Mengobati Diabetes Melitus Tipe 1 dan 2

Mengobati diabetes dilakukan dengan pelbagai cara di antaranya ialah dengan mengonsumsi obat-obatan yang berbahan dasar kimia, obat herbal, melakukan pola hidup sehat, dan lain sebagainya. Mengobati diabetes juga disesuaikan dengan tipe atau jenis diabetes yang di derita. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit diabetes melitus terdiri dari penyakit diabetes melitus tipe 1 dan penyakit diabetes melitus tipe 2. Keduanya memiliki cara yang berbeda dalam mengobati penyakit tersebut. Namun, pada umumnya cara mengobati diabetes tersebut dilakukan dengan mengonsumsi obat penurun kadar gula darah tinggi dan menerapkan pola hidup sehat.



mengobati diabetes
Alat cek gula darah merek Nesco

Mengobati Diabetes Tipe 1

Mengobati diabetes tipe 1 umumnya dilakukan dengan pemberian hormon insulin dari luar tubuh. Hal ini harus dilakukan karena penderita penyakit diabetes tipe 1 tidak dapat memproduksi lagi hormon insulin  sehingga harus mengambil hormon insulin dari luar tubuh. Selain itu mengobati diabetes tipe 1 juga harus diimbangi dengan makanan yang dikonsumsi, kadar gula darah, dan aktifitas yang dilakukan. Jenis insulin yang dapat diberikan di antaranya insulin yang bekerja panjang dan bertahan hingga 1 hari, insulin yang dapat bekerja singkat dan dapat bertahan hingga 8 jam, serta insulin yang dapat bekerja cepat namun tidak bertahan lama tetapi menghasilkan reaksi yang cepat. pengobatan diabetes tipe 1 ini, biasanya  dilakukan dengan mengkombinasikan diantara jenis-jenis insulin.

Selain dengan pemberian insulin, cara mengobati diabetes tipe 1 juga dapat dilakukan dengan transplantasi sel-sel pankreas. Sel-sel ini berfungsi dalam memproduksi insulin yang dapat mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh penderita. Sel-sel pankreas yang dapat memproduksi insulin disebut juga dengan sel-sel islet. Sel islet ini biasanya diambil dari pankreas orang yang sudah meninggal, kemudian ditanamkan atau dimasukkan ke dalam pankreas dari pasien.

Pada umumnya, hasil yang dihasilkan dari tranplantasi islet ini menghasilkan hasil yang efektif. Selain itu, efek dari penanaman sel islet ini berakibat terhadap pengurangan risiko serangan hipoglikemia yang berat. Keadaan hipoglikemia merupakan suatu keadaan  kadar gula darah di dalam tubuh berada dalam level terendah sehingga, kondisi ini dapat berbahaya pada penderita penyakit diabetes melitus.

Banyak negara yang sudah melakukan transplantasi islet. Namun, di negara kita masih sedikit yang melakukan hal ini. Mengingat biayanya yang sangat mahal dan risiko yang ditimbulkan tergolong tinggi. Hal ini membuat para penderita penyakit diabetes melitus tipe 1 di negara kita kurang berminat terhadap pengobatan dengan melakukan transplantasi islet.

Mengobati Diabetes Tipe 2

Mengobati diabetes tipe 2 umumnya hampir sama dengan mengobati diabetes tipe 1. Perbedaanya penyakit ini tidak sampai pada transplantasi islet. Karena pada penyakit ini tidak terjadi kerusakan pada sel-sel organ pankreas  sehingga tidak perlu melakukan transplantasi islet. Dan biasanya hanya dengan mengonsumsi obat-obatan hipoglikemik oral, kadar gula darah dapat kembali normal. Hal ini harus di dukung dengan pola hidup yang sehat.

Pada awalnya, terapi yang diberikan pada penyakit diabetes dapat berupa pengaturan pola hidup dengan melakukan pengontrolan pola makan dan aktivitas. Apabila dengan pola makan dan pengaturan aktivitas kadar gula darah masih tergolong tinggi maka langkah selanjutnya ialah terapi pemberian obat hipoglikemik oral. Bila obat hipoglikemik oral belum mampu menurunkan kadar gula darah secara optimal maka dapat diberikan terapi insulin.



Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Alodokter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :