Mencegah Diabetes Dengan Kebiasaan Sehat

Mencegah diabetes dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang ampuh dalam mencegah diabetes di antaranya ialah menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat terdiri dari berbagai unsur kegiatan yang apabila dilakukan dapat menjaga kesehatannya di antaranya ialah pengaturan pola diet dan olahraga yang teratur. Pengaturan pola diet lebih terarah pada memilih makanan yang tidak dapat menaikkan kadar gula darah yang tinggi. Selain dengan mengatur pola makanan atau diet, mencegah diabetes dapat dilakukan dengan melakukan olahraga yang teratur. Jenis olahraga yang dilakukan dapat bermacam-macam bergantung pada kemampuan masing-masing individu.



Mencegah Diabetes
Alat cek gula darah merek Easy Touch

Mencegah Diabetes dengan Kebiasaan yang Sehat

Mencegah diabetes dengan kebiasaan yang sehat seperti pola hidup sehat, mengurangi konsumsi gula, makan makanan yang sehat, menjaga berat badan dengan berolahraga, banyak minum air putih, dan sebagainya. Makanan yang sehat apabila dikonsumsi tidak hanya dapat mencegah diabetes melainkan dapat mencegah penyakit lainnya. Umumnya penyakit yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan sehat ialah penyakit degeneratif dan penyakit lain yang diakibatkan karena pola hidup yang tidak sehat.

Pola hidup yang sehat dapat membuat kondisi tubuh tetap stabil. Pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan yang tidak menyebabkan penyakit diabetes melitus seperti permen, es krim, es campur, kue tart, dan makanan manis lainnya dapat secara ampuh mencegah diabetes. Hal ini juga berkaitan dengan pembatasan untuk mengkonsumsi gula karena pada umumnya makanan yang mengandung gula tinggi dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit diabetes melitus. Sebaiknya, gula tebu juga diganti dengan gula jagung yang memiliki rendah kalori. Selain itu, nasi putih juga tidak baik apabila dikonsumsi terlalu banyak. Nasi putih mengandung zat gula yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit diabetes melitus.

Menjaga berat badan agar tetap ideal dapat dilakukan dengan cara berolahraga teratur. Selain itu, menjaga berat badan agar tetap ideal juga dapat menghindari terjadinya obesitas yang merupakan salah satu faktor risiko terjadinya penyakit diabetes melitus. Apabila berat badan yang dimiliki termasuk ke dalam kategori berat badan yang berlebih maka lakukanlah diet sehat untuk mengurangi berat badan.

Olahraga yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan dapat berupa jogging, senam, dan sebagainya. Jenis olahraga yang dipilih sesuai dengan kemampuan masing-masing individu. Kemampuan untuk melakukan jenis olahraga pada masing-masing individu akan berbeda-beda. Apabila tubuh sudah merasa lelah maka beristirahatlah dan minum air putih. Air putih sangat baik untuk menanggulangi cairan yang hilang dalam tubuh.

Olahraga yang baik juga sebaiknya dilakukan dengan teratur. Jangan melakukan olahraga dengan jam yang banyak pada satu waktu. Sebaiknya, lakukan olahraga dalam waktu yang sedikit, tetapi sering dilakukan. Hal ini dapat membuat tubuh akan tetap sehat sepanjang waktu.

Memakan makanan alami seperti sayur-sayuran dan buah-buahan juga bermanfaat dalam mencegah diabetes. Untuk makanan pokok pengganti nasi dapat diperoleh dari makanan nasi jagung atau beras merah yang baik untuk dikonsumsi karena memiliki kadar kalori yang rendah. Selain itu, memperbanyak minum air putih juga dapat membuat kesehatan tubuh kita stabil. Memang meminum air putih lebih baik dibandingkan kita meminum air es, teh, dan lain-lain. Sebaiknya, biasakan untuk meminum air putih minimal delapan gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Nitips.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :