Mengatasi Diabetes Secara Komprehensif

Mengatasi diabetes melitus dapat dilakukan dengan beberapa cara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, ditemukan bahwa dengan melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki setiap hari dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit diabetes melitus tipe 2 sebanyak 30%. Selain olahraga, pola makan juga harus dijaga. Sangat dianjurkan untuk lebih selektif dalam memilih makanan. Hindari makanan yang mengandung kadar karbohidrat tinggi dan minuman manis seperti yang mengandung sirup fruktosa dan pemanis buatan. Konsumsilah makanan yang kaya akan serat tinggi.



mengatasi diabetes
Alat cek gula darah merek Easy Touch


Mengubah pola hidup
Cara mengatasi diabetes melitus dapat dengan cara mengubah pola hidup dengan pola hidup sehat. Pola hidup sehat tersebut juga dibarengi dengan diet yang seimbang untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Cara untuk mengubah pola hidup dengan pola hidup sehat bisa dengan cara berolahraga yang dilakukan secara rutin seperti berenang dan berjalan kaki.

OHO (Obat Hipoglikemik Oral)
Apabila olahraga dan diet di atas tidak mampu atau gagal dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, cobalah untuk menggunakan obat hipoglemik oral (OHO). Pemberian obat tersebut dilakukan dalam jangka 2 minggu.

Insulin
Apabila kedua cara di atas telah dilakukan dan ternyata kadar gula dalam tubuh tetap tidak mengalami penurunan, pada umumnya ahli medis akan menyuntikan insulin untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Sampai saat ini belum terdapat cara yang pasti ampuh dalam mengatasi diabetes. Belum terdapat obat herbal maupun non herbal yang dapat terbukti secara ampuh dapat mengatasi diabetes. Dengan menggunakan obat herbal bisa saja dilakukan. Namun, obat tersebut dipengaruhi faktor indidu masing-masing artinya setiap obat herbal yang dikonsumsi akan memberikan efek dan hasil yang berbeda kepada setiap orang yang mengonsumsinya. Dengan menggunakan obat non-herbal (kimia), kebanyakan obat tersebut hanya mampu untuk menurunkan kadar gula darah dan tidak untuk menstabilkan kembali kadar gula darah. Maka dari itu,  lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Mengatasi Diabetes Melitus Insipidus

Untuk mengatasi diabetes insipidus, caranya berbeda tergantung dari setiap jenis diabetes insipidus. Berikut adalah cara mengatasi diabetes insipidus sesuai dengan jenisnya:

Central Diabetes Insipidus 
Cara mengatasi diabetes bisa dilakukan dengan melakukan penggantian hormon dengan sintesis. Cara tersebut dapat membantu menghentikan buang air kecil yang berlebihan. Cara pengobatannya bisa melalui semprot hidung atau obat minum.

Nefrogenik Diabetes insipidus 
Oleh karena masalahnya terletak di ginjal, maka pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi dabetes ini yaitu diet rendah garam sehingga ginjal tidak menghasilkan  urine yang banyak.

Gestational Diabetes Insipidus 
Gestational diabetes insipidus dapat diatasi dengan menggunakan hormon sintetis, desmopresin. Jika kondisi ini terkait dengan mekanisme rasa haus selama kehamilan, hormon tidak akan diresepkan.

Cara mengatasi diabetes berbeda-beda tergantung dari jenis diabetes itu sendiri. Berdasarkan penjelasan yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat mencoba beberapa cara untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Lebih baik lagi, lakukanlah pengobatan ke dokter dan ikuti semua saran yang dianjurkan oleh dokter Anda. Penyakit diabetes merupakan sebuah penyakit yang tergolong berbahaya dikarenakan jika terjadi komplikasi atau dengan kata lain penyakit diabetes tersebut berada dalam kondisi yang sangat parah, maka bukan hal yang mustahil penyakit diabetes tersebut dapat menyebabkan kematian.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: langkahsehat.com dan mediskus.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :