga berry
Buah dari keluarga berry seperti blueberry aman dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus. Buah ini mengandung serat tak larut yang dapat menghilangkan lemak dari tubuh serta mengandung serat larut yang dapat diolah tubuh lebih lama sehingga mampu mengendalikan kadar gula darah agar tidak meningkat. Selain itu, pada buah ini juga terkandung senyawa seperti antosianin yang dapat mengecilkan sel lemak dan menstimulasi adiponektin, serta hormon yang mengatur kadar glukosa darah. Peningkatan kadar dari adiponektin dapat menjaga agar kadar gula darah tetap dalam keadaan stabil serta dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Oatmeal
Oatmela merupakan makanan diabetes yang terbuat dari gandum. Makanan ini aman dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus karena makanan ini memiliki karbohidrat kompleks serta serat larut yang sangat tinggi sehingga dapat menjaga agar kadar gula darah di dalam tubuh tidak meningkat. Selain itu, makanan oatmeal ini juga mengandung magnesium yang berfungsi untuk membantu mengsekresikan hormon insulin dengan baik. Makanan oatmeal juga dapat membantu menurunkan risiko dari serangan jantung yang menjadi salah satu komplikasi dari adanya penyakit diabetes melitus yang terjadi secara kronik atau bersifat menahun. Oatmeal yang dapat dikonsumsi di antaranya ialah steel cuat oats, merupakan kernel oat yang dipotong-potong menjadi bagian kecil.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Webkesehatan.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :