Makanan untuk Diabetes (Resep Kesehatan)

Makanan untuk diabetes merupakan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi karena makanan ini tidak akan berpengaruh terhadap peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus. Bahkan makanan ini dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus. Pada dasarnya penyakit diabetes merupakan penyakit yang mengakibatkan kadar gula darah di dalam tubuh menjadi meningkat. Meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh dapat dipengaruhi oleh beberapa makanan yang merupakan sumber karbohidrat. Makanan yang mengandung karbohidrat umumnya mengandung gula atau glukosa yang akan dilepas dalam darah.



makanan untuk diabetes
Alat cek gula darah merek Easy Touch


Apabila penderita penyakit diabetes melitus mengkonsumsi makanan yang merupakan sumber karbohidrat secara berlebihan maka dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuhnya. Makanan yang mengandung karbohidrat tersebut akan diubah menjadi gula yang beredar di dalam darah. Normalnya saat gula di dalam tubuh meningkat maka tubuh akan melepas hormon insulin yang berfungsi mengubah gula menjadi energi untuk sel-sel dan jaringan. Namun, pada penderita penyakit diabetes, hormon insulin yang di produksi oleh tubuhnya tidak mencukupi untuk mengubah gula tersebut menjadi energi. Akibatnya, gula tersebut akan tetap berada di dalam darah sehingga pada penyakit diabetes melitus, gula darahnya cenderung meningkat.

Macam-macam Makanan untuk Diabetes

Makanan untuk diabetes yang aman untuk dikonsumsi bahkan cenderung dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh merupakan makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Makanan untuk diabetes tersebut, di antaranya ialah bayam, minyak zaitun, acai berry, yoghurt tanpa lemak, dan sebagainya. Bayam menjadi makanan untuk diabetes yang sehat untuk dikonsumsi. Pada sayuran bayam ini terkandung lutein yang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus. Selain itu, sayuran bayam juga termasuk ke dalam makanan 4 sehat 5 sempurna sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh siapa saja termasuk oleh penderita penyakit diabetes melitus.

Berdasarkan suatu penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard menunjukkan nutrisi lutein yang terdapat di dalam sayuran bayam dapat menghindarkan penderita penyakit diabetes dari ancaman kebutaan. Selain itu, nutrisi lutein pada sayuran bayam ini juga sering digunakan untuk mengobati penyakit makula mata yaitu suatu gangguan terhadap mata yang ditandai dengan kebutaan.

Makanan untuk diabetes yang akan dikonsumsi selanjutnya ialah minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan minyak yang memiliki kandungan lemak tak jenuh yang tinggi. Minyak zaitun ini dapat membantu mengurangi risiko terhadap penyakit diabetes melitus karena kandungan lemak tak jenuhnya mampu menurunkan kadar lipoprotein LDL yang dapat menyebabkan kegemukan termasuk dengan lemak jahat yang tidak baik bagi tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa kegemukan merupakan salah satu faktor risiko terhadap terjadinya penyakit diabetes melitus.

Buah acai berry menjadi mkanan untuk diabetes yang aman untuk dikonsumsi. Buah acai berry ini mengandung senyawa antioksidan yang tinggi dan sangat baik bagi kesehatan tubuh. Semakin gelapnya warna dari kulit buah acai berry maka akan semakin banyak kandungan senyawa antioksidan yang dimiliki oleh buah tersebut. Selain itu, dalam buah acai berry juga mengandung asam lemak omega-3 dan 6 yang dapat memperbaiki kerusakan sel yang diakibatkan oleh penyakit diabetes melitus.

Masih banyak makanan untuk diabetes lainnya yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes. Makanan untuk diabetes yang dipilih sebaiknya makanan yang mengandung sedikit kalori dan gula agar tidak dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh.


Oleh: Bidan Esi
Editor: Adrie Noor
Sumber: Halosehat.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :