Makanan Penderita Diabetes (Resep Sehat)

Makanan penderita diabetes umumnya merupakan makanan yang tidak mengandung kalori tinggi dan glukosa yang tinggi. Makanan penderita diabetes ini cukup aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus. Selain itu, dalam mengolah makanan penderita diabetes juga harus dilakukan dengan benar, seperti dikukus ataupun digoreng dengan minyak yang mengandung kalori yang rendah seperti minyak zaitun. Minyak zaitun ini aman untuk digunakan oleh penderita penyakit diabetes mellitus karena berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan minyak zaitun ini dapat mencegah terjadinya penimbunan lemak di perut, menurunkan adiponektin, dan mencegah terjadinya resistensi insulin.



makanan penderita diabetes
Alat cek gula darah merek Easy Touch


Minyak zaitun dapat digunakan oleh penderita penyakit diabetes melitus untuk menggantikan peran lemak yang tidak sehat seperti mentega, margarin, serta lemak babi. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel dari adanya kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas serta mencegah timbulnya penyakit jantung.

Makanan Penderita Diabetes Melitus

Makanan penderita diabetes melitus yang umumnya aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus, di antaranya ialah sekam psylium, kacang cannellini, bayam, ubi jalar, dan sebagainya. Sekam psylium ialah tumbuh-tumbuhan yang memiliki serat tinggi dan berasal dari India. Kulit ari atau sekam dari tanaman psylium ini memiliki kandungan serat larut air yang dapat digunakan untuk mengobati terjadinya sembelit serta dapat menurunkan berat badan. Selain itu, tanaman ini juga dapat menjaga agar gula darah dalam keadaan stabil.

Makanan penderita diabetes melitus selanjutnya ialah kacang cannellini. Sebenarnya, hampir semua jenis kacang-kacangan memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya akan serat serta protein yang sangat bermanfaat untuk penderita penyakit diabetes melitus. Kacang cannellini banyak digunakan oleh orang Italia dalam melakukan pengobatan terhadap berbagai penyakit karena kadar indeks glikemiknya yang sangat rendah dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya. Suatu penelitian menunjukkan bahwa penderita penyakit diabetes melitus yang mengkonsumsi kacang ini setiap hari dapat mengalami penurunan kadar gula darah dua kali lipat lebih besar dibandingkan dengan penderita penyakit diabetes melitus yang mengkonsumsi gandum utuh.

Sayuran seperti bayam juga ternyata dapat dijadikan sebagai makanan penderita diabetes melitus. Suatu penelitian yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi bayam dapat mengalami penurunan resiko terhadap terjadinya penyakit diabetes melitus hingga 14%. Sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung vitamin K, mineral magnesium, fosfor, folat, seng, dan potasium. Selain itu, bayam juga mengandung flavanoid, lutein, dan zeaxanthine yang bermanfaat terhadap penurunan kadar gula darah yang tinggi.

Ubi jalar juga dapat dijadikan makanan penderita diabetes melitus. Suatu penelitian menunjukkan bahwa ubi jalar dapat menurunkan kadar gula darah tinggi sebanyak 0,3-0,57% sehingga dapat mempercepat pengolahan glukosa darah sebanyak 10-15 poin. Selain itu, pada ubi jalar juga mengandung senyawa antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat sebagai anti inflamasi, antiviral,  dan antimikroba. Ubi jalar juga termasuk makanan yang memiliki indeks glikemik rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus.

Kacang kenari atau walnut menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus karena mengandung asam lemak tak jenuh yang bernama alfa-linolenik. Asam lemak tak jenuh ini berfungsi sebagai anti inflamasi. Selain itu, di dalam kacang kenari ini juga terkandung vitamain E, omega-3, serat, L-arginin, dan senyawa lain yang berfungsi sebagai antioksidan, antikanker, antiviral, dan antikolesterol tinggi.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Webkesehatan.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :